Home » » Penerimaan Calon Tamtama PK TNI AD TA 2013

Penerimaan Calon Tamtama PK TNI AD TA 2013


Penerimaan prajurit Tamtama PK sebagai bagian dari penyediaan prajurit , dilaksanakan melalui penerimaan dari warga negara yang secara sukarela ingin mengabdikan dirinya menjadi prajurit Tamtama PK TNI AD melalui tahap pendaftaran, penelitian persyaratan, pemanggilan, pengujian dan pemilihan sampai diangkat menjadi prajurit siswa. Penerimaan prajurit Tamtama PK TA 2013 dibagi menjadi 2 Gelombang.
Tamtama PK TNI AD
Persyaratan Calon Tamtama AD TA 2013

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.
  4. Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 29 April 2013 untuk Gelombang I dan 25 November 2013 untuk Gelombang II.
  5. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.
  6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  7. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri (dilengkapi saat calon mengikuti pemeriksaan Psikologi).

PERSYARATAN LAIN

  1. Pria bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI
  2. Lulusan minimal SMP / Tsanawiyah atau yang setara baik negeri atau swasta yang disamakan/terakreditasi.
  3. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama dan 2 tahun setelah diangkat menjadi prajurit.
  4. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 Cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  5. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 7 tahun.
  6. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  7. Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/Kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003). Surat persetujuan orang tua yang menggunakan perwalian dapat ditetapkan oleh kecamatan setempat.
  8. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.:
           - Administrasi.
           - Kesehatan.
           - Jasmani.
           - Wawancara.
           - Psikologi.

PERSYARATAN TAMBAHAN

  1. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.
  2. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
  3. Bagi yang sudah bekerja : (a) Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/jawatan/Instansi yang bersangkutan. (b) Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Tamtama PK TNI AD.
  4. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.

Lokasi Pendaftaran Calon Tamtama PK 

1 Kodam I/BB

  • Panda Medan, Jl. Binjai Km 7.5 Medan Telp. 061-8451300
  • Sub Panda Siantar, Jl. Asahan Km 3.5 Pematang Siantar Telp. 0622-7550071
  • Sub Panda Padang, Jl. Samudera No 1 Padang Telp. 0751-23365
  • Sub Panda P. Baru, Jl. Perwira No. 1 Pekanbaru Riau Telp. 0761-33031
  • Sub Panda Sibolga, Jl. Datuk Hitam No. 1 Sibolga Telp. 0631-22805
  • Sub Panda Tanjung Pinang    

2 Kodam II/Swj

  • Panda Palembang, Jl. Urip Sumoharjo Palembang Telp. 0711-713868
  • Sub Panda Bengkulu, Jl. Pembangunan 3 Bengkulu Telp. 0736-21446
  • Sub Panda Jambi, Jl. Dr AK Gani No 3 Kel Pasar Jambi Telp. 0741-63053
  • Sub Panda Lampung, Jl. Teuku Umar 85 Bandar Lampung Telp. 0721-702074  

3 Kodam III/Slw

  • Panda Bandung, Jl. Boscha No. 4 Bandung Telp. 022-2038102
  • Sub Panda Cirebon, Jl. Brigjen Darsono Cirebon Telp. 0231-2022176
  • Sub Panda Serang, Jl. Maulana Yusuf No. 9 Serang Banten Telp. 0254-200726
  • Sub Panda Garut, Jl. Bratayudha 65 Garut Telp. 0262-232690
  • Sub Panda Bogor, Jl. Merdeka No. 64 Bogor Telp. 0251-323266  

4 Kodam IV/Dip

  • Panda SMA TN , Jl. Purworejo-Magelang Km 5, Magelang  Telp. 0293-364195, 364047
  • Panda Semarang, Jl. P. Kemerdekaan Watugong Semarang Telp. 074-7474738, 7472249
  • Sub Panda Purwokerto, Jl. Jendral Sutoyo No 2 Sawangan Purwokerto Telp. 0281-694925
  • Sub Panda Yogyakarta, Jl. Ring Road Barat Demak Ijo Yogyakarta Telp. 0274-562020
  • Sub Panda Surakarta, Jl. Adi Sucipto No 210 Manahan Surakarta Telp. 0271-719101  

5 Kodam V/Brw

  • Sub Panda Surabaya, Jl. A Yani Wonocolo Surabaya Telp. 031-324600
  • Sub Panda Malang, Jl. Belakang RSSA No 1 Malang Telp. 0341-324600
  • Sub Panda Madiun, Jl. Dr Sutomo No. 1 Madiun Telp. 0351-454377
  • Sub Panda Mojokerto, Jl. Veteran No 3 Mojokerto Telp. 0321-321900 

6 Kodam VI/Mlw

  • Panda Balikpapan, Jl. Jend Sudirman Balikpapan Telp. 0542-425342
  • Sub Panda Banjarmasin, Jl. Jend Sudirman No 7 Banjarmasin Telp. 0511-4366930
  • Sub Panda Samarinda  

7 Kodam VII/Wrb

  • Panda Makassar, Jl. Urip Sumoharjo KM 7 Makassar Telp. 0411-853108
  • Sub Panda Manado, Jl. A Yani 19 Sario Manado Telp. 0431-862011
  • Sub Panda Palu, Jl. Pramuka No 44 Palu Telp. 0451-421333
  • Sub Panda Kendari, Jl. Drs Abdullah Silondai 41 Kendari Telp. 0401-321444
  • Sub Panda Bone  
  • Sub Panda Pare-Pare    

8 Kodam IX/Udy

  • Panda Denpasar, Jl Sudirman Denpasar Telp. 0361-234758
  • Sub Panda NTB, Jl. Malomba Mataram Telp. 0370-632268
  • Sub Panda NTT, Jl. Lalamentik Kupang Telp. 0380-632268  

9 Kodam XII/Tpr

  • Panda Pontianak, Jl. Adisucipto km 6 Sei Raya Kab. Kubu Raya Pontianak Telp. 0561-723583
  • Sub Panda Palangkaraya, Jl. Imam Bonjol No 5 Palangkaraya Telp. 0536-3221300  

10 Kodam XVI/Ptm

  • Panda Ambon, Jl. A Yani Ambon Telp. 0911-352585
  • Sub Panda Ternate, Jl. Mononutu Ternate Telp. 0921-328006
  • Sub Panda Nambela/Tual, Kodim  
  • Sub Panda P. Buru, Kodim  
  • Sub Panda Tobelo, Kodim  
  • Sub Panda Labuha/Bacan, Kodim   

11 Kodam XVII/Cen

  • Panda Jayapura, Jl. Diponegoro Kel Gurabesi Jayapura Utara Telp. 0967-533854
  • Sub Panda Biak, Jl. Majapahit Biak Telp. 0981-21471
  • Sub Panda Sorong, Jl. Pramuka I Sorong Telp. 0951-331405
  • Sub Panda Merauke, Komp Kodim Folder, Jl Folder (Belakang Kel Maro) Merauke Telp. 0971-321707
  • Sub Panda Manokwari, Kodim  
  • Sub Panda Mimika, Kodim  
  • Sub Panda Fak Fak, Kodim  
  • Sub Panda Jayawijaya, Kodim  
  • Sub Panda Paniai, Kodim  
  • Sub Panda Serui, Kodim    

12 Panda Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jaktim Telp. 021-8090962

13 Kodam IM

  • Panda Banda Aceh, Jl. Nyak Adam Kamil II No B-1 Banda Aceh Telp. 0651-266786
  • Sub Panda Lhokseumawe

Jadwal Penerimaan Calon Tamtama AD

Gelombang I

  1. Pendaftaran : 14 s.d 25 Januari 2013
  2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 28 Januari s.d 19 April 2013 (Psikologi 4 - 6 Maret 2013). 
  3. Sidang Panitia Daerah : 24 s.d 25 April 2013
  4. Buka Pendidikan : 29 April 2013

Gelombang II

  1. Pendaftaran : 22 Juli s.d 16 Agustus 2013
  2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 19 Agustus s.d 15 November 2013 (Psikologi 30 September - 1 Oktober 2013). 
  3. Sidang Panitia Daerah : 20 s.d 21 November 2013
  4. Buka Pendidikan : 25 November 2013.

Materi Seleksi Penerimaan Calon Tamtama AD

Seleksi tingkat Daerah, dilaksanakan 1 tingkat oleh Panda/Subpanda dengan materi pemeriksaan/pengujian sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan administrasi
  2. Pemeriksaan kesehatan I dan II
  3. Pemeriksaan dan pengujian kesamaptaan jasmani (Garjas A, B, renang dan postur)
  4. Wawancara
  5. Pemeriksaan psikologi

Anda berminat? Segera daftarkan diri Anda di laman :
REKRUTMEN-TNI.ILMCI.COM

76 komentar:

  1. Catan merupakan pilihan banyak orang karena memang menantang disamping susahnya lowongan pekerjaan

    ReplyDelete
  2. kalo tgl 3 mei sudah 22 thn bisa masuk gel II g min??

    ReplyDelete
  3. aslm, selamat siang bapak / ibu.. sebelumnya saya mohon maaf..
    saya mau bertanya untuk kejelasan masalah umur saya, genap tanggal 11 februari 2013, umur saya sudah 22 tahun, apakah saya masi bisa atau layak untuk mengikuti pendaftaran gelombang ke II pada tanggal 22 Juli s.d 16 Agustus 2013.
    mohon kejelasan dari bapak/ibu..
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa pada poin 4 persyaratan umum sudah jelas.

      "Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 29 April 2013 untuk Gelombang I dan 25 November 2013 untuk Gelombang II"

      Jadi, maaf sahabat whine lenk sudah tidak layak lagi mengikuti pendaftaran gel II.

      Delete
  4. maaf pa ijin bertnya ,untuk pendftaran bintara kodam III kpan ? trimksh

    ReplyDelete
  5. maaf pak mau tanya pada tanggal 29 april pendaftaran di buka di semua wilayah tersebut ya??? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Gelombang II bukan tanggal 29 April tapi seperti yang tertera diatas yaitu 22 Juli s.d 16 Agustus 2013(serentak di semua Lokasi Pendaftaran Calon Tamtama PK)

      Delete
    2. umur saya 17 tahun , apa bisa mengikuti pendaftaran tamtama pak?

      Delete
    3. kalau umur 21 masih bisa gak pak

      Delete
    4. helmipaulinus@yahoo.co.idNovember 22, 2013 at 8:49 PM

      selamat malam kang dadang maaf mengganggu waktu ny,saya ingin bertanya, apakah bisa menjadi prajurit TNI bila gigi depan saya kurang rapi(agak jarang) dan satu gigi taring saya patah ?

      Delete
  6. ingin tanya mas , untuk tes kesehatan . Bagaimana kalo renangnya ga bsa ? Msh bisa lulus atau tdk ?

    ReplyDelete
  7. mhon mf pak saya mau ijin bertanya bagaimna jika pada waktu kesehatan gigi depan saya rusak/bolong apakah massih bisa masuk pak?
    trmksih...

    ReplyDelete
  8. TUHAN BANTU SAYA UNTUK BISA MENJADI BAGIAN DARI AD INI,KRN AD LA CITA2 DALAM HIDUP SAYA..
    SAYA MINTA TOLONG DENGAN SEPENUH HATI KEPADA BAPAK/IBU,ABANG2 SENIOR UNTUK MEMBERIKAN BELAS KASIHANYA UNTUK MEMBANTU SAYA MENJDAI ANGGOTA AD,KARNA SAYA KELUARGA DARI YANG TIDAK MAMPU.
    TRIMAH KASIH.. FRANCIUS MANURUNG

    ReplyDelete
  9. masalah usia , jika tidak lebih dari 22 thn itu msh bisa dipercalonkan dgn syarat SKHUN tingkat SMA atau setingkat hrus besar nilainya sekurangnya 8.00 untk semua mata plajaran , kecuali menginjak usia 23thn . Tpi ingat, yg usianya 22thn krna persyaratan umurnya trtinggi ya otomatis tes fisik dan kesehatannya akan berbeda.
    Dan masalah gigi kalo depan yg rusak jelas tidak diperbolehkan dipercalonkan , Kecuali di bagian blakang karna mash bisa diperbaiki di dokter gigi.

    ReplyDelete
  10. kalau ada uang 100jt apakah cukup untuk mengurus aministrasi ya?

    ReplyDelete
  11. asslmualaikm wr.wb!
    Sbelum nya sya minta ma'af bpak/ibuk. Dengan masalah kejelasan umur .saya berumur 21thn. 2014 bulan maret tahun bsok sya sudah brumur 22thn. Apakah saya layak ikut pendaftaran di gelombng ke 2 pd tnggl 22 juli s/d 16 agusts 2013 ini pak/ibuk.
    Mohon penjelasan nya .
    Trimakasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arirama Doni, Anda layak ikut pendaftaran gelombng ke 2

      Delete
    2. maaf kalo misalnya juni tanggal 29 2013 itu kan saya berumur 22 tahun apakah saya juga layak mengikuti pendaftaran

      Delete
    3. maaf kalo misalnya juni tanggal 29 2013 itu kan saya berumur 22 tahun apakah saya juga layak mengikuti pendaftaran

      Delete
  12. assalamu'alaikum kalau msuk TNI itu bebas atau tdk jurusannya Kayak IPA, IPS, dan bahasa ?
    kalau akmil apa jurusannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sich bebas, namun terkadang juga ditentukan jurusannya...

      Delete
  13. Pak kalau tes fisik hanya Pull up yang kurang sempurna g mna?...
    Saya msih kelas 1 SMA ini trus mau nnya jurusan yang ssuai buat akmil dan tamtama TNI?

    ReplyDelete
  14. pak, apabila mendaftar caba tni al menggunakan surat keterangan bahwa saya siswa SMK trdaftr sbagai psrta UAN apa boleh, trus misalkan memakai Surat kelulusan dr sekolah boleh ap tidak??
    minta petunjuknya ya pak, trimakasih.

    ReplyDelete
  15. asslmualaikm wr.wb!

    Sbelum nya sya minta ma'af bpak/ibuk. Dengan masalah kejelasan umur .saya berumur 22thn. bulan september bsok sya sudah brumur 23thn. Apakah saya layak ikut pendaftaran di gelombng ke 2 pd tnggl 22 juli s/d 16 agusts 2013 ini pak/ibuk.
    Mohon penjelasan nya .

    Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam wr. wb
      Maaf mas Cika, sudah tak layak

      Delete
    2. asalamualaikum lo le taxak apa kah bisa pak umur q 21 tahun bulan maret tahun dpat 22 apakah bisa masuk gelombang 2 pak demikian mkcih wasalam

      Delete
  16. mau tanya pak...
    persyaratan khususnya apa..??
    kalau daftar tamtama ad

    ReplyDelete
  17. asslmualaikm wr.wb!

    Ma'af pak saya mau nanya Penerimaan Bintara kapan ya pak.....



    ReplyDelete
  18. asslmualaikm wr.wb!

    Ma'af pak saya mau nanya Penerimaan Bintara kapan ya pak.....


    rizonelektro@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penerimaan bintara AD belum ada beritanya mas

      Delete
  19. gan saya mau tanya nih, tentang data-data administrasi yang akan dibawa? tlong dibantu yea gan ditunggu yea...

    ReplyDelete
  20. gan saya mau tanya nih, tentang data-data administrasi yang akan dibawa? tlong dibantu yea gan ditunggu yea...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Administrasi yang perlu dibawa diantaranya :
      1. Akte Kelahiran
      2. KTP calon dan KTP orangtua/wali
      3. Kartu Keluarga (KK)
      4. STTB SD, SLTP, SLTA sederajat berikut daftar NEM/UAN dan masing-masing di fotokopi satu lembar
      5. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 cm dua lembar, 3 x 4 cm satu lembar

      Delete
    2. apa itu perlu di ligalisir????

      Delete
  21. Kang sya sdah bkrja d slhstu prus BUMN tp sya ttp pengen daftar lagi krna dlu saya krang tinggi pas masih 165 cm. Tp kalo dari prushaan tmpt sya bkerja itu ga ada ijinnya nantinya masalah ga tuh..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tentu jadi masalah. Apalagi kalau Anda dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan TNI nanti. Masalahnya Anda harus memilih antara BUMN atau TNI

      Delete
  22. pak saya mau tanya kalau mempergunakan ijasah diploma III batas usianya sampai dengan berapa ya ?

    ReplyDelete
  23. umur saya 17 tahun , apa bisa mencoba tamtama gelombang kedua ?

    ReplyDelete
  24. umur saya 17 tahun , lahir tgl 23 bln 1
    apa sudah bisa mencoba tamtama gelombang kedua?

    ReplyDelete

  25. asslmualaikm wr.wb!
    .
    Bapak/ibu kalu saya daftar jadi anggota TNI tapi saya masih sekolah tahun 2013 ini saya sudah tamat apakah saya bisa mendaftar dan.
    Dan kapan ada pendaftaran TNI gelombang 1 atau 2 dan pada tanggal berapa saya bisa daftar

    ReplyDelete
  26. mohon maaf bapak/ibu, saya mau nanya kalau administrasi maksud nya gimana ??
    Apa kami harus membayar jumlah tertentu ??

    ReplyDelete
  27. maaf pak sebelumnya saya mau tanya ..
    pendaftaran CABA dibuka tanggal berapa??? mohon infonya dengan jelass

    email. ihya.ulumiddin@ymail.com

    ReplyDelete
  28. mohon maaf sebelumnya pak,,,
    saya mau bertanya perbeda'an antara CATAM dengan CABA itu apa?
    .mohon di balas,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. CATAM = Calon Tamtama dengan pangkat pertama Prada (Prajurit Dua)
      CABA = Calon Bintara dengan pangkat pertama Serda (Sersan Dua)

      CATAM berada di bawah CABA

      Delete
  29. Pak mau tanya, yg bener untuk tinggi bdan tih 165 ap 163? Soalnya taun maren tgi sya 164cm pak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tpi pak waktu pnerimaan 2012 kmaren untuk caba maupun cata harus memenuhi minimal 165cm pak? Saya daftar wlayah jakarta, ap untuk taun ini bneran 163cm minimal?

      Delete
    2. pak,saya mau nanya tantama tni ad gel 2 untuk wilayah aceh,berapa prajurit yang dibutuhkan?

      Delete
    3. kalau untuk ijazah S1, baiknya ikut TNI yang mana pak . . . .

      Delete
  30. Maap pak untuk pembukaan dan penutupan TNI SECABA TNI AD tgl brapa.? Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  31. Maap pak untuk pembukaan dan penutupan TNI SECABA TNI AD tgl brapa.? Mohon bantuannya.
    Untuk kodim II lampung. Mohon bantuannya dari bapak.

    ReplyDelete
  32. emng betul penerimaan catam y dh dbka pak hari ne
    mohon info ya

    ReplyDelete
  33. mhon mf pak saya mau ijin
    bertanya bagaimna jika pada
    waktu kesehatan gigi depan saya renggang, apa msih bleh untk mengikuti pndaftaraan pak.,

    ReplyDelete
  34. maaf saya ingin bertanya,, kalau gigi geraham sudah hilang satu gimana?
    apa masih layak,,

    ReplyDelete
  35. maaf saya ingin bertanya,, kalau gigi geraham sudah hilang satu gimana?
    apa masih layak,,

    ReplyDelete
  36. untu pndftran di panda aceh kpn ya kang... rudi

    ReplyDelete
  37. Syarat administrasi caba TNI-AD apa saja pak? Trmakash

    ReplyDelete
  38. saya maw bertanya pak. aku ini baru tamat smk tahun ini usia saya 18 tahun tapi saya belum terimah ijazah dari sekolah saya , apakah saya bisa menggunakan skhun sementara untuk mendaftar tamtama ad pada tgl 22 juli-16 agustus ini ? terima kasih

    ReplyDelete
  39. ini lagi pak yang saya maw tanyakan. tinggi badan saya pak adalah 172 cm dan berat badan saya 65 kg. apakah sudah cocok untuk pendaftaran tamtama gelombang ke 2 ini.?
    kemudian gigi saya ada 3 bermasalah di belakang tpi sudah saya cabut 2 trus saya tambal 1.
    mohon penjelasannya pak. terima kasih.

    ReplyDelete
  40. pak,saya mau bertanya..apakah tantama tni ad ni gak bergantung dgn byknya uang?

    ReplyDelete
  41. cinta persaratan adminya apa ajhha ya

    ReplyDelete
  42. maaf mau tanya bang, kalau pendFTrN ONLINENYA kapan ya bang???

    ReplyDelete
  43. KODAM I/BB UDAH BUKA BLUM PAK !

    ReplyDelete
  44. assalammualaikum pak ,mau ny . Begas sobek di daun telinga mash bsa gk

    ReplyDelete
  45. pak maaf saya mau tanya klo pendaftaran tahun 2014 .
    tangal brp ya..

    ReplyDelete
  46. assalamualaikum.wrr.wbb.
    permisi mau nayak pk? klo' gk bsa renang bsa gk kt lolos msuk anggota tni?

    ReplyDelete
  47. Maaf pak mw tnya
    Pendaftaran TNI AD thun 2014 kpan pak ? Mhon informasinya
    Trimakasih

    ReplyDelete
  48. mau tanya kl tes ke 2
    itu persyaratannya apasaja ya pak?
    soalnya sy lihat di web tdk bisa

    ReplyDelete
  49. saya ingin menjadi TNI AD
    nama : M.SIRAJUDDIn
    ijazah : S1
    Tinggi : 172
    Berat : 65

    kemampuan
    pus up : 35
    restok : 12
    set up :25
    renang : 25m (2,45)

    Jika ada yang bisa memberi saya jalan
    Hub : 08175179366

    ReplyDelete
  50. maaf mengganggu waktu nya kang dadang, saya ingin bertanya, apakah masih bisa menjadi prajurit TNI bila gigi depan saya kurang rapi (agak jarang) dan satu gigi taring saya patah ? terimakasih kang dadang

    ReplyDelete
  51. Kalo skhu smp hilang msh bisa daftar gak ?

    ReplyDelete