Kick Off ISL 2015 Resmi Diundur

Kick Off ISL 2015 diundur dua minggu hingga awal Maret. Hal ini berdasarkan keputusan resmi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang menyatakan agar PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi untuk menunda pelaksanaan liga sepak bola tertinggi di tanah air itu.

ISL 2015

Penundaan pelaksanaan ISL 2015 merupakan buntut dari konflik yang terjadi antara PT Liga Indonesia dengan BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia). Dua badan olahraga tersebut  saling bersikukuh dengan pendapat masing-masing tentang kelanjutan nasib ISL 2015. Kick Off ISL 2015 sendiri seharusnya digelar pada 20 Februari mendatang antara Persib vs Persipura sesuai dengan Jadwal ISL 2015 yang telah dirilis sebelumnya oleh PT Liga Indonesia.

Adapun hal yang menjadi konflik permasalahan PT Liga Indonesia dengan BOPI adalah persyaratan standar organisasi 18 klub peserta ISL 2015 dan kondisi keuangan klub-klub peserta yang buruk. Menurut BOPI, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi PT Liga dan klub-klub agar ISL bisa dimulai. Misalnya, surat bebas utang atau pelunasan tunggakan gaji, kelengkapan pemain seperti  bukti kontrak pemain dan KITAS untuk pemain asing, juga penyertaan bukti pembayaran pajak atau NPWP semua pemain dan klub.

Apabila persyaratan tersebut belum dipenuhi, BOPI tidak akan merekomendasikan ISL 2015 bisa bergulir. Maka ISL harus segera melengkapi data-data yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan kompetisi. Ada tenggat waktu dua minggu dari Menpora kepada PT Liga Indonesia untuk mengurus hal ini. Kalau sampai dua minggu tidak dipenuhi, BOPI akan mengambil langkah selanjutnya.

“Rekomendasi ISL belum bisa diberikan. Alasannya, ISL belum memenuhi standar FIFA, AFC, dan UU SKN No. 3 tahun 2005. Untuk itu, kami memberikan waktu 2 minggu terhitung hari ini untuk melengkapi data,” kata Menpora, Rabu (18/2/2015).

Meskipun kick off ISL 2015 diundur, hal ini tidak akan mempengaruhi Jadwal Persib di AFC Cup 2015 begitu juga dengan Persipura. Laga AFC Cup 2015 antara Persib vs New Radiant akan digelar pada 25 Februari di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Semoga penundaan kick off ISL 2015 ini merupakan langkah yang tepat untuk lebih memperbaiki kualitas liga sepakbola tanah air sehingga bisa benar-benar profesional yang akan bermuara pada prestasi timnas Indonesia.

0 Response to "Kick Off ISL 2015 Resmi Diundur"

Post a Comment