Penerimaan Pendaftaran Taruna/Taruni AAL 2017

Penerimaan Pendaftaran Taruna/Taruni AAL 2017

Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Taruna/Taruni AAL 2017 - TNI AL memanggil pemuda/pemudi Indonesia untuk menjadi Perwira TNI AL melalui pendidikan Kadet Taruna/Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tahun Akademik 2017/2018.

Taruna/Taruni AAL

Adapun persyaratan dan cara pendaftaran calon Taruna/Taruni AAL 2017 adalah sebagai berikut :

Persyaratan Pendaftaran Calon Taruna/Taruni AAL 2017
  • Warga Negara Indonesia, pria atau wanita
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berusia setinggi-tinggi 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan Dikma 1 Agustus 2017
  • Mempunyai tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk calon Taruna dan 160 cm untuk calon Taruni dengan berat badan seimbang
  • Tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkacamata/memakai softlens
  • Calon Taruni berpenampilan menarik
  • Bukan prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS
  • Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan kepolisian secara tertulis
  • Berijazah SMA/MA program IPA, dengan ketentuan UAN sebagai berikut:
  1. Lulusan SMA/MA tahun 2013 adalah nilai akhir rata-rata IPA minimal 6,87
  2. Lulusan SMA/MA tahun 2014 adalah nilai akhir rata-rata IPA minimal 6,26
  3. Lulusan SMA/MA tahun 2015 adalah nilai rata-rata IPA minimal 60,00 (tidak ada nilai MP dibawah 40,00 didalam kolom nilai UN)
  4. Lulusan SMA/MA tahun 2016 adalah nilai UN rata-rata IPA minimal 55,00 dan tidak ada nilai MP dibawah 50,00 didalam kolom nilai UN
  5. Lulusan SMA/MA tahun 2017 akan ditentukan kemudian
  • Atau kelas 12 dengan nilai rata-rata raport semester satu sampai lima tidak kurang dari 6,50 dan sudah terdaftar sebagai peserta UN
  • Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Letnan Dua
  • Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam Dikma
  • Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI

Cara Pendaftaran Calon Taruna/Taruni AAL 2017
  • Calon mendaftar secara online yang dibuka mulai tanggal 1-27 April 2017 melalui internet dengan website: www.rekrutmen-tni.mil.id dan mengisi formulir pendaftaran.
  • Daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran online dan dokumen asli: Akte Kelahiran, KTP calon, KTP orang tua/wali, Kartu Keluarga (KK), BPJS, Ijazah dan SKHUN SD, SMP, SMA sederajat masing-masing di fotocopy satu lembar, pas photo hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 cm dua lembar, 3 x 4 cm satu lembar, serta stopmap warna kuning.

Lain-lain :
  • Jika ada, lampirkan sertifikat/piagam penghargaan yang dimiliki.
  • Seleksi tingkat daerah dilaksanakan di tempat pendaftaran dan seleksi tingkat pusat di Lapetal Malang.
  • Bagi yang lulus seleksi tingkat daerah akan dikirim ke Lapetal Malang untuk mengikuti seleksi pusat dengan biaya negara
  • Calon yang dinyatakan tidak lulus seleksi tingkat pusat akan dikembalikan ke daerah asal pendaftaran dengan biaya negara.
  • Selama proses penerimaan pendaftaran dan seleksi Calon Taruna/Taruni AAL 2017 tidak dipungut biaya apapun, oleh karena itu hati-hati penipuan.
  • Sumber.
Read More
Penerimaan Taruni/Bintara Wara Pramugari TNI AU 2017

Penerimaan Taruni/Bintara Wara Pramugari TNI AU 2017

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) membuka kesempatan kepada pemudi warga negara Indonesia untuk mengikuti seleksi dan pendidikan Pramugari TNI AU melalui Penerimaan Program Khusus Taruni/Bintara Wanita Angkatan Udara (Wara) Pramugari TNI AU Tahun 2017.

Pendidikan Pramugari TNI AU ditempuh selama 4 tahun untuk Taruni dan dilantik menjadi Perwira berpangkat Letnan Dua. Sedangkan untuk Bintara Wanita Angkatan Udara (Bawara) pendidikan ditempuh selama 6 bulan dan dilantik dengan pangkat Bintara Sersan Dua.

Pramugari TNI AU

Pendaftaran Taruni/Bintara Wara Pramugari TNI AU 2017

Adapun persyaratan dan cara pendaftaran Taruni/Ba Wara Pramugari TNI AU tahun 2017 adalah sebagai berikut.

Syarat Pendaftaran
  1. WNI, wanita, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Usia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun pada tanggal 1 Agustus 2017
  3. Berkelakuan baik dan berbadan sehat
  4. Lulusan SMA/SMK/MA Jurusan IPA/IPS
  5. Belum pernah menikah
  6. Tinggi badan minimal 160 cm
  7. Mendapatkan persetujuan dari orang tua/wali
  8. Lulus seleksi: Administrasi, Skrining POM, Kesehatan Umum dan Jiwa, Kesamaptaan Jasmani, Litpers, Psikologi, Tes Potensi Akademis (TPA) dan Akademis
  9. Berpenampilan menarik/Good looking
  10. Berat badan/BMI (Body Mass Indek) ideal

Waktu dan Cara Pendaftaran
  1. Waktu pendaftaran sampai dengan 30 April 2017
  2. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lengkap di Subdisdiajurit Disminpers Mabesau atau bisa menghubungi nomor telepon : 021-8709390 / 8709311
Demikian informasi mengenai Penerimaan Program Khusus Taruni/Ba Wara Pramugari TNI AU 2017, semoga bermanfaat. Sumber
Read More
Michael Essien Resmi Gabung Persib Bandung

Michael Essien Resmi Gabung Persib Bandung

Upaya Persib Bandung untuk mendatangkan pemain top dunia akhirnya kesampaian. Gelandang legendaris Chelsea Michael Essien resmi berkostum Persib. Sebelumnya juga, Persib dikabarkan berusaha menggaetkan Ronaldinho dan Carlos Teves namun gagal.

Michael Essien merupakan bintang sepakbola Ghana berusia 34 yang pernah memperkuat sejumlah klub papan atas Eropa seperti Lyon, Chelsea, Real Madrid dan AC Milan. Sebelum bergabung dengan Persib, Essien tercatat sebagai pemain klub Panathinaikos, Yunani.

Michael Essien

Kepastian Essien memperkuat Persib didapat setelah pemain tersebut tiba di markas Maung Bandung dan manajemen Persib menyatakan sang gelandang telah diikat kontrak berdurasi satu tahun plus opsi perpanjangan di akhir kompetisi Liga 1 2017/2018. Bersama Skuad Persib, Essien akan mengenakan nomor punggung 5.

Belum diketahui secara pasti berapa nilai kontrak yang didapat Essien bersama Pangeran Biru, namun diperkirakan nilai pemain asing ini mencapai Rp 10 miliar. Suntikan tenaga ini dipastikan bisa menambah tenaga Persib di lini tengah.

Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat, Zainuri Hasyim berharap kehadiran Essien bisa mengangkat prestasi Persib. Selain itu lebih mengangkat pamor Persib di mata pihak sponsor.
Read More
Penerimaan Perwira PK Tenaga Kesehatan TNI 2017

Penerimaan Perwira PK Tenaga Kesehatan TNI 2017

Penerimaan Perwira PK Tenaga Kesehatan TNI 2017 - Tentara Nasional Indonesia (TNI) memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik warga negara Indonesia untuk menjadi Perwira PK TNI melalui seleksi dan pendidikan Perwira Prajurit Karir Tenaga Kesehatan TNI Tahun 2017.

Rekrutmen Perwira PK Tenaga Kesehatan TNI

Adapun persyaratan dan tata cara pendaftaran calon Perwira PK Tenaga Kesehatan TNI Tahun 2017, adalah sebagai berikut.

Jurusan yang Dibutuhkan
  1. Kedokteran Umum / Gigi
  2. Farmasi / Apoteker
  3. Analis Kesehatan 
  4. Keperawatan (Ners)
  5. Rekam Medis
  6. Radiologi

Persyaratan Umum
  • Telah lulus dan berijazah S-1 Profesi/S-1/D-3 dari perguruan tinggi negeri atau swasta sesuai jurusan/program studi yang ditentukan dengan menunjukkan akreditasi program studinya.
  • Berumur setinggi-tingginya (pada saat pembukaan Dikma) :
  1. 30 Tahun bagi yang berijazah S-1.
  2. 32 Tahun bagi yang berijazah S-1 Profesi.
  3. 26 Tahun bagi yang berijazah D-3.
  • IPK untuk jurusan/program studi selain Kedokteran Umum/Gigi akreditasi ”A” tidak kurang dari:
  1. 2,80 untuk yang berijazah Sarjana S-1 maupun S-1 Profesi.
  2. 2,70 untuk yang berijazah D-3.
  • IPK untuk jurusan/program studi selain Kedokteran Umum/Gigi akreditasi “B” tidak kurang dari:
  1. 3,00 untuk yang berijazah Sarjana S-1 maupun S-1 Profesi.
  2. 2,90 untuk yang berijazah D-3.
  3. Bagi Jurusan Kedokteran Umum/Gigi telah lulus Uji Kompetensi Dokter.
  • Perguruan tinggi binaan Kemhan/TNI yaitu UPN Veteran, Universitas Suryadarma, STT Adi Sucipto, Universitas Nurtanio (UNNUR), Universitas Jenderal Achmad Yani dan Universitas Hang Tuah, persyaratan IPK tidak kurang dari:
  1. 2,80 untuk yang berijazah Sarjana S-1 maupun S-1 Profesi.
  2. 2,70 untuk yang berijazah D-3.
  • Berstatus belum pernah menikah  dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Dikma, untuk pendaftar berprofesi  dokter umum diperbolehkan sudah menikah namun bagi  wanita  yang  berprofesi  Dokter  Umum belum mempunyai anak dan sanggup tidak mempunyai anak / hamil  selama dalam Dikma.
  • Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI, berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  • Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.
  • Tinggi badan minimal 163 cm bagi Pria  dan 157 cm bagi wanita dengan berat  badan seimbang.
  • Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI.
  • Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.
  • Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri.
  • Bagi karyawan harus dapat persetujuan dan sanggup membuat  pernyataan diberhentikan dengan hormat dari pimpinan instansi yang bersangkutan bila lulus seleksi dan masuk Dikma TNI.
  • Lulus  pemeriksaan / pengujian  baik  di  daerah maupun di pusat yang meliputi : Administrasi, Kesehatan,  Kesamaptaan  jasmani, Psikologi, Mental Ideologi dan Pantukhir.
  • Menyertakan Surat keterangan bebas narkoba dan surat kesehatan dari Rumah Sakit Pemerintah pada saat Daftar ulang di tempat pendaftaran.
  • Internsip dilaksanakan setelah selesai Pendidikan dan dilaksanakan di Rumah Sakit TNI dimana Dokter TNI ditugaskan.

Materi Seleksi Tenaga Kesehatan TNI 2017

Pemeriksaan awal di Panda :
  • Rik/Uji awal di daerah dilaksanakan pada saat daftar ulang (Validasi / setelah pendaftaran Online) dengan Alokasi waktu bersamaan dengan waktu pendaftaran dan Rik/Uji Tingkat Pusat pada awal bulan April 2017 oleh Mabes TNI dibantu Mabes Angkatan

Materi Rik/Uji awal di daerah yaitu :
  • Administrasi, Buta Warna, Tensi, Postur, MI (Puldata awal Litpers)

Materi Rik/Uji tingkat Pusat yaitu :
  • Administrasi, Kesehatan, Kesamaptaan Jasmani, Psikologi, Mental Ideologi, Pantukhir

Tata Cara Pendaftaran Calon Perwira PK Tenaga Kesehatan TNI 2017 
  • Calon mendaftar secara Online melalui internet dengan website: http://rekrutmen-tni.mil.id/ dan mengisi formulir pendaftaran. Dari tanggal 27 Februari – 31 Maret 2017.
  • Daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukan cetakan formulir pendaftaran.
  • Membawa Dokumen asli: Surat pendaftaran, Akte kelahiran, KTP Calon, KTP orang tua/Wali, Kartu Keluarga (KK), SKCK, Ijazah & SKHUN SD, SLTP, SLTA sederajat, Ijazah kesarjanaan atau Diploma,Sertifikat Akreditasi yang dikeluarkan oleh Ban PT untuk program studinya, Bagi jurusan Kedokteran wajib melampirkan Transkip nilai UKDI/UKDGI,pas photo hitam putih dan berwarna 4X6 20 lembar dan Rapot SLTA sederajat.
  • Bagi  yang  pindah Domisili membawa surat keterangan pindah Domisili dari kelurahan / Kecamatan.
  • Masing-masing di fotocopy satu lembar dan dilegalisir.
  • Menyetakan Surat keterangan bebas Nakoba dan surat Kesehatan dau umah Sakit Pemerintah.

Demikian informasi Penerimaan Pendaftaran Calon Perwira PK Tenaga Kesehatan TNI Tahun 2017, semoga bermanfaat.
Read More
Penerimaan Tamtama Polri Tahun 2017

Penerimaan Tamtama Polri Tahun 2017

Penerimaan Pendaftaran Tamtama Polri TA 2017 – Kepolisian Negara Republik Indonesia memberikan kesempatan kepada para pemuda Indonesia untuk menjadi Tamtama Polri melalui Seleksi dan Pendidikan Tamtama Polri Tahun Akademik 2017/2018.

Tamtama Polri

Adapun persyaratan dan tata cara pendaftaran Seleksi dan Pendidikan Tamtama Polri Tahun Akademik 2017/2018, adalah sebagai berikut.

Baca juga : Penerimaan Bintara Polri 2017 & Penerimaan Taruna Akpol 2017

Persyaratan Pendaftaran Calon Tamtama Polri 2017
Persyaratan Umum :
  • Warga Negara Indonesia (pria);
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  • Pendidikan paling rendah SMU/sederajat;
  • Usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri);
  • Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  • Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat;
  • Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  • Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.

Persyaratan Khusus :
  • Pria bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  • Berijazah serendah-rendahnya SMA/sederajat jurusan IPA/IPS/Bahasa (bukan lulusan Paket A dan B) atau SMK yang sesuai dengan kompetensi tugas Polri (kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan kriteria lulus dan diutamakan memiliki kualifikasi mengemudi (dengan melampirkan Surat Izin Mengemudi (SIM B))
  • Bagi yang masih duduk di kelas 3 SMA/sederajat atau SMK menggunakan nilai rata-rata rapor semester 1 (satu) setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan persyaratan butir b
  • Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Tamtama Polri T.A. 2017, minimal 17 tahun 8 bulan dan maksimal 22 tahun
  • Tinggi badan minimal 165 cm, khusus etnis Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 163 cm;
  • Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat;
  • Dinyatakan bebas narkoba dengan menyerahkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan pemerintah (RS Pemerintah atau Klinik BNN/BNP/BNK);
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian;
  • Berdomisili minimal 2 tahun di wilayah Polda tempat mendaftar dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga dan surat keterangan domisili dari Lurah/Kades setempat dengan diketahui oleh Kapolsek;
  • Belum pernah menikah dan atau mempunyai anak kandung/biologis serta sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Tamtama Polri, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus, dibuktikan dengan surat keterangan Lurah/Kades;
  • Bersedia menjalani ikatan dinas minimal selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi Tamtama Polri;
  • Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali;
  • Tidak terikat Perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain;
  • Bagi calon/peserta yang berusaha menggunakan sponsor/koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon/surat kepada panitia/pejabat yang berwenang melalui orang tua/wali/keluarga atau pihak lain akan didiskualifikasi
  • Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan : mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan, dan bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Tamtama Polri
  • Mengikuti dan lulus pemeriksaan / pengujian dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan giat sebagai berikut :
  1. Pemeriksaan administrasi awal;
  2. Pemeriksaan kesehatan tahap I;
  3. Pemeriksaan dan ujian psikologi;
  4. Ujian kesamaptaan jasmani
  5. Pengujian Akademik;
  6. Pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Kesehatan Jiwa);
  7. Pendalaman PMK (Penelusuran Mental Kepribadian)
  8. Pemeriksaan administrasi akhir;
  9. Sidang terbuka kelulusan akhir;

Tata Cara Pendaftaran Calon Tamtama Polri 2017
  • Waktu pendaftaran calon Tamtama Polri mulai tanggal 14 Maret - 15 April 2017. 
  • Terlebih dahulu calon harus melakukan pendaftaran secara online melalui website http://penerimaan.polri.go.id/ dengan mengisi Form Registrasi Calon Tamtama Polri 2017.
  • Setelah itu, calon harus melakukan daftar ulang di Polres/ Polresta/ Polrestabes/ Polresmetro/ Polda setempat selaku Panda/ Sub Panda/ Panbanrim, untuk verifikasi administrasi, ukur tinggi dan berat badan. Pada saat daftar ulang calon harus membawa berkas dokumen sebagai berikut:
  • Surat Permohonan menjadi Tamtama Polri (Ditulis tangan oleh calon sendiri dengan tinta warna hitam dan menggunakan huruf balok tanpa coretan/dihapus diatas kertas folio bergaris bermaterai Rp.6.000,-)
  • Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (dilegalisir)
  • Fotocopy Ijazah/STTB SD/MI, SMP/Tsanawiyah, SMA/MA/SMK, D-III, D-IV, S1/S2 (dilegalisir)
  • Surat keterangan berbadan sehat yang dikeluarkan dari institusi kesehatan resmi milik pemerintah (diluar kesehatan Polri)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Fotocopy KTP dan KK (dilegalisir)
  • Surat persetujuan orang tua/wali
  • Surat pernyataan belum pernah menikah
  • Daftar riwayat hidup
  • Surat perjanjian ikatan dinas pertama anggota Polri
  • Surat pernyataan tidak terikat oleh suatu perjanjian ikatan dinas
  • Surat pernyataan orang tua/wali
  • Semua berkas tersebut dibuat dengan jumlah 4 rangkap

Catatan :
  • Penerimaan Tamtama Polri 2017 dilakukan secara Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis
  • Selama proses penerimaan calon Tamtama Polri 2017 tidak dipungut biaya apapun!
  • Download contoh Surat permohonan menjadi Tamtama Polri serta surat persetujuan dan pernyataan lainnya, klik disini.

Demikian informasi mengenai Penerimaan Pendaftaran Tamtama Polri TA 2017, semoga bermanfaat.
Read More
Penerimaan Bintara Polri Tahun 2017

Penerimaan Bintara Polri Tahun 2017

Penerimaan Pendaftaran Bintara Polri TA 2017 – Kepolisian Negara Republik Indonesia memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk menjadi Bintara Polri melalui Seleksi dan Pendidikan Bintara Polisi Tugas Umum dan Polwan, Bintara TI (Teknologi Informasi) dan Bintara Musik Tahun Akademik 2017/2018.

Bintara Polri

Adapun persyaratan dan tata cara pendaftaran Seleksi dan Pendidikan Bintara Polri Tahun Akademik 2017/2018, adalah sebagai berikut.

Persyaratan Pendaftaran Calon Bintara Polri 2017
  • Warga Negara Indonesia (pria atau wanita);
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  • Pria/wanita, bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  • Usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri);
  • Berijazah serendah-rendahnya SMA/SMK/sederajat
  • Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) :
  • Pria : 165 cm, khusus etnis Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 163 cm
  • Wanita : 160 cm, khusus etnis Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 158 cm
  • Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  • Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat;
  • Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.
  • Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
Untuk masing-masing seleksi dan pendidikan calon Bintara Polri ada persyaratan khusus yang berbeda.

Tata Cara Pendaftaran Calon Bintara Polri 2017
  • Waktu pendaftaran calon Bintara Polri mulai tanggal 14 Maret - 15 April 2017. 
  • Calon terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran secara online melalui website http://penerimaan.polri.go.id/ dengan mengisi Form Registrasi Calon Bintara Polri 2017.
  • Setelah itu, calon harus melakukan daftar ulang di Polres/ Polresta/ Polrestabes/ Polresmetro/ Polda setempat selaku Panda/ Sub Panda/ Panbanrim, untuk verifikasi administrasi, ukur tinggi dan berat badan. Pada saat daftar ulang calon harus membawa berkas dokumen sebagai berikut:
  • Surat Permohonan menjadi Bintara Polri (Ditulis tangan oleh calon sendiri dengan tinta warna hitam dan menggunakan huruf balok tanpa coretan/dihapus diatas kertas folio bergaris bermaterai Rp.6.000,-)
  • Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (dilegalisir)
  • Fotocopy Ijazah/STTB SD/MI, SMP/Tsanawiyah, SMA/MA/SMK, D-III, D-IV, S1/S2 (dilegalisir)
  • Surat keterangan berbadan sehat yang dikeluarkan dari institusi kesehatan resmi milik pemerintah (diluar kesehatan Polri)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Fotocopy KTP dan KK (dilegalisir)
  • Surat persetujuan orang tua/wali
  • Surat pernyataan belum pernah menikah
  • Daftar riwayat hidup
  • Surat perjanjian ikatan dinas pertama anggota Polri
  • Surat pernyataan tidak terikat oleh suatu perjanjian ikatan dinas
  • Surat pernyataan orang tua/wali
  • Semua berkas tersebut dibuat dengan jumlah 4 rangkap

Catatan :
  • Penerimaan Bintara Polri 2017/2018 dilakukan secara Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis
  • Selama proses penerimaan calon Bintara Polri 2017 tidak dipungut biaya apapun!
  • Download contoh Surat permohonan menjadi Bintara Polri serta surat persetujuan dan pernyataan lainnya, klik disini.

Demikian informasi mengenai Penerimaan Pendaftaran Bintara Polri TA 2017, semoga bermanfaat.
Read More
Penerimaan Taruna/Taruni Akpol Tahun 2017

Penerimaan Taruna/Taruni Akpol Tahun 2017

Penerimaan Pendaftaran Taruna/Taruni Akpol 2017 – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk menjadi Perwira Polri melalui Akademi Kepolisian (Akpol). Pendidikan Akpol berlangsung selama 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Dua Polisi.
Taruna-Taruni Akpol

Adapun persyaratan dan tata cara pendaftaran Seleksi dan Pendidikan Taruna/Taruni Akpol Tahun Akademik 2017/2018, adalah sebagai berikut.

Persyaratan Pendaftaran Calon Taruna/Taruni Akpol 2017

Persyaratan Umum :
  • Warga Negara Indonesia (pria atau wanita)
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
  • Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  • Usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri)
  • Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat
  • Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela
  • Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian

Persyaratan Khusus :
  • Pria/wanita, bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  • Berijazah serendah-rendahnya SMA/sederajat jurusan IPA/IPS (bukan lulusan Paket A,B dan C) dengan ketentuan :
  1. Nilai kelulusan rata-rata Hasil Ujian Akhir Nasional/UAN (bukan nilai gabungan): tahun 2013 dengan nilai rata-rata minimal 7,0; tahun 2014 dengan nilai rata-rata minimal 6,5; tahun 2015 s.d. 2016 dengan nilai rata-rata minimal 60,00; dan tahun 2017 dengan nilai rata-rata 70,00
  2. Nilai kelulusan rata-rata Hasil Ujian Akhir Nasional/UAN (bukan nilai gabungan) khusus Papua dan Papua Barat: tahun 2013 dengan nilai rata-rata minimal 6,5; tahun 2014 dengan nilai rata-rata minimal 6,0; tahun 2015 s.d. 2016 dengan nilai rata-rata minimal 60,00; dan tahun 2017 dengan nilai rata-rata minimal 65,00
  3. Bagi lulusan tahun 2017 (yang masih kelas III) nilai rapor rata-rata kelas III semester I minimal 70,00 dan setelah lulus menyerahkan nilai Ujian Nasional dengan nilai rata-rata sebagaimana yang tercantum pada point 1 dan 2
  4. Bagi yang berusia 16 sampai dengan kurang dari 17 tahun dengan ketentuan nilai rata-rata ujian Nasional minimal 75,00 dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai rata-rata 75,00
  • Ketentuan tentang Ujian Nasional perbaikan :
  1. Bagi lulusan 2014 s.d. 2016 yang mengikuti Ujian Nasional (UN) perbaikan dapat mengikuti seleksi penerimaan Taruna Akpol T.A. 2017 dengan ketentuan nilai rata-rata memenuhi persyaratan
  2. Sedangkan calon peserta yang mengulang di kelas III baik disekolah yang sama atau di sekolah yang berbeda tidak dapat mengikuti seleksi penerimaan Taruna Akpol T.A. 2017
  • Berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan
  • Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku): pria: 165 (seratus enam puluh lima) cm; wanita : 163 (seratus enam puluh tiga) cm
  • Belum pernah menikah/hamil atau melahirkan bagi peserta calon Taruni dan belum pernah punya anak kandung/biologis bagi peserta calon Taruna serta sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan
  • Tidak bertato/memiliki bekas tato dan tidak ditindik/memiliki bekas tindik telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat
  • Bagi peserta calon Taruna/i yang telah gagal karena pidana/asusila atau Taruna/i yang diberhentikan dengan tidak hormat tidak dapat mendaftar kembali
  • Bagi peserta calon Taruna/i yang berusaha menggunakan sponsor/koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon/surat kepada panitia/pejabat yang berwenang melalui orang tua/wali/keluarga atau pihak lain akan didiskualifikasi
  • Dinyatakan bebas narkoba dengan menyerahkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan pemerintah (RS Pemerintah atau Klinik BNN/BNP/BNK)
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian
  • Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemenbuddikdasmen
  • Berdomisili minimal 1 tahun di wilayah Polda tempat mendaftar dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga dan surat keterangan domisili dari Lurah/Kades setempat dengan diketahui oleh Kapolsek
  • Bagi peserta calon Taruna/i yang berasal dari SMA Taruna Nusantara dan SMA Krida Nusantara yang masih kelas III dapat mendaftar di Polda asal sesuai alamat KTP/KK atau dapat mendaftar untuk SMA Taruna Nusantara di Polda Jateng dan DIY, untuk SMA Krida Nusantara di Polda Jabar, dengan ketentuan mengikuti kuota kelulusan/perankingan pada Polda asal sesuai domisili KTP/KK
  • Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun terhitung saat diangkat menjadi Perwira Polri
  • Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali
  • Tidak terikat perjanjian Ikatan Dinas dengan suatu instansi lain
  • Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan: mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan; dan bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan , bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna Akpol
  • Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian tingkat Panda dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
  1. Pemeriksaan administrasi awal;
  2. Pemeriksaan kesehatan tahap I;
  3. Pemeriksaan psikologi (tertulis);
  4. Pengujian kesamaptaan jasmani dan antropometri;
  5. Pengujian akademik, yang meliputi: 1) Pengetahuan Umum; 2) Bahasa Indonesia; 3) Matematika (IPA dan IPS);
  6. Pemeriksaan kesehatan tahap II;
  7. Pemeriksaan Administrasi Akhir;
  8. Sidang terbuka kelulusan tingkat Panitia Daerah;
  • Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian tingkat Panitia Pusat (Panpus) dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
  1. Sistem gugur meliputi: Pemeriksaan Administrasi; Pemeriksaan Kesehatan; Pemeriksaan Psikologi Wawancara dan Pendalaman PMK; Pengujian Jasmani dan Antropometri; dan Pemeriksaan Penampilan
  2. Sistem ranking: uji TPA dan TOEFL
  3. Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Akhir Pusat.

Tata Cara Pendaftaran Calon Taruna/Taruni Akpol 2017
  • Waktu pendaftaran calon Taruna/Taruni Akpol mulai tanggal 14 Maret - 15 April 2017. 
  • Calon terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran secara online melalui website http://penerimaan.polri.go.id/ dengan mengisi Form Registrasi Calon Taruna/Taruni Akpol 2017.
  • Setelah itu, calon harus melakukan daftar ulang di Polres/ Polresta/ Polrestabes/ Polresmetro/ Polda setempat selaku Panda/ Sub Panda/ Panbanrim, untuk verifikasi administrasi, ukur tinggi dan berat badan. Pada saat daftar ulang calon harus membawa berkas dokumen sebagai berikut:
  1. Surat Permohonan menjadi Taruna/Taruni Akpol (Ditulis tangan oleh calon sendiri dengan tinta warna hitam dan menggunakan huruf balok tanpa coretan/dihapus diatas kertas folio bergaris bermaterai Rp.6.000,-)
  2. Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (dilegalisir)
  3. Fotocopy Ijazah/STTB SD/MI, SMP/Tsanawiyah, SMA/MA/SMK, D-III, D-IV, S1/S2 (dilegalisir)
  4. Surat keterangan berbadan sehat yang dikeluarkan dari institusi kesehatan resmi milik pemerintah (diluar kesehatan Polri)
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Fotocopy KTP dan KK (dilegalisir)
  7. Surat persetujuan orang tua/wali
  8. Surat pernyataan belum pernah menikah
  9. Daftar riwayat hidup
  10. Surat perjanjian ikatan dinas pertama anggota Polri
  11. Surat pernyataan tidak terikat oleh suatu perjanjian ikatan dinas
  12. Surat pernyataan orang tua/wali
  13. Semua berkas tersebut dibuat dengan jumlah 4 rangkap

Catatan :
  • Penerimaan Taruna/Taruni Akpol 2017/2018 dilakukan secara Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis
  • Selama proses penerimaan calon Taruna/Taruni Akpol 2017 tidak dipungut biaya apapun!
  • Download contoh Surat permohonan menjadi Taruna/Taruni Akpol serta surat persetujuan dan pernyataan lainnya, klik disini.

Demikian informasi mengenai Penerimaan Pendaftaran Taruna/Taruni Akpol TA 2017, semoga bermanfaat.
Read More