Berbagi Beragam Info dan Tips

Tema dan Logo HUT Kemerdekaan RI Ke-67


Tema dan Logo HUT Kemerdekaan RI ke-67 – Tinggal menghitung hari, negeri kita tercinta Indonesia akan merayakan ulang tahun kemerdekaan atau lebih dikenal sebagai Dirgahayu hari kemerdekaan Indonesia yang ke-67 tahun.

Hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 2012) akan jatuh pada hari Jum’at di bulan Ramadhan, persis seperti 67 tahun silam (17 Agustus 1945), saat Indonesia ini diproklamirkan sebagai negara berdaulat, terjadi juga pada hari Jum’at di bulan Ramadhan.

Pemerintah dalam hal ini Sekretariat Negara jauh-jauh hari sudah mengeluarkan Tema dan Logo HUT Kemerdekaan RI ke-67.

Tema HUT Kemerdekaan RI ke-67 :

Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Logo HUT Kemerdekaan RI ke-67 :
Tema dan Logo HUT Kemerdekaan RI Ke-67

Acara Peringantan HUT Kemerdekaan RI ke-67 :

Acara pokok di tingkat pusat adalah :
  • Hari Senin, tanggal 13 Agustus 2012 Pukul 14.30 WIB. Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia di Istana Merdeka;
  • Hari Senin, tanggal13 Agustus 2012 Pukul 16.30 WIB. Ramah Tamah dan Buka Puasa Bersama dengan para Perintis Kemerdekaan, Veteran, Purnawirawan, Wredhatama, Warakawuri dan Angkatan 45 di Istana Negara.
  • Hari Selasa, tanggal 14 Agustus 2012. Pukul 14.00 WIB. Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara.
  • Hari Kamis, tanggal 16 Agustus 2012 Pukul 10.00 WIB. Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2012 di Depan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Ruang Nusantara Gedung MPR, DPR, DPD; Pukul 14.00 WIB. Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2013 beserta Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I DPR RI Tahun Sidang 2012-2013 di Ruang Nusantara Gedung MPR, DPR, DPD; Pukul 24.00 WIB. Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata.
  • Hari Jum’at, tanggal 17 Agustus 2012 Pukul 10.00 WIB. Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka; Pukul 17.00 WIB. Upacara Penurunan Sang Merah Putih di Halaman Istana Merdeka; Diawali dengan pertunjukan marching band dan kesenian pada pukul 15.00 WIB; Pukul 20.30 WIB. Resepsi Kenegaraan di Istana Merdeka.

Acara Pokok Tingkat Daerah:
  • Pada tanggal 16 Agustus 2012 agar masyarakat di daerah mengikuti siaran langsung Pidato Kenegaraan Presiden baik melalui radio maupun televisi.
  • Pada tanggal 17 Agustus 2012 agar diselenggarakan Upacara Bendera secara terpusat di Ibukota Provinsi, dan Ibukota Kabupaten/Kota, disamping Upacara Bendera di setiap instansi/kesatuan masing-masing.
  • Penyelenggaraan acara memperingati Hari Ulang Tahun Ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2012 dilaksanakan dengan berlandaskan pada tema dan logo yang sudah ditentukan, dirayakan secara meriah dan khidmat, diusahakan sehemat mungkin pembiayaannya serta dengan memperhatikan situasi dan kondisi setempat.
  • Penyelenggaraan acara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2012 dilaksanakan dengan tidak mengganggu kegiatan ibadah di bulan suci Ramadhan.
  • Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri agar menyesuaikan ketentuan-ketentuan tersebut di atas, dengan Inspektur Upacara Duta Besar atau Kepala Perwakilan RI.
  • Penyelenggaraan acara hiburan hendaknya memperhatikan :
  1. Perayaan Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2012 agar dijadikan momentum sebagai sarana pendidikan dan hiburan bagi rakyat.
  2. Penyelenggaraan acara hiburan tidak hanya terpusat di Ibukota Provinsi dan Ibukota Kabupaten/Kota, tetapi menyebar ke wilayah-wilayah kecamatan sampai ke kelurahan-kelurahan dan desa-desa, agar masyarakat di wilayah kelurahan dan pedesaan ikut menikmati dan berpartisipasi secara optimal.
  3. Panitia penyelenggara harus berkoordinasi dengan unsur/aparat keamanan dalam setiap penyelenggaraan acara hiburan agar keseluruhan acara dapat berlangsung secara tertib, aman dan lancar.
  4. Mendorong seluas mungkin prakarsa dan kreativitas masyarakat dalam penyelenggaraan acara peringatan serta mengedepankan hiburan khas daerah/tradisionil, sehingga hakekat peringatan dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat dapat benar-benar terwujud.
  • Sesuai ketentuan Pasal 7 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, agar seluruh masyarakat, Instansi Pemerintah maupun Lembaga Swasta mengibarkan Bendera Merah Putih selama lima hari berturut-turut, mulai tanggal 14 Agustus 2012 sampai dengan tanggal 18 Agustus 2012.

Download Pedoman Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-67 : Klik Disini

Semoga postingan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat……Merdeka!





10 Komentar untuk "Tema dan Logo HUT Kemerdekaan RI Ke-67"

SElamat Hari Kemerdekaan Indonesia KAng, meski nggak terlalu meriah karena perayaannya sudah selesai bulan kemarin

wah,,walaupun bulan puasa tapi semangat kmerdekaan tetep berkibar ya,,,^_^

wah ni hari kemerdekaan akan jatuh pada tanggal 17 hari jumat kenapa kok bisa pas bgt pada tahun 45 yah

Ada acara lomba makan kerupuk gak ya?? hehehe :)

selamat Hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia pd 17Aug, manakala m'sia pd 31Aug nanti.

Sama-sama...selamat Hari ulang tahun kemerdekaan Malaysia 31 Agustus

muhajir paskibra 305
delete

selamat HUT RI yang ke 67 semangat buat seluruh nak PASKIBRAKA INDONESIA maupun teman2 paskibra sekolah(khususnya makassar),buktikan kawan klw kalian penerus bangsa yang baik dan tdk cinta KKN(hehehe?

muhajir paskibra 305
delete

kanda saya muhajir dari makassar.maunanya bdw slama ini presiden ngga pernah yah terima rancangan pidato dari pemuda indonesia?,klw bleh usul kanda tahum yang akan datang naskah pidato HUT RI dari pemuda kanda biar orang kepresidenan yang nyleksi kanda.makasih atas kerjasamanya!

sekali merdeka tetap merdeka !!

sekali merdeka tetap merdeka !!

Back To Top