Berbagi Beragam Info dan Tips

Keutamaan Puasa Arafah


Keutamaan Puasa Arafah

Keutamaan Puasa Arafah. Salah satu rukun haji yang utama adalah wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah, yaitu sehari sebelum Idul Adha. Bagi umat Islam yang tidak sedang menunaikan ibadah haji disunnahkan untuk melaksanakan Puasa Arafah.

Berikut adalah keutamaan Puasa Arafah beserta dalilnya :
  1. Meraih syafaat Rasulullah karena Puasa Arafah adalah puasa kesukaan Rasulullah, "Tiada dari hari dalam setahun aku berpuasa lebih aku sukai daripada hari Arafah. (HR. Baihaqi)
  2. Penghapus dosa setahun yang lalu bahkan sesudahnya, “Aku berharap kepada Allah agar dihapuskan (dosa) setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.” (HR. Muslim)
  3. Saat berpuasa doa sangat mustajab, “Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah...(HR. At-Tirmidzi)
  4. Insya Allah dengan taubat sungguh-sungguh dan Puasa Arafah, Allah bebaskan dari Neraka, “Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah (HR. Muslim). “Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun.” (HR. Bukhari Muslim).
Sungguh begitu besar rahmat dan karunia Allah untuk hamba-Nya yang berpuasa Arafah, Semoga Allah memperkenankan kita untuk menikmati Puasa Arafah...aamiin.




Tag : info islam
12 Komentar untuk "Keutamaan Puasa Arafah "

Assalamualaikum.. terima kasih kongsi ilmu :)

semoga tiada kita melewaktan amalan sunah yang sarat keutamaan ini. Dan jika tahun ini kita berpuasa ( karena tidak sedang menunaikan ibada haji ) semoga tahun depan kita berada di sana, bersimpuh di padang arafah. Amin.

selalu ada keutamaan dalam hal melaksanaa ibadah yah...
terima kasih bang..

Terima kasih pencerahannya kang dadan..masih penasaran dengan domain barunya nih kang hehehe

Semoga bisa berpuasa hari ini begitu banyak keutamaannya Insya Allah, makasih kang

subhanallah begitu banyak keutamaan puasa di hari arafah

info bermanfaat,,,ternyata puasa sunat itu banyak macamnya

Back To Top