Penerimaan Taruna Baru STP Tahun 2015

Pengumuman Penerimaan Taruna Baru STP 2015. Sekolah Tinggi Perikanan (STP) adalah Sekolah Tinggi Kedinasan Negeri yang mendidik tenaga professional di bidang Perikanan darat dan laut. Sekolah ini di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

STP Jakarta memanggil putra-putri terbaik Indonesia untuk dididik sebagai Taruna Diploma IV dan menjadi tenaga profesional bidang Kelautan dan Perikanan. Penerimaan Taruna Baru STP 2015 dibagi menjadi 2 (dua) Jalur, yaitu Jalur Umum dan Jalur Khusus, dengan ketentuan sebagai berikut.

Penerimaan Taruna Baru STP Tahun 2015

Persyaratan Calon Taruna Baru STP 2015

Persyaratan Umum :
  1. Berijazah SMA/MA (IPA/IPS), SUPM dan SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Kelautan, Pelayaran, Teknik Perkapalan, Teknik Mesin,Teknik Otomotif,Teknik Kimia dan Agribisnis Perikanan;
  2. Batas usia pada tanggal 31 Agustus 2015, untuk jalur Umum 22 tahun, PNS 30 tahun, Pumakan 25 tahun dan Anak Pumakan 22 tahun;
  3. Belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan;
  4. Tinggi badan minimum Pria: 160 cm dan Wanita: 150 cm, dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku;
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, tidak buta warna serta tidak hamil selama mengikuti pendidikan;
  6. Masa kerja sebagai PNS minimum 2 (dua) tahun;
  7. Mendapat izin dari pimpinan instansi/unit kerja;
  8. Penilaian Prestasi Kerja (PPK) 2 tahun terakhir rata-rata dalam kriteria baik;
  9. Berkelakuan baik.
Persyaratan Khusus :
  1. Program Studi TPI dan MP peserta khusus putra dan tidak berkaca mata/lensa kontak;
  2. Program studi pilihan bagi calon dari SUPM dan SMK disesuaikan dengan program keahliannya.

Tata Cara Pendaftaran Calon Taruna Baru STP 2015

  1. Peserta wajib mempelajari semua ketentuan dan persyaratan pendaftaran melalui website STP www.stp.kkp.go.id;
  2. Penjelasan Jalur Umum dan Jalur Khusus dapat dilihat pada Lampiran I;
  3. Peserta memilih Program studi Pilihan I dan Pilihan II, sesuai dengan Kualifikasi Pendidikan. Pilihan program studi dapat dilihat dalam Lampiran II;
  4. Peserta harus melakukan pendaftaran secara online melalui website STP www.stp.kkp.go.id (disarankan menggunakan browser Mozila Firefox, Internet Explorer atau Opera) dan print out/cetakan bukti pendaftaran online;
  5. Peserta hanya dapat melakukan pendaftaran satu kali secara online dan tidak dapat diubah;
  6. Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- melalui rekening 0147374582 a.n Bendahara Penerimaan STP, Bank BNI 46 Cabang Fatmawati Jakarta.
  7. Petunjuk pendaftaran dapat dilihat dalam Lampiran III;

Waktu Pendaftaran Calon Taruna Baru STP 2015

  1. Pendaftaran peserta jalur umum (Umum dan PNS) Rayon Pusat/Jakarta dimulai tanggal 01 April s/d 27 Mei 2015 secara online melalui Website STP www.stp.kkp.go.id dan melakukan daftar ulang dengan melampirkan print out hasil registerasi online dan bukti setoran uang pendaftaran yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2015 di Sekolah Tinggi Perikanan.
  2. Pendaftaran peserta jalur khusus (Pumakan dan Anak Pumakan) dimulai tanggal 02 Maret s/d 15 Mei 2015 secara online melalui Website STP www.stp.kkp.go.id dan mengirimkan berkas pendaftaran via pos paling lambat diterima Panitia tanggal 19 Mei 2015 pukul 16.00 WIB.
  3. Pendaftaran peserta jalur umum (Umum dan PNS) Rayon Daerah dimulai tanggal 01 April s/d 22 Mei 2015 secara online melalui Website STP www.stp.kkp.go.id dan melakukan daftar ulang dengan melampirkan berkas pendaftaran yang dilaksanakan di masing-masing Rayon;

Kelengkapan Berkas
  1. Bukti pendaftaran online (1 lembar)
  2. Daftar isian peserta (form terlampir pada Lampiran IV, 1 berkas)
  3. Foto copy ijazah/STTB/Surat Tanda Lulus yang disahkan oleh Kepala Sekolah (1 lembar)
  4. Foto copy rapor dari semester 1 hingga semester 5 serta halaman depan rapor yang dilegalisir (1 berkas)
  5. Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm (berwarna, 2 lembar)
  6. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir (1 lembar)
  7. Foto copy Surat Keterangan Belum Menikah dari Kepala Desa/Lurah dengan menunjukkan aslinya (1 lembar)
  8. Foto copy PPK terakhir yang telah dilegalisir (1 lembar)
  9. Foto copy SK Kepegawaian terakhir yang telah dilegalisir (1 lembar)
  10. Surat izin belajar dari pimpinan instansi/unit kerja (1 lembar)
  11. Foto copy KTP peserta atau kartu siswa bagi yang belum mempunyai KTP (1 lembar)
  12. Foto copy KTP orang tua (ayah dan ibu) yang telah dilegalisir (1 lembar)
  13. Foto copy Kartu Keluarga yang telah dilegalisir (1 lembar)
  14. Surat Keterangan pekerjaan orang tua sebagai pelaku utama perikanan di atas materai Rp.6000, yang disahkan oleh Kelurahan/Kepala Desa dan diketahui oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (form terlampir pada Lampiran V, 1 lembar)
  15. Foto copy kartu nelayan atau kartu sejenis yang telah dilegalisir. Kartu sejenis yang dimaksud diterbitkan oleh institusi/organisasi/badan, yang menyatakan bahwa orang tua adalah anggota kelompok nelayan/kelompok pengolah ikan/kelompok pembudidaya ikan/kelompok petambak garam (1 lembar)
  16. Surat Keterangan sebagai pelaku utama atau pekerja magang di sektor kelautan dan perikanan di atas materai Rp.6000, yang disahkan oleh Kelurahan/Kepala Desa dan diketahui oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (form terlampir pada Lampiran VI, 1 lembar)
  17. Surat Pengalaman kerja dibidang kelautan dan perikanan (minimal 1 tahun, 1 berkas)
  18. Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Kelurahan/Kepala Desa bagi yang tidak mampu (1 lembar)
  19. Foto copy piagam prestasi akademik maupun non akademik yang telah dilegalisir instansi terkait (1 berkas)
  20. Berkas hasil uji kesehatan (asli) yang meliputi: Riwayat Penyakit dan terapi penyakit, diagnosis fisik (Keadaan umum, Thorax, Abdomen, Genitalis, Externistas), nadi dan tekanan darah, THT, Mata (Pemeriksaan Visus, Kelainan pada Mata dan Buta warna), Gigi, Photo rontgen thorax, laboratorium (urine lengkap, darah lengkap, LED, SGOT, SGPT, Ureum, Kreatinin, Hbs.Ag, dan Test Kehamilan) (form hasil uji kesehatan terlampir pada Lampiran VII, 1 berkas)
  21. Surat Pernyataan Keabsahan data yang ditanda tangani di atas materai Rp.6000 (form terlampir pada Lampiran VIII, 1 lembar)
  22. Bukti (asli dan copy) Setoran Uang PendaftaranRp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) ditransfer ke rekening 0147374582 a.n Bendahara Penerimaan STP, Bank BNI 46 Cabang Fatmawati Jakarta (2 lembar)
Lain-lain
  1. Berkas pendaftaran menjadi milik Sekolah Tinggi Perikanan;
  2. Informasi resmi terkait dengan Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Perikanan Tahun 2015 dapat dilihat melalui situs Sekolah Tinggi Perikanan : www.stp.kkp.go.id atau telepon ke 021 7805030, 7806874;
  3. Keputusan hasil seleksi Tim Panitia Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Perikanan Tahun 2015 bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Demikian informasi Penerimaan Taruna Baru Sekolah Tinggi Perikanan Tahun 2015. Untuk pengumuman selengkapnya bisa diunduh DISINI.

0 Response to "Penerimaan Taruna Baru STP Tahun 2015"

Post a Comment