Home » » Bahaya Makan Minum Sambil Berdiri

Bahaya Makan Minum Sambil Berdiri


Masih banyak yang mempertanyakan bahkan tidak tahu tentang bahaya makan minum sambil berdiri. Karena mungkin kalau dilihat sepintas, makan minum sambil berdiri dengan sambil duduk itu tak ada bedanya. Keduanya sama-sama makan dan minum.

Namun, mari kita simak hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam berikut ini.
“Dari Anas radhiyallahu anhu dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam : Sesungguhnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang untuk minum berdiri”. Qatadah (seorang tabi’in) berkata : “Kami bertanya kepada Anas, “Bagaimana dengan makan sambil berdiri?” Anas menjawab, “Yang demikian itu lebih jelek dan lebih buruk.” (HR.Muslim dan Turmidzi)

Pertanyaannya, kenapa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang kita makan minum sambil berdiri?

Inilah rahasianya!

Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani berkata: “Minum dan makan sambil duduk, lebih sehat, lebih selamat, dan lebih sopan, karena apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lembut. Adapun minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras, jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.
Bahaya makan minum sambil berdiri

Selain itu, air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada ‘pos-pos’ penyaringan yang berada di ginjal.

Jika kita minum sambil berdiri, air yang kita minum akan meluncur ke dalam tubuh tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Dan hal ini bisa menyebabkan susah buang air kecil.

Menghindari minum sambil berdiri memang agaknya sulit. Apalagi bagi yang sedang berolahraga. Terkadang minum sambil berdiri dianggap hal yang sepele. Tapi kalau kita membiasakan hal tersebut di sepanjang hidup. Bukan mustahil kesehatan tubuh kita akan terganggu karena kebiasaan minum sambil berdiri.  Untuk itu marilah kita sama-sama menjaga kesehatan tubuh, diantaranya dengan membiasakan makan dan minum sambil duduk.

9 komentar:

  1. best perkongsian ini Kang Dadan
    Rasanya masih ramai lg kalangan kita
    yg masih gemar makan minum berdiri terutama
    yang membeli minuman diluar..

    ReplyDelete
  2. Kadang2 ada juga makan dn minum berdiri..mcm kat majlis yg yiada kerusi hnya ada meja tinggi... sedabg masak ayam goreng terus ngup ngap time tu.. buat air masa tetamu dtgf try secawan masa tu.
    Hik3

    Http://sumijelly.com

    ReplyDelete
  3. Ga lagi-lagi deh makan sambil berdiri... Bahaya! Thanks infonya :)

    ReplyDelete
  4. apabila ianya dilarang ataupon digalakkan dlm agama samada melalui hadith atau Al-Quran maka sudah pasti akan terdapat hikmah yg amat besar disebaliknya

    ReplyDelete
  5. jujurnya kadang2 minum berdiri juga. dari sudut sains banyak kebaikannya. bisa sunnah dapat pahala juga.

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah semenjak SMA sy ikut paskibra.. dlm paskibra tdk diperbolehkan mkn dan mnum smbil berdiri.. sy bersyukur sekali, skrg baru tau manfaatnya..

    ReplyDelete
  7. Keknya saya sering bgt de minum sbl ngadeg.. Makasih infonya mas manfaat bgt.

    ReplyDelete
  8. Ada kebaikkan yang disaran oleh agama adalah yang terbaik. Terima kasih berkongsi entri ini.

    ReplyDelete