Makanan dan Minuman Penyebab Rambut Beruban

Makanan dan Minuman Penyebab Rambut Beruban
Setelah beberapa waktu lamanya tak membuat postingan tentang Info dan Tips Kesehatan, maka kali ini saya akan berbagi info dan tips kesehatan mengenai Makanan dan Minuman Penyebab Rambut Beruban.

Apakah rambut sahabat beruban? Atau termasuk orang yang takut rambutnya beruban? Rambut yang memutih atau beruban seringkali dikaitkan dengan proses penuaan, sehingga untuk sebagian kalangan seringkali membuat minder atau merasa tua. Maka banyak sekali dari mereka yang sengaja mewarnai rambutnya untuk menutupi uban dan bahkan agar tetap kelihatan muda.

Namun, anggapan bahwa rambut beruban disebabkan oleh proses penuaan itu tak sepenuhnya tepat karena ternyata beberapa makanan dan minuman juga bisa memicu rambut beruban. Bahkan seorang ahli medis Mark Rosenberg, MD. menyatakan bahwa pemutihan pada rambut itu akibat dari kekurangan nutrisi.

Pada HealthyAnswers.com, Mark Rosenberg mengungkapkan bahwa kekurangan nutrisi seperti antioxidan dan magnesium menyebabkan efek domino yang membuat rambut tak mampu mempertahankan warna aslinya.

Menurut beliau, ada jenis makanan dan minuman yang harus dihindari agar seseorang tidak kekurangan magnesium. Kebanyakan adalah makanan dan minuman yang manis dan banyak digemari.

Diantara makanan dan minuman penyebab rambut beruban, yaitu :

Makanan dengan kandungan gula tinggi
Diantara makanan yang mengandung banyak gula adalah beberapa jenis kue manis seperti cake, pai, pastry, dan yang lainnya. Kandungan gula yang tinggi itu, akan menggiring magnesium keluar dari tubuh melalui ginjal.

Soda 
Minuman bersoda yang dikonsumsi secara rutin per minggu atau bahkan per hari dapat menyebabkan kekurangan magnesium. Kandungan fosfor di dalam soda akan mengikat magnesium di dalam tubuh dan membawanya keluar dari tubuh melalui pembuangan

Kafein 
Seperti halnya kue manis dan soda, minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh juga bisa menyebabkan seseorang kekurangan magnesium.

Nah, sekarang kita tak perlu khawatir lagi dengan rambut memutih atau beruban. Cukup hindari mengkonsumsi secara berlebih makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, soda dan kafein serta jangan lupa untuk mengatur pola makan yang menunjang bagi kesehatan.

10 Responses to "Makanan dan Minuman Penyebab Rambut Beruban"

  1. betul tu, ada orang umur 20an pun sudah mula beruban. terima kasih perkongsiannya.

    ReplyDelete
  2. wah kesukaan saya semua tuh kang pantas uban saya banyak, mengenai top refererr mungkin anda harus menambah lagi traffik ke blog ini dulu kang sehari berapa visitor blog ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bang saya pun begitu...hehehe, kalau traffik sehari rata2 masih dikisaran 1000 Bang

      Delete
  3. ternyata bukan masalah umur juga yah penyebab kerontokan rambut ..

    ReplyDelete
  4. Mm...pantes dua tahun terakhir, perubahan warna rambut saya sangat kentara, Pak.

    ReplyDelete
  5. kafein pun termasuk ya? Wah, perlu kurangkan minuman kopi dan nescaffe ni

    ReplyDelete
  6. jadi mesti milih milih nie dalam mengkonsumsi makanan !!

    ReplyDelete
  7. ada makanan untuk menghindari problem seputar masalah rambut ga pak ..

    ReplyDelete
  8. nice article, very helpfull & usefull. Bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & good luck....

    ReplyDelete