Pengumuman Pendaftaran Taruna AAU 2014

PENGUMUMAN PENDAFTARAN TARUNA AKADEMI ANGKATAN UDARA (AAU) TAHUN 2014

Pendaftaran Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU). Setelah penerimaan Tamtama dan Bintara, kini TNI Angkatan Udara membuka kesempatan kepada pemuda/pemudi Indonesia untuk menjadi Perwira melalui Akademi Angkatan Udara, pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 30 April 2014.

Kegiatan tersebut merupakan program pembangunan kekuatan dibidang personel guna memenuhi kebutuhan perwira yang disiapkan untuk mengawaki organisasi TNI AU.

Pengumuman Pendaftaran Taruna AAU

1. Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia.
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • Usia pada saat pembukaan pendidikan tanggal 1 Agustus 2014 serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun.
  • Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh POLRI.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

2. Persyaratan Khusus

  • Pria/Wanita dan bukan berstatus TNI/Polri dan PNS.
  • Lulusan SMA jurusan IPA.
  • Ketentuan SKHUN: 
  1. Tahun 2009, nilai rata-rata akumulatif untuk 10 mata pelajaran yang terdiri dari 6 mata pelajaran UAN dan 4 mata pelajaran UAS (pendidikan agama, PKN, sejarah dan teknik informatika) adalah 7, dari 10 mata pelajaran tersebut hanya diperbolehkan 1 mata pelajaran yang nilainya di bawah 6 dengan batas bawah 5,5.
  2. Tahun 2010, nilai rata-rata akumulatif untuk 10 mata pelajaran yang terdiri dari 6 mata pelajaran Ujian Akhir Nasional (UAN) dan 4 mata pelajaran Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang terdiri atas Pendidikan Agama, PKN, Sejarah dan Teknik Informatika adalah 7, dari 10 mata pelajaran tersebut hanya diperbolehkan 1 mata pelajaran UAN yang nilainya dibawah 6 dengan batas bawah 5,4.
  3. Tahun 2011 dan 2012, dengan ketentuan nilai akhir gabungan nilai UN dengan nilai UAS, nilai akhir rata-rata minimal 7,25 dan tidak ada nilai dibawah 6,00 (pada kolom nilai sekolah, nilai UN dan nilai akhir).
  4. Lulusan SMA IPA tahun 2013 nilai akhir (Gabungan nilai ujian nasional dengan nilai ujian sekolah) rata-rata minimal 6,87 dengan catatan nilai akhir mata pelajaran Matematika tidak kurang dari 6.
  5. Tahun 2014 akan ditentukan kemudian.
  6. SKHUN tersebut disertai dengan daftar nilai kolektif.
  • Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam masa pendidikan.
  • Mempunyai tinggi badan minimal 165 cm bagi Pria dan 160 cm bagi Wanita serta memiliki berat badan yang seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  • Bersedia melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI AU dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Harus ada persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 tahun.
  • Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan, maka persyaratan administrasi lainnya harus disertai dengan:
  1. Surat persetujuan dari Kepala Jawatan yang bersangkutan.
  2. Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima menjadi Taruna/Taruni Akademi Angkatan Udara.
  • Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian yang meliputi :
  1. Administrasi
  2. Screening Pom
  3. Kesehatan umum dan jiwa
  4. Kesamaptaan jasmani (samapta A dan B, renang serta postur)
  5. Penelitian personel
  6. Psikologi
  7. Akademis
  • Bagi orang tua/wali bersedia menandatangani surat pernyataan tidak melakukan penyuapan/kolusi kepada pihak manapun (bermaterai).

3. Pendaftaran

  • Mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 30 April 2014
  • Cara Pendafataran : pendaftaran dengan menggunakan sistem online di website: http://rekrutmen-tni.ilmci.com/, kemudian calon datang sendiri melaksanakan daftar ulang sesuai rayon (daerah/tempat kelulusan pendidikan sekolah terakhir), dengan membawa dokumen asli dan menyerahkan berkas foto kopi masing-masing 2 (dua) lembar untuk keperluan validasi pendaftaran berupa:
  1. Foto kopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir yang sudah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
  2. Foto kopi ijazah terakhir sesuai persyaratan, sudah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 59 Tahun 2008, bagi yang belum lulus sekolah agar melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah yang menerangkan bahwa pelamar masih duduk di kelas III (tiga) SMA.
  3. Foto kopi KTP calon dan foto kopi KTP orang tua/wali yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
  4. Pas foto hitam putih ukuran 4 X 6 sebanyak 2 lembar.
  5. Membawa prin out pendaftaran secara online (apabila pendaftaran online tidak dapat langsung datang ketempat pendaftaran)

4. Tempat Pendaftaran (Panitia daerah/Panda)

  • Lanud Halim Perdana Kusuma di Jakarta, tempat pendaftaran Taruna dan Taruni meliputi daerah: Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Lampung, Depok, Bekasi, Karawang, Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. 
  • Lanud Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Bandung, Sumedang, Garut, Purwakarta, Subang, dan Cirebon.
  • Lanud Adisutjipto di Daerah Istimewa Yogyakarta tempat pendaftaran Taruna dan Taruni meliputi daerah: Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.
  • Lanud Iswahyudi di Madiun, Jawa Timur tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulung Agung, Kediri, Nganjuk, Bojonegoro, dan Jombang.
  • Lanud Surabaya di Surabaya, Jawa Timur tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Malang, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Blitar, Surabaya, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, dan Mojokerto. 
  • Lanud Sultan Iskandar Muda di Nanggroe Aceh Darussalam tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
  • Lanud Suwondo di Medan, Sumatra Utara tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Provinsi Sumatra Utara.
  • Lanud Padang di Padang, Sumatra Barat tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Bengkulu, dan Provinsi Jambi.
  • Lanud Roesmin Noerjadin di Pekanbaru, Riau tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatra Selatan. 
  • Lanud Supadio di Pontianak, Kalimantan Barat tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Provinsi di seluruh wilayah kalimantan. 
  • Lanud Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan tempat pendaftaran Taruna dan Taruni meliputi daerah: Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo, Provinsi Maluku.
  • Lanud El Tari di Kupang, Nusa Tenggara Timur tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Provinsi Nusa Tenggara Timur.
  • Lanud Ngurah Rai di Denpasar, Bali tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Provinsi Bali, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 
  • Lanud Jayapura di Jayapura, Papua tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Provinsi Papua, dan Provinsi Papua Barat.
  • Lanud Manuhua di Biak, Papua tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Propinsi Papua, dan Provinsi Papua Barat.
  • Lanud Merauke di Merauke, Papua tempat pendaftaran Taruna meliputi daerah: Propinsi Papua, dan Provinsi Papua Barat.
  • Lanud Timika di Timika, Papua tempat pendataran Taruna meliputi daerah: Propinsi Papua, dan Provinsi Papua Barat.
  • SMA Taruna Nusantara Magelang tempat pendaftaran Taruna dan Taruni.
  • SMA Terpadu Krida Nusantara Bandung tempat pendaftaran Taruna dan Taruni.
  • Bagi calon Taruni khusus mantan Paskibraka tingkat nasional dapat mendaftar di lanud terdekat (sesuai panda no. 1 s.d 17 tersebut diatas).

5. Pemanggilan

Para pelamar yang dipanggil, pada saat menghadap di tempat pendaftaran setempat harus membawa serta:
  • Surat pendaftaran
  • Surat lamaran (bermaterai) yang ditulis tangan sendiri tidak boleh ditulis orang lain dan menggunakan tinta warna biru, ditujukan kepada : 

Kepala Staf Angkatan Udara
u.p. Kepala Dinas Administrasi Personel
Cilangkap
Jakarta Timur

  • Akte kelahiran/surat kenal lahir dari pejabat yang berwenang. 
  • Daftar riwayat hidup yang ditulis tangan sendiri (formulir dinas). 
  • Membawa semua ijazah asli dan foto kopi mulai SD sampai sekolah menengah terakhir dan SKHUN, khusus untuk foto kopi ijazah pendidikan dan SKHUN harus sudah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 59 Tahun 2008. Melampirkan foto kopi daftar nilai kolektif yang telah dilegalisasi dan buku raport asli serta foto kopi raport kelas tiga. 
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Kapolres setempat yang berlaku selambat-lambatnya sampai dengan tanggal 1 Agustus 2014. 
  • Surat persetujuan/Ijin orang tua/wali yang diketahui oleh kepala desa/lurah setempat. 
  • Surat pernyataan belum pernah menikah dan kesanggupan tidak akan menikah selama dalam pendidikan pertama TNI dan pendidikan dasar golongan. 
  • Surat pernyataan kesanggupan ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Indonesia yang diketahui oleh orang tua/wali serta kepala desa/lurah setempat. 
  • Surat persetujuan/Ijin dari kepala jawatan/instansi bagi mereka yang sudah bekerja. 
  • Kartu keluarga orang tua dan wali (bagi yang memakai wali).
  • Surat Pernyataan tidak kolusi yang ditanda tangani oleh orang tua/wali (bermaterai).
  • Bagi yang masih duduk di kelas III SMA, agar melampirkan raport kelas I s/d III semester I serta membawa surat keterangan dari kepala sekolah bahwa calon adalah siswa kelas III yang terdaftar sebagai peserta Ujian Akhir Nasional.
  • Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 X 6 cm sebanyak 20 lembar, ukuran 2 X 3 cm sebanyak 16 lembar, tidak berkaca mata dan tutup kepala (negatif/klise cd dilampirkan).
  • Semua surat-surat tersebut di atas disiapkan masing-masing 6 (enam) lembar, 1 (satu) lembar asli dan 5 (lima) lembar foto kopi/salinan serta yang ditulis tangan menggunakan tinta biru.

6. Lain-lain

  • Selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pemeriksaan/pengujian, terhadap para calon Taruna/Taruni Akademi Angkatan Udara tidak dipungut biaya.
  • Tidak menerima calon yang melakukan perbaikan SKHUN dengan cara sudah lulus dari satu sekolah kemudian pindah dan ikut ujian di sekolah lain.

Demikian informasi Pengumuman Pendaftaran Taruna AAU Tahun 2014. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan Klik Disini dan untuk unduh pengumuman Klik Disini. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Pengumuman Pendaftaran Taruna AAU 2014"

  1. mohon ma'af sebelumya pak,
    apakah smk bisa daftar, jadi polri maupun polda,,
    karna d.atas tidak d,cantumkan,,

    mohon penjelasan nya ???

    ReplyDelete