Semifinal Euro 2012 : Jadwal Laga dan Profil Tim Peserta

Semifinal Euro 2012 akan digelar di dua tempat atau stadion, untuk laga semifinal pertama akan dilangsungkan di Stadion Donbass Arena, Donetsk tanggal 28 Juni 2012 pukul 01.45 WIB yang akan mempertemukan Portugal vs Spanyol. Dan laga semifinal kedua di National Stadium Warsaw, Warsaw pada tanggal 29 Juni 2012 pukul 01.45 WIB mempertemukan Jerman vs Italia.

Laga Semifinal Euro 2012 ini akan sangat menarik banyak perhatian pecinta sepakbola di dunia, karena menampilkan 4 tim semifinalis yang merupakan raksasa sepakbola Eropa dengan pemain kelas dunia didalamnya.

Jadwal Laga Semi Final Euro 2012

Waktu
Pertandingan
Stadion



Kamis, 28 Juni 2012
Pukul 01.45 WIB
Portugal vs Spanyol
Donbass Arena, Donetsk



Jumat, 29 Juni 2012
Pukul 01.45 WIB
Jerman vs Italia
National Stadium Warsaw, Warsaw

Profil Tim Peserta Semifinal Euro 2012

1.  Portugal

Portugal  saat ini termasuk salah satu tim yang terkuat di dunia, dengan pemain-pemain kelas dunia semacam Cristiano Ronaldo, Nani Ricardo Carvalho dan Pepe.


Tim yang dijuluki Seleccao das Quinas di bawah asuhan Luis Felipe Scolari nyaris merengkuh tropi ajang sepakbola terakbar di Benua Biru, namun mereka akhirnya harus puas sebagai runner up Euro 2004.

Empat tahun berselang, di Euro 2008, prestasi Portugal tak sebaik 2004. Portugal hanya mampu melangkah sampai babak perempat final sebelum dikalahkan Jerman, dengan skor 3-2.

Di babak kualifikasi Euro 2012, dibawah asuhan Paulo Bento, Portugal harus menempuh jalur playoff setelah hanya bisa menjadi runner up grup H di bawah Denmark. Akhirnya mereka pun bisa lolos ke putaran final Euro 2012 Polandia-Ukraina setelah berhasil menggulingkan Bosnia-Herzegovina di partai playoff.

Selanjutnya di putaran final Euro 2012 di Polandia-Ukraina, Portugal tergabung dalam Grup ‘Neraka’ B bersama Belanda, Jerman dan Denmark. Nasib berkata lain Portugal akhirnya bisa lolos ke perempat final Euro 2012 sebagai runner up grup B dengan torehan 6 poin, hasil kalah dari Jerman (0-1), menang atas Denmark (3-2) dan berhasil menumbangkan Belanda (2-1).

Di perempat final Portugal harus berhadapan dengan juara grup A Rep. Ceko. Lagi-lagi dewi fortuna masih berpihak pada Portugal. Mereka berhasil menaklukan Rep. Ceko dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang Cristiano Ronaldo pada menit ke-79 berhasil membawa Portugal melenggang ke semifinal Euro 2012 dan akan menantang  Spanyol.

2.  Spanyol

Tim yang memiliki julukan La Furia Roja merupakan salah satu negara yang berisi talenta-talenta berbakat di dunia sepakbola, seperti Xavi Hernández,  Andrés Iniesta,  Cesc Fàbregas, Xabi Alonso,  David Silva, Juan Mata, Fernando Torres, dan yang lainnya. Kebangkitan sepakbola Spanyol disinyalir datang pada tahun 2008, setelah untuk kedua kalinya menjuarai kompetisi Euro. Hal ini bersamaan dengan munculnya kekuatan luar biasa tim Spanyol, yakni Barcelona dan Real Madrid yang sampai saat ini kedua tim memang digadang sebagai klub terbaik Eropa.


Menjadi juara berturut-turut Euro 2008 dan Piala Dunia 2010, Spanyol dianggap sebagai unggulan pertama peraih titel Juara Euro 2012. Tipe permainan yang khas dan sedikit banyak terinspirasi oleh tiki-taka Barcelona, membuat banyak pengamat memprediksi bahwa Spanyol bisa meraih juara. Bahkan dibawah asuhan Vicente Del Bosque, Spanyol meraih rekor sempurna dibabak kualifikasi dengan raihan 8 kali menang dari 8 laga. Dengan tambahan beberapa pemain muda berkualitas yang muncul, pilihan Del Bosque untuk memilih pemain pun semakin beragam dan membuat Spanyol sulit untuk dibendung.

Di putaran final Euro 2012, Spanyol tergabung di grup C bersama Italia, Irlandia dan Kroasia. Di babak penyisihan grup mereka tak memperoleh rintangan yang berarti dan berhasil melangkah ke perempat final sebagai juara grup dengan torehan poin 7, 7, hasil dari imbang (1-1) melawan Italia, menang (4-0) atas Irlandia dan menang (1-0) atas Kroasia.

Di babak perempat final Spanyol berhadapan dengan runner up grup D, Perancis. Mereka tak banyak menemui kesulitan yang berarti saat melawan Perancis, buktinya Spanyol berhasil menekuk Perancis dengan skor 2-0 berkat dua gol yang dicetak Xabi Alonso salah satunya dari titik penalti. Spanyol pun melenggang ke babak semifinal dan akan meladeni Portugal.

3.  Jerman

Tim Die Mannschaft atau juga Der Panzer dikenal sebagai kesebelasan spesialis turnamen. Tim ini dinilai memiliki napas panjang yang sangat dibutuhkan sebuah kesebelasan dalam keikutsertaan dalam kejuaraan yang berlangsung lama. Kerap, di awal turnamen, tim Jerman belum menunjukkan kemampuan terbaiknya. Namun, setelah dua-tiga pertandingan, tim ini menjadi sangat hebat dan menakutkan lawan-lawannya. Selain itu, tim Jerman juga dikenal dengan semangat juangnya yang pantang menyerah serta kekompakan timnya. Dalam setiap pertandingan yang dihadapinya, tim Jerman tak akan pernah menyerah sebelum peluit panjang berbunyi. Kerap pasukan Jerman ini mampu membalikkan keadaan di menit-menit terakhir.


Penampilan Jerman di Euro juga sangat baik, tiga trofi berhasil mereka dapatkan pada ajang ini, yaitu 1972,1980, dan 1996. Pada Euro 1996, Jerman berhasil mengalahkan Inggris pada babak final lewat gol Oliver Bierhoff pada perpanjangan waktu.

Pasukan Joachim Low saat ini bisa dibilang skuad terkuat yang berada di Euro 2012. Pengembangan pemain muda sejak tahun 2000-an berbuah hasil. Terlihat dari kapasitas Jerman pada Euro 2008 dan Piala Dunia 2010. Pada kala itu Jerman hanya kalah oleh Spanyol.

Jerman tercatat sebagai negara pertama yang lolos ke putaran final selain tuan rumah Polandia dan Ukraina di Euro 2012. Mereka tampil sempurna di babak kualifikasi dengan memenangkan setiap laga, dan mendapatkan poin lebih banyak dari tim lain yang mengikuti kualifikasi. Jerman mengakhiri babak kualifikasi dengan rekor 100 persen kemenangan berikut torehan 34 gol dan hanya 7 kali kebobolan.

Di babak penyisihan Grup ‘Neraka’ B Euro 2012, Jerman pun meraih rekor sempurna dengan melibas lawan-lawannya. Jerman lolos ke perempat final Euro 2012 menyandang gelar sebagai juara grup B dengan poin 9, hasil dari 3 kali kemenangan yaitu menang atas Portugal (1-0), Belanda (2-1) dan Denmark (2-1).

Di perempat final anak asuh Jerman mendapat perlawanan yang berarti dari Yunani, namun dengan kemampuan menyerang yang atraktif, mengandalkan determinasi, kekompakan tim dan semangat pantang menyerah akhirnya Jerman berhasil menundukkan Yunani dengan skor 4-2. Jerman pun melenggang ke semifinal dan akan melawan Italia.

4.  Italia 

Italia adalah negara sepakbola yang diperhitungkan di dunia. Prestasi tertinggi mereka tentu saja ketika menjuarai Piala Dunia 1934 dan 1938 secara berturut-turut, serta Piala Dunia 1982 dan 2006.


Tim yang dijuluki Gli Azzurri atau "si biru langit" prestasinya di arena Euro terbilang kurang memuaskan. Mereka baru sekali menjuarai ajang ini yaitu pada 1968. Pada saat itu, Italia melawan Yugoslavia di final.

Namun meskipun miskin prestasi di ajang Euro, Italia tetap harus diwaspadai. Semenjak dilatih Cesare Prandelli, Italia menunjukkan kapasitasnya sebagai kandidat Juara Euro 2012. Di babak kualifikasi perjalanan Italia sangatlah mulus, mereka tidak terkalahkan dan memastikan satu tiket ke putaran final Euro 2012 Ukraina-Polandia saat babak kualifikasi masih menyisakan dua pertandingan lagi. Selain itu Italia juga tercatat sebagai tim dengan pertahanan terbaik dari seluruh peserta kualifikasi dengan hanya 2 kali kebobolan.

Dibabak penyisihan grup Euro 2012, Italia tergabung di Grup C bersama Spanyol, Irlandia dan Kroasia. Italia berhasil lolos ke babak perempat final sebagai runner up grup C denganpoin 5, hasil dari bermain imbang (1-1) dengan Spanyol, imbang (1-1) dengan Kroasia dan menang (2-0) atas Irlandia di laga terakhir.

Dibabak perempat final Italia harus menghadapi Inggris, kedua tim bermain sama kuat (0-0) pada 90 menit waktu normal dan extra time, dan akhirnya Italia berhasil menyingkirkan Inggris lewat drama adu penalti dengan skor 4-2, Italia pun melangkah ke semifinal untuk menantang Jerman.

1 Response to "Semifinal Euro 2012 : Jadwal Laga dan Profil Tim Peserta"