Jadwal Simulasi CAT CPNS 2014

Tes CAT CPNS 2014. Sebagaimana diketahui, pemerintah dipastikan akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam proses seleksi penerimaan CPNS tahun 2014. Sistem CAT ini bisa dibilang hal baru dalam tes seleksi CPNS, karena itu tentu banyak calon pelamar CPNS yang masih bingung dan belum memahami dengan benar apa itu Tes model CAT. Untuk itu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah berencana untuk menyelenggarakan simulasi CAT CPNS 2014 di beberapa kota besar.

Tes CAT CPNS 2014


Sebelumnya, Kementerian PAN-RB telah menggelar simulasi CAT CPNS 2014 ini di acara Job Fair CPNS 2014 yang diadakan di Jakarta dan simulasi di Bogor. Di kedua acara tersebut terlihat begitu tinggi antusiasme para calon peserta seleksi CPNS untuk mengikutinya.

Adapun materi soal tes CPNS 2014 salah satunya adalah tes kompetensi dasar (TKD) yang terdiri dari 3 kelompok soal. Pertama, wawasan kebangsaan yang meliputi Pancasila, UU 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Kedua, karakteristik pribadi yang meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pelayanan dan lain-lain.

Ketiga, intelegensia umum yang meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir analitis.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengungkapkan, dari pengalaman simulasi sebelumnya banyak peserta yang tidak bisa memenuhi passing grade, padahal secara kumulatif nilainya tinggi.

Umumnya para peserta unggul pada salah satu kelompok soal, tetapi jatuh pada kelompok soal lain. “Ini harus menjadi perhatian. Usahakan agar masing-masing kelompok soal memenuhi passing grade dengan skor maksimal,” katanya,

Pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dilaksanakan pada Juli dan TKD dimulai pada Agustus 2014. Pendaftaran dilakukan secara online dengan sistem single entry. Untuk mekanisme pelaksanaan Tes CPNS 2014 akan mirip dengan UMPTN, dimana pelamar dapat memilih tiga pilihan jabatan pada satu instansi.

Selain itu, peryaratan pendaftaran juga akan dipermudah yakni pendaftaran CPNS 2014 tidak perlu SKCK, kartu kuning dan surat keterangan sehat. Persyaratan administrasi tersebut baru diserahkan jika pelamar telah dinyatakan diterima menjadi CPNS.

Jadwal Simulasi Tes CAT CPNS 2014


  1. 3 – 4 Juli 2014 di Univesitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat. Pukul : 08.00 – 16.00 WIB
  2. 12 Juli 2014 di Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah. Pukul : 08.00 – 16.00 WIB
  3. 14 Juli 2014 di Universitas Mahendradatta Denpasar, Bali. Pukul : 08.00 – 16.00 WITA
  4. 16 Juli 2014 di Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur. Pukul : 08.00 – 16.00 WIB
  5. 18 Juli 2014 di Universitas Hasannudin Makassar, Sulawesi Selatan. Pukul : 08.00 – 16.00 WITA
  6. 22 Juli 2014 di Universitas Sumatera Utara Medan, Sumatera Utara. Pukul : 08.00 – 16.00 WIB

Dengan mencoba simulasi CAT CPNS 2014, diharapkan para calon peserta menjadi familiar ketika nantinya mengikuti tes CPNS. Calon peserta juga diharapkan bisa lebih berkonsentrasi dan mempelajari kisi-kisi yang akan diujikan dalam tes.

Karena simulasi CAT CPNS 2014 yang dilakukan KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini bekerja sama dengan JobsDB.com, maka bagi masyarakat yang akan mengikuti simulasi CAT diminta untuk mendaftarkan terlebih dahulu secara online melalui http://id.jobsdb.co.id/kampus.

Selain mengikuti simulasi CAT CPNS 2014, calon peserta juga bisa berlatih dan mendapatkan contoh soal CAT CPNS 2014 di www.daftarsoal.com

12 Responses to "Jadwal Simulasi CAT CPNS 2014"

  1. pengumuman pendaftarannya uda keluar belum gan?? di kota ane kok belum ada kabar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum gan, kalau menurut kemenpan sih pengumuman pendaftarannya akan dimulai pada juli minggu ketiga.

      Delete
  2. Semoga rmai yang ambil peluang untuk latihahan simulasi ini. adakah wajib jalani latihan simulasi ini kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak wajib tuan, hanya sebatasan himbauan saja

      Delete
  3. cara daftar jika ingin ikut simulasi gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang aja langsung ke tempat dimana simulasi itu diadakan, disana tanya dan ikuti prosedurnya.

      Delete
    2. Bagi masyarakat yang akan mengikuti simulasi CAT diminta untuk mendaftarkan terlebih dahulu secara online melalui http://id.jobsdb.co.id/kampus.

      Delete
  4. Kalau simulasi yang di semarang itu di undip pleburan atau di tembalang? Fakultas apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Gedung Pertemuan Prof Soedarto, Kampus Universitas Diponegoro (Undip)

      Delete
  5. Aditya Varuna PutraJuly 11, 2014 at 9:38 AM

    Simulasi CAT yang di UNAIR itu di fakultas apa ya? Di kampus A, B, C? Terima kasih

    ReplyDelete
  6. `Setelah daftar di situs itu.. mncul menunggu verifikasi...
    Cara verifikasinya gmna gan,..?? karena saya langsung masukkan ke sign in email dan pasword saya dinyatakan salah, hal ini karena belum verifikasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara verifikasinya: buka email sahabat yang dipakai daftar, lihat di kotak masuk atau spam, biasanya ada kiriman email verifikasi disana.

      Delete