Hikmah Qurban

Hikmah Qurban
Qurban secara etimologi berasal dari kata bahasa Arab, yakni Qaraba, Yaqrabu, Qurban wa qurbanan wa qirbanan yang artinya dekat. Jadi, qurban berarti mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengerjakan sebagian perintah-Nya. Qurban dalam pengertian kita sehari-hari sebenarnya diambil dari kata udhhiyah yakni bentuk jama’ dari kata ”dhahiyyah” yaitu sembelihan pada waktu dhuha tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah.
Dengan demikian yang dimaksud dengan qurban adalah penyembelihan hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah pada hari raya Idul Adha dan tiga hari Tasyriq, yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.

Setiap ibadah dalam Islam tentu mengandung hikmah, adapun Hikmah Qurban adalah :

1. Bukti nyata bersyukur, “Supaya mereka menyebut nama Allah atas apa yang Allah rizkikan kepada mereka berupa binatang ternak….” (QS. Al Hajj : 34) 

2. Bukti sebagai hamba bertaqwa, “Daging dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya…” (QS. Al – Hajj : 37)

3.  Berhak beribadah kepada Allah, “Barang siapa yang mempunyai keluasan (harta) dan tidak mau berqurban, maka janganlah mendekati tempat shalat kami!” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Al Hakim, Ad Daruquthni dan Al Baihaqi) 

Hikmah Qurban

4.  Meraih ampunan dosa, ”Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan..." (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi) 

5.  Pahala besar, "Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan" (HR. Ahmad dan Ibnu Majah), 

6. Hewan qurban bersaksi, “Sesungguhnya ia (hewan qurban) akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban akan jatuh pada sebuah tempat didekat Allah sebelum darah mengalir menyentuh tanah. Maka berbahagialah jiwa dengannya". (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim). 


13 Responses to "Hikmah Qurban"

  1. wah..
    mantap nih sob infonya..
    saya tunggu yg lebih keren lagi sob...

    #Salam sukses dari saya

    ReplyDelete
  2. baru sempat nak berkunjung semula di blog bang dadan, seminggu sibuk dengan kerja luar... dah tukar template nampaknya bang dadan... tampak lebih menarik...

    semoga kita akan menggunakan peluang untuk melakukan ibadat qurban.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya pun begitu, belum bisa banyak blogwalking termasuk ke blog bro eizil...
      iya, namun sebetulnya templatenya masih sama dengan yang kemarin, cuma ada beberapa yang dirubah, dan ini pun masih belum final....terima kasih

      Insya Allah...semoga kita diberikan peluang....

      Delete
  3. kunjungan perdana..

    terimakasih telah share, semoga banyak yang melihat artikel ini, dan termotivasi untuk melakukan ibadah qurban..
    salam kenal..

    ReplyDelete
  4. Hari Raya Idul Adha sudah dekat Kang dadan...Oh ya kalau pas jumat kang dadan postingannya bertemakan agama terus ya Kang.
    Tempaltenya sudah dioprek kelihatan bagus kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tak salah tgl 26 Okt, iya Mas itu sudah komitmen saya pada hari Jumat ada postingan agama, semoga bisa berkekalan...insya Allah
      soal template, dalam tahap belajar ngoprek...hehehe

      Delete
  5. moga kita kerap dapat menaunaikan ibadah kurban dan mendapat hikmah dariNya.

    ReplyDelete
  6. semoga dapat di laksanakan oleh semua sebab kelebihannya sangat banyak

    ReplyDelete
  7. Dengan berkurban semoga amal dan ibadah kita diterima ya.Amin

    ReplyDelete
  8. wah ketinggalan Blogwalkingnya sob :(

    ReplyDelete
  9. Nah ini nih yang ane cari :D makasih udah di share :D

    #Salam Blogger

    ReplyDelete