Home » » Adakah Manusia Sebelum Adam ?

Adakah Manusia Sebelum Adam ?

Tadi pagi sekitar jam 7.30, saya pergi mengantarkan anak tetangga yang akan melaksanakan akad pernikahan di daerah Parakan Nyasag Indihiang Tasikmalaya. Jarak dari kampung saya ke sana kurang lebih 12 km. Saya pergi bersama dengan kerabat calon pengantin pria dan sebagian tetangga lainnya.

Di dalam perjalanan menuju ke rumah calon pengantin wanita, terjadi perbincangan hangat antara saya dengan salah satu kerabat dari calon pengantin pria. Dalam perbincangan tersebut ada hal yang membuat saya termenung sampai saat sekarang, dan belum mendapat jawabannya. Apakah itu?

Dalam perbincangan itu terlontar dari mulut sang kerabat tadi sebuah pertanyaan, "Adakah Manusia Sebelum Adam?" Pertanyaan tersebut membuat saya terperanjat kaget dan terdiam karena sebelumnya saya tidak pernah mendengar pertanyaan seperti itu. Belum lagi saya menjawab, beliau lalu membacakan sebuah ayat dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 30 : "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menjadikan khalifah di bumi." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?" Dia berfirman, "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Selanjutnya beliau pun menambahkan dengan penjelasan, bahwa dalam ayat tersebut ada perkataan para malaikat "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana". Ini mengisyaratkan bahwa para malaikat seakan telah mengetahui watak dan karakter dari manusia yang akan diciptakan Allah SWT dan sekaligus mengisyaratkan bahwa ada manusia yang telah diciptakan Allah SWT sebelum Adam. Hal inilah yang menimbulkan pertanyaan Adakah Manusia Sebelum Adam?

Sedangkan sebagaimana kita ketahui dari Al-Quran dan dari keterangan-keterangan dalam agama Islam lainnya bahwa Adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT.

Sejak mendengar pertanyaan tersebut sampai saya pulang ke rumah dan menulis postingan ini saya masih termenung dan belum mendapatkan jawabannya.

Oleh karena itu apakah ada dari sahabat blogger yang bisa menjawab dan menjelaskan tentang pertanyaan "Adakah Manusia Sebelum Adam?"

Semoga hal ini menjadi renungan kita semua...

18 komentar:

  1. saya memang tak layak untuk jawab soalan ni dan sama juga terkejut adanya soalan begitu.
    kefahaman kita sumber dari Al Quran, adam adalah manusia pertama dicipta dari tanah oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. @Denaihati
    Sama dengan saya, sampai sekarang pun belum menemukan jawaban, Insya Allah saya akan menanyakannya kepada ulama...

    ReplyDelete
  3. memang ada pendapat mengatakan ada makhluk sebelum adam yang menetap di bumi namun berlaku kerosakan yang dahsyat lepas beribu tahun kemudian jadi makhluk2 tersebut dihancurkan Allah. Ada yang kata makhluk2 itu adalah jin dan ada yang kata makhluk itu seakan2 manusia sekarang. Wallahua'lam

    ReplyDelete
  4. Sepengetahuannya saya bahwa Adamlah manusia pertama.
    Itu juga berdasarkan nash Al-Qur'an dan As-Sunnah

    ReplyDelete
  5. @ROJAK
    oh...begitu bro, adakah dalil atau keterangan yang mendukungnya..?

    ReplyDelete
  6. @Blog Keperawatan
    Itulah yang menjadi pengetahuan saya...namun saya pun ingin tahu pendapat lain tentang ini..

    ReplyDelete
  7. ntah lah..
    saya juga tak ingin dipusingkan soal siapa manusia pertama ini.
    ok, happy blogging yah:)

    ReplyDelete
  8. @sanman
    ok bro...terima kasih atas kunjungannya :D

    ReplyDelete
  9. Kalo pendapat saya, apakah manusia pertama itu Adam atau bukan tidaklah penting, gan. Dari cerita dalam Al-Quran bahwa sebelum Adam ada makhluk (entah apa jenisnya) yang diberi amanah oleh Allah menjadi khalifah namun hanya membuat kerusakan di muka bumi, oleh karena itu dibinasakan oleh Allah. Hikmahnya adalah, bisa saja kita bernasib serupa (dibinasakan) jika terus membuat kerusakan di muka bumi. :(

    ReplyDelete
  10. @Harmony Magazine
    Sangat setuju gan...tinggal kitalah yang harus bercermin pada khalifah sebelum manusia itu..

    ReplyDelete
  11. Bagi saya pula itu tidak mustahil, manusia pertama adalah adam, kita percaya, akan tetapi kekuasaan Allah untuk mencipta makhluk lain sebelum adam mahupun selepas semua manusia dibumi mati dan diciptakan makhluk yang lain itu tidak mustahil bagi Allah, cumanya perkara itu TIDAK WAJIB bagi kita untuk bersusah payah memikirkannya, apa yang penting kita melakukan apa yg disuruh dan meninggalkan apa yg dilarang, semoga kita menjadi insan dan muslim yang baik..., :)

    ReplyDelete
  12. @Juan
    Pendapat yang bagus sahabat..terima kasih atas kunjungannya...

    ReplyDelete
  13. menurut keyakinan saya nabi Adam adalah manusia pertama yang di ciptakan oleh,oh.....kang dadan ini orang tasik salam kenal sesama orang tasik

    ReplyDelete
  14. @obat herbal jantung koroner
    saya juga begitu bro...oh ya salam juga..terima kasih

    ReplyDelete
  15. Saya berpendapat, Mungkin tidak ada golongan manusia terdahulu selain Nabi Adam. Hanyalah golongan malaikat...Walahualam...

    ReplyDelete
  16. salam semua. kalau tidak silap saya, memang ada makhluk lain dibumi tetapi bukan manusia seperti kita. hakikat kekuasaan Allah s.w.t melampaui pemikiran kita menerusi surah diatas. ada yang mengatakan makhluk berupa jin (kerana usia mereka lebih lama dari kita. bagaimanapun, penulisan2 yang ada wajib bersandar pada nas qat'ie bukan riwayat israeliyat semata2. sekadar baca boleh macam buku "The Lore of Light" tapi sekadar superficial value. Begitu juga isu samada manusia dulu bertubuh besar? lihat contoh mummy2 samada di mesir, china, amerika selatan atau di eropah timur. jangan pening kepala. Allah sahaja Maha Mengetahui sehingga fakta terhidang depan mata dan fikiran kita!!

    ReplyDelete
  17. http://nandobase.wordpress.com/2011/02/26/al-basyar-manusia-sebelum-nabi-adam/

    ReplyDelete
  18. “Katakanlah, “Adakah di antara sekutumu yang dapat memulai penciptaan, kemudian mengulanginya kembali?”. Katakanlah, “Allah memulai penciptaan, kemudian Dia mengulanginya (mengembalikannya). Maka bagaimana kamu dipalingkan (menyembah selain Allah) ?”. (Q.S. Yunus [10] : 34)

    “(Ingatlah) pada hari langit Kami gulung seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya lagi. Janji yang pasti kami tepati; sungguh, Kami akan melaksanakannya.”. (Q.S. Al-Anbiya’ [21] : 104)

    Dari kedua ayat tersebut membuktikan bahwa Allah melakukan penciptaan alam semesta dan isinya secara berulang kemudian pada saatnya akan meleburnya ( kiamat ) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebelum nabi adam, maka telah tercipta manusia sebagai penghuni alam tersebut.
    Begitu kira-kira penalarannya dari kedua ayat tersebut.

    ReplyDelete