Kasus Hambalang, Siapkah yang salah?

Kasus Hambalang, Siapakah yang salah?
Sumber foto : news.detik.com
Pada postingan ke-200 ini, sengaja saya membuat tulisan yang membicarakan hal bernuansa politik yang sebetulnya saya tidak begitu mengerti , menyukai  dan juga peduli akan hal tersebut. Hal itu tiada lain adalah Kasus Hambalang, yang sekarang sedang ramai dibicarakan, karena ambruknya proyek tersebut akibat korupsi dan permainan politik para petinggi negara ini.

Proyek Hambalang adalah sebuah proyek prestisius pembangunan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Prestasi Olahraga Nasional di Hambalang, Bogor, Jawa Barat yang hingga saat ini baru mencapai 49 persen. Namun proyek tersebut sekarang dihentikan menyusul ambruknya sebagian bangunan karena longsor dan saat ini sedang dilakukan proses evaluasi.

Dorongan yang membuat saya ingin membicarakan Kasus Hambalang adalah berawal dari tadi malam ketika menonton tayangan di TVONE pada acara ILC (Indonesia Lawyer Club) dengan tema “Dalang-dalang di Balik Hambalang”.

Saya perhatikan tayangan tersebut dari awal sampai akhir hanya berisikan saling tuduh-menuduh kesalahan, saling mengkambinghitamkan, saling lempar batu sembunyi tangan dan saling lepas tanggung jawab dari bobroknya proyek Hambalang. Sangat memprihatinkan!

Mereka yang hadir hanya saling beradu data, fakta dan argumen sebagai pembuktian bahwa mereka benar dan tidak salah. Tak ada satu pun keputusan yang dihasilkan untuk menyelesaikan kasus proyek Hambalang yang telah banyak memakan uang rakyat dan tak menghasilkan apa-apa, kecuali hanya ambruknya bangunan dan korupsi demi sebuah tujuan politik.

Jadi, untuk Kasus Hambalang, Siapakah yang salah? Siapakah yang bertanggungjawab? dan Siapakah yang berani menyelesaikannya?

Saya tak punya jawaban untuk itu, namun hanya sebuah kesimpulannya saja, yaitu :

-    Niat baik dan disertai pelaksanaan yang baik, hasilnya akan baik pula
-    Niat baik tapi disertai pelaksanaan yang tidak baik, hasilnya akan tidak baik
-    Niat tidak baik tapi disertai pelaksanaan yang baik, hasilnya akan tidak baik
-    Niat tidak baik dan disertai pelaksanaan yang tidak baik, hasilnya tentu tidak baik

Lalu Bagaimana jawaban dan pendapat sahabat blogger tentang Kasus Hambalang?

3 Responses to "Kasus Hambalang, Siapkah yang salah?"

  1. Hambalang telah menyeret para hulubalang ke padang ilalang kegelisahan dan kecemasan.

    Siapa yang bersalah, bakal duduk di kursi pesakitan.

    Kita tunggu Jumat keramat KPK

    ReplyDelete
  2. semoga mereka yang telah berbuat kerusakan di muka bumi ini ingat bahwa bumi hanya sementara akan tiba masa hari peradilan sesungguhnya dimana kaki dan tangan mereka akan menjadi saksi dimana tidak ada lagi tempat untuk sembunyi

    ReplyDelete