Berbagi Beragam Info dan Tips

Jika Gunung Galunggung Meletus Lagi

Jika Gunung Galunggung Meletus Lagi
Berdasarkan hasil  pemeriksaan Tim Pos Pengamatan Gunung Api Galunggung Badan Geologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Tim PVMBG Bandung (16/2). Suhu air kawah Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya meningkat 2°C. Sebelumnya (8/2) suhu air danau di kawah itu 40°C, sehingga menjadi 42°C. Selain ada peningkatan suhu air, juga ada penambahan bualan-bualan air. Sebelumnya bualan di kawah baru ada dua bualan besar, sedangkan sejak Kamis (16/2) sudah bertambah lagi dua bualan besar, selain bualan-bualan kecil yang tidak terhitung.

Adanya peningkatan suhu air  kawah dan bualan-bualan itu disebabkan dari adanya peningkatan panas magma dan gas yang dihembuskan oleh panas magma di bawah kawah Gunung Galunggung yang meletus terakhir tahun 1982. Namun meski demikian status Gunung Galunggung masih Waspada (level II).

Sebagaimana yang dilansir okezone.com (14/2),  Kepala Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Jabar A Djumarma Wirakusumah mengatakan danau di kawah Gunung Galunggung terbentuk karena kubah lava yang ada sejak 1918 rusak akibat letusan tahun 1982.

Jika Gunung Galunggung meletus lagi, air danau kawah yang memiliki air 7,8 juta ton meter kubik itu akan mendidih karena dipanaskan lahar yang berada di bawahnya. Diperkirakan, lahar yang berada di sekitar danau mencapai 8,9 juta ton meter kubik akan panas.

Sehingga pasca letusan 1982, mulai dilakukan proses pengurangan air danau Gunung Galunggung. Caranya, dibuat terowongan air yang dibuang ke Sungai Cikunir.

Sungguh mengerikan jika membayangkan hal tersebut terjadi, namun itu semua hanyalah sebuah prediksi dan perkiraan dari hasil penelitian saja, yang mempunyai ketentuan hanyalah Allah SWT semata.

اِنَّ اللهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ
“Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala perkara”

Kita semua berdoa, semoga Galunggung tidak meletus kembali… aamiin.




Tag : info terkini
3 Komentar untuk "Jika Gunung Galunggung Meletus Lagi"

kabupaten tasikmalaya ni di mana ya?

kakyong ni kalo Indonesia ni susah nak pick up kerana terlampau luas kawasannya..

@kakyong
Kabupaten Tasikmalaya itu di Jawa Barat, agak ke sebelah selatan kota Bandung..

gunung ini punya cerita tersendiri kang karena saat meletus bertepatan dengan hari lahir sya

Back To Top