Akhirnya Bisa Reset Sendiri Epson Stylus Photo R230

Akhirnya Bisa Reset Sendiri Epson Stylus Photo R230
Tadi malam printer Epson Stylus Photo R230 yang selama ini menjadi andalan Warnet Kecil saya kembali berulah alias blinking. Padahal saat itu lagi ramai-ramainya anak-anak yang minta dibuatkan print out tugas sekolahnya. Karena printernya ngadat, mereka pun bubar berbarengan dengan lepasnya income saya malam tadi. Tapi…tetap bersyukur, mungkin itu bukan rezeki saya. 

Setelah itu, saya pun menutup warnet dan mulai merencanakan untuk membawa printer Epson Stylus Photo R230 ke tempat service besok. Namun sebelum beranjak tidur saya sempat berpikir, kenapa tidak memperbaikinya sendiri? Kan lumayan dapat mengurangi pengeluaran yang cukup menguras isi dompet. Biasanya biaya untuk memperbaiki printer berkisar Rp. 100.000, dengan rincian Rp. 75.000 untuk membayar ke tukang service dan Rp. 25.000 untuk ongkos ojeg. Kemungkinan kalau  sekarang biayanya bisa naik, karena hampir semua harga pada naik.

Oleh karena itu, tadi subuh setelah shalat subuh saya langsung berselancar di internet, mencari-cari cara untuk memperbaiki printer Epson Stylus Photo R230 yang ngadat. Akhirnya dengan sedikit kesabaran dan ketelitian saya pun menemukan cara yang jitu dan simpel seperti berikut :

  1. Download dulu Software Resetter nya disini.
  2. Ekstrak dan install software tersebut 
  3. Setelah di install, hidup kan Printer
  4. Lalu jalankan programnya dan pilih seri printer yang digunakan
  5. Kemudian klik icon sscserve di system tray yang ada di pojok kanan taskbar
  6. Selanjutnya pilih Protection Counter, dan klik Reset Protection Counter. Kemudian matikan printer sebentar lalu hidupkan kembali.
  7. Selesai.
Alhamdulillah, saya Akhirnya Bisa Reset Sendiri Epson Stylus Photo R230 sekaligus mengurangi pengeluaran yang cukup lumayan besar menurut ukuran saya. Dan printer Epson Stylus Photo R230 pun siap beroperasi kembali.

18 Responses to "Akhirnya Bisa Reset Sendiri Epson Stylus Photo R230"

  1. Tahniah bang dadan kerana berjaya membaiki printer tersebut. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bro Eizil, printer pun berjalan dengan sempurna...

      Delete
  2. Sebuah pengalaman berharga tentunya Kang...
    Makasih banyak atas link dowloadnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bang, "pengalaman adalah guru yang terbaik"
      sama-sama bang...

      Delete
  3. Berbagi kata kata motivasi mas broo,
    h dari mereka di atasmu. Nikmati hidup bersama mereka di sampingmu. Jangan remehkan mereka di bawahmu.
    semoga bermanfaat salam kenal dan sukses selalu ya :D

    ReplyDelete
  4. tahniah juga bang dadan, bisa dijimatkan masa utk menghantar.

    ReplyDelete
  5. pengalaman mendewasakan kita
    banyak dh boleh jimat kat situ :)

    ReplyDelete
  6. minta bantuannya bos, punya reseter L110 bos

    ReplyDelete
  7. terima kasih banyak mas,udah di bikin mudah, plus bahasa indonesia ,jadinya saya yg ndeso di bikin mudah,semoga di mudahkan juga rezeki buat mas sekeluarga:)

    ReplyDelete
  8. selamat malam abang.................... mohon petunjuk untuk dowload free resetter printer epson stilus r230x,....... masalanya printer saya lampu lednya berkedip-kedip dan tidak bisa print sama skali, skali lg saya mohon petunjuknya abang,..... terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link downloadnya kan ada di atas (poin no 1). Selanjutnya ikuti saja langkah-langkah dari no 2 - 7. Insya Alloh printer epson stilus r230x akan bisa digunakan kembali.

      Delete
  9. mantap mas.... trima kasih banyak mas,,,, sangat membantu,,, sekrng peintr saya sudah mau jalan lgi mas,,, semoga tambah rezeki mas & sehat selalu,,,

    ReplyDelete
  10. mohon petunjuk kalau ada tulisan printer off,..padahal printer kondisi on,...lampu kedip2....harus gimana ? mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu biasa disebut blinking, kalau pengalaman saya sih...pertama coba dimatiin printernya lalu dinyalakan lagi, kalau masih begitu direset aja

      Delete