Di Bawah Satu Komando

di bawah satu komando
Seperti halnya tentara, maka begitu pula dengan tubuh manusia yang berada di bawah satu komando yaitu hati.

Ketika seseorang ditawari sesuatu kadang berkata “itu pun bila cocok dengan hati” padahal yang akan ditawarkan itu secara fisik tidak ada hubungannya dengan hati, melainkan untuk dipakai di kaki, seperti kelom geulis misalnya.

Itu menandakan bahwa yang dilakukan dan dirasakan oleh anggota tubuh kita, semuanya berada di bawah kontrol hati. Sehingga apa yang ada dalam hati akan terealisasi pada seluruh anggota tubuh, baik melalui ucapan, tulisan, raut wajah maupun perbuatan. Ibarat sebuah teko yang berisi air, jika air yang didalam adalah air teh maka yang akan dikeluarkannya pun adalah air teh.

Sabda Nabi Muhammad SAW :

Ingatlah bahwa di dalam jasad terdapat segumpal daging. Jika baik, maka baiklah seluruh jasad. Jika rusak, maka rusaklah seluruh jasad. Ketahuilah, bahwa (segumpal daging) itu adalah hati (H.R Bukhari dan Muslim)

Karena itu, jagalah hati dengan membersihkannya dari segala noda dan penyakit. Alat pembersih hati tiada lain adalah memperbanyak dzikir (ingat) kepada Allah SWT.

Firman Allah SWT :

Ingatlah, dengan berdzikir hati menjadi tenang (Q.S.  Ar-Ra’d : 28)

Sabda Nabi Muhammad SAW :

Setiap segala sesuatu ada alat pembersihnya. Dan alat untuk membersihkan hati adalah dzikrullah

Di bawah satu komando akan sukses membawa kebaikan kebahagiaan hidup dunia akhirat, jika sang komandannya (hati) telah bersih dari segala noda dan penyakit.

2 Responses to "Di Bawah Satu Komando"