KIAT ESEMKA DIMINATI PEJABAT


Mobil Nasional (Mobnas) - Kini menggeliat kembali setelah beberapa waktu kebelakang surut. Hal ini ditunjukkan dengan kemunculan mobil hasil karya siswa SMK Rajawali Solo yang dinamai mobil "KIAT ESEMKA". 

Boomingnya mobil KIAT ESEMKA ini dikarenakan hasil karya murni anak bangsa yaitu dibuat oleh siswa SMK Rajawali Solo dengan komposisi 80 persen komponen lokal dan hanya 20 persen komponen impor.

KIAT ESEMKA ini bermesin 1.51i dengan kapasitas 1500 cc yang didukung dengan multi point injection empat silinder. Dengan tenaga 105 horse power (hp) pada putaran mesin 5.500 rpm dengan torsi puncak hingga 145 nm di 4.100 rpm.

Meskipun KIAT ESEMKA sudah dinyatakan Laik Jalan oleh Kementerian Perhubungan dan telah banyak dipesan oleh para pejabat diantaranya anggota DPR RI Roy Suryo, Hendrawan Supratikno, dan beberapa pejabat di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2, bahkan telah digunakan sebagai mobil dinas oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, namun Esemka masih harus menjalani beberapa uji tipe dan emisi gas buang agar bisa segera mendapatkan sertifikasi laik jalan.

Lepas dari segala kekurangan KIAT ESEMKA, kita layak berbangga hati karena ditengah kondisi negara yang seperti "sekarang ini", masih ada generasi muda yang bisa menghasilkan karya yang bisa mengharumkan nama negara dimata dunia dengan karya teknologinya.

Semoga saja ke depannya banyak pemuda-pemudi bangsa ini yang bisa menghasilkan karya terbaik dan berkualitas bertaraf internasional di segala bidang. Semoga....

Sumber : dari berbagai media





4 Responses to "KIAT ESEMKA DIMINATI PEJABAT"

  1. indonesia semakin baru dlm bidang automotif, 20% saja komponen import.

    ReplyDelete
  2. @Denaihati
    iya DH, semoga aja ke depannya bisa lebih baik lagi...

    ReplyDelete
  3. Kita harus bangga dengan bangsa sendiri dan yang berkuasa jangan mempersulit kreatifitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul sob, birokrasi yang mudah akan memotivasi karya anak bangsa...

      Delete