Penerimaan Taruna Baru STMKG 2016/2017

Penerimaan Taruna Baru STMKG TA 2016/2017 Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) merupakan Sekolah Kedinasan yang berada di bawah lingkungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Penerimaan Taruna Baru STMKG 2016/2017

STMKG membuka penerimaan taruna baru tahun akademik 2016/2017 bagi pemuda/pemudi Warga Negara Indonesia untuk dididik menjadi Taruna Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dengan ketentuan sebagai berikut:

Persyaratan Calon Taruna STMKG 2016

A. Syarat Umum Calon Taruna :
  1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak berkacamata.
  2. Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2016 (lahir setelah tanggal 31 Agustus 1993 atau sebelum tanggal 31 Agustus 1999).
  3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  4. Bebas narkoba.
  5. Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak atau Teknik Komputer dan Jaringan.
  6. Lulusan SMK dengan kompetensi keahlian pada No. 5 tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi. Kompetensi keahlian selain tersebut pada no. 5 tidak akan diterima.
  7. Nilai Kognitif untuk Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris di Klas XI semester 2 dan Klas XII semester 1 masing-masing minimal 70 (bukan hasil pembulatan atau hasil rata-rata).
  8. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  9. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 156 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  10. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
B. Syarat Khusus Calon Taruna :
  1. Memenuhi seluruh persyaratan tersebut pada butir (A),
  2. Lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK,
  3. Mempunyai ijazah SMA/MA/SMK,
  4. Memenuhi Nilai Ambang Batas Test Kemampuan Dasar (TKD),
  5. Lulus Test Kemampuan Akademik (TKA), dan
  6. Lulus Test Kesehatan dan Wawancara.

Pembiayaan Proses Seleksi dan Selama Pendidikan 
  1. Biaya selama proses seleksi sampai dengan pendaftaran ulang setelah calon dinyatakan diterima sebagai taruna ditanggung sepenuhnya oleh calon.
  2. Seluruh biaya pendidikan selama di STMKG ditanggung negara, dan selama mengikuti pendidikan akan diberikan tunjangan ikatan dinas atau tunjangan belajar sesuai ketentuan yang berlaku.
  3. Tidak disediakan asrama selama mengikuti pendidikan.

Tata Cara Pendaftaran Taruna STMKG 2016
  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website Panitia PTB STMKG 2016 dengan alamat http://ptb.stmkg.ac.id. dan melalui portal http://panseldikdin.menpan.go.id.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan antara tanggal 21 Maret 2016 sampai dengan tanggal dengan tanggal 22 April 2015 jam 00.00 WIB.
  3. Calon harus terlebih dahulu yakin dapat memenuhi seluruh syarat butir (A). Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka calon tidak akan diterima sebagai taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun.
  4. Sebelum melakukan pendaftaran secara online, persiapkan lebih dahulu alamat email dan no handphone yang masih berlaku serta file pasfoto berwarna dalam format jpg, dengan ukuran maksimum 500 KB.
  5. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran secara online pada website tersebut diatas. Setelah mengisi seluruh data pendaftaran, calon akan menerima email. Selanjutnya bukalah email tersebut, dan klik pada link yang disediakan untuk memvalidasi pendaftaran anda.
  6. Download Bukti Validasi dari web tersebut diatas. Nomor Pembayaran yang tercantum pada Bukti Validasi ini selanjutnya akan digunakan untuk pembayaran di Bank BNI.
  7. Gunakan Nomor Pembayaran ini untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah). Pembayaran harus dilakukan melalui Teller di kantor Bank BNI dimanapun. (lihat menu Panduan Pembayaran). Biaya administrasi bank sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) ditanggung peserta yang bersangkutan.
  8. Setelah melakukan pembayaran di kantor Bank BNI, calon akan mendapatkan bukti setoran dari Bank BNI yang mencantumkan No. PIN.
  9. Calon kembali membuka website Panitia PTB STMKG 2016. Pilih menu Cetak Kartu Tanda Peserta. Masukkan No. Pembayaran ( lihat no. 2 diatas) dan No. PIN yang tercantum pada bukti setoran Bank BNI, kemudian klik download.
  10. Download Kartu Tanda Peserta ini harus dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 4 x 24 jam sejak pendaftaran, kecuali pengisian formulir pendaftaran dilakukan pada hari terakhir pendaftaran, maka download Kartu Tanda Peserta paling lambat dilakukan satu hari setelah pendaftaran. Apabila proses ini tidak dilakukan maka calon harus mengulang pengisian formulir dan uang pendaftaran yang sudah disetorkan tidak dapat diambil kembali.
  11. Simpan dan cetaklah Kartu Tanda Peserta PTB STMKG 2016. Kartu Tanda Peserta ini harus dapat ditunjukkan pada waktu Test Kemampuan Dasar, Test Kemampuan Akademik dan pada waktu Pendaftaran Ulang apabila calon dinyatakan diterima sebagai Taruna.

Lain-lain
  • Calon yang dinyatakan diterima sebagai Taruna wajib menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas yang dilakukan di kantor pusat BMKG atau di STMKG.
  • Informasi pendaftaran, pengumuman kelulusan tiap tahap test, atau pengumuman lain berkaitan dengan proses penerimaan taruna baru dapat diakses melalui website PTB STMKG 2016.
  • Alamat resmi Panitia PTB STMKG 2016 adalah :
          Panitia Penerimaan Taruna Baru STMKG TA 2016/2017
          Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
          Jl. Perhubungan I No. 5, Komplek Meteo DEPHUB,
          Pondok Betung, Bintaro, Tangerang
  • Panitia tidak melayani telpon atau surat menyurat antara calon atau orangtua/wali calon berkaitan dengan proses pendaftaran.
Demikian informasi Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Taruna Baru STMKG Tahun Akademik 2016/2017. Semoga bermanfaat dan selamat mendaftar!

0 Response to "Penerimaan Taruna Baru STMKG 2016/2017"

Post a Comment