Penerimaan CPNS 2015 Dimulai April

Adanya Moratorium CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di tahun ini hingga lima tahun kedepan, tidak lantas menutup penerimaan CPNS Tahun 2015. Pasalnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memastikan proses seleksi akan dimulai April ini dan Lowongan CPNS 2015 Hanya Untuk Posisi Tertentu.

Proses seleksi penerimaan CPNS 2015 dapat dipastikan akan digelar serentak di seluruh Instansi baik pusat maupun daerah mulai bulan April, sebagaimana diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Humas KemenPAN-RB Suwardi.

Pendaftaran Seleksi CPNS 2015

Proses pengajuan formasi CPNS 2015 sudah digelar dan sudah ada beberapa instansi baik pusat maupun daerah yang mengajukan formasi CPNS 2015. Namun, pengajuan tersebut akan dikaji terlebih dahulu dikarenakan instansi yang mengajukan formasi harus memenuhi lima kriteria yang sudah ditetapkan KemenPAN-RB.

Adapun lima kriteria yang wajib dipenuhi yaitu analisis jabatan, beban anggaran yang tidak melebihi 50 persen, beban jabatan, peta jabatan dan perencanaan daerah tersebut. Semua kriteria itu harus dipenuhi instansi pusat maupun daerah, jika syarat sudah terpenuhi proses rekrutmen CPNS dapat dilakukan.

Bagi instansi yang hanya memenuhi beberapa point dari kriteria tersebut bisa saja menggelar rekrutmen CPNS 2015. Apabila misalnya instansi itu kelebihan pegawai di posisi pejabat struktural tapi kekurangan di posisi yang tidak di moratorium yaitu tenaga pendidik dan kesehatan, maka itu memang harus ada pegadaan baru.

Sementara untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) yang kekurangan pegawai, pihak KemenPAN-RB memintanya untuk bersinergi dengan pemprov dan pemkot/pemkab setempat. Jangan kekurangan pegawai lantas minta pengadaan CPNS, bisa saja di pemda lain ada kelebihan pegawai yang bisa dimaksimalkan di DOB tersebut.

Proses Rekrutmen CPNS 2015

  • Januari – Maret : Pengajuan formasi CPNS 2015 Instansi pusat maupun daerah ke KemenPAN-RB dengan melampirkan 5 kriteria tersebut
  • April – Mei : Pengumuman pengadaan CPNS 2015 di instansi pusat maupun daerah, serta dilakukan proses pendaftaran
  • Juni – Juli : Proses seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) di seluruh Instansi baik pusat maupun daerah
  • Agustus – September : Proses pengumuman yang lulus seleksi CPNS 2015 di Instansi pusat maupun daerah

0 Response to "Penerimaan CPNS 2015 Dimulai April"

Post a Comment