Kisi-kisi Materi Ujian CPNS 2013 Untuk Honorer K2 dan Umum

Ujian CPNS 2013 baik Honorer K2 maupun Umum akan digelar pada bulan September 2013 di 295 instansi pemerintah, sesuai dengan Daftar Lowongan CPNS 2013 Pusat dan Daerah. Akan tetapi ujian Honorer K2 dan Umum berbeda sistem, tentunya ini akan sedikit membingungkan peserta ujian.

Kisi-kisi Materi Ujian CPNS 2013

Sistem yang digunakan untuk ujian CPNS Honorer K2 yaitu sistem ujian tertulis menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Sedangkan untuk pelamar umum di 295 instansi pemerintah akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Kabarnya, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan mendahulukan ujian bagi Honorer K2.

Adapun Kisi-kisi Materi Ujian CPNS 2013 untuk Honorer K2 dan Umum yakni tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) sesuai kebutuhan jabatan.

Menurut Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Arizal, materi tes kompetensi dasar (TKD) terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Sementara kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional.

“Materi soal yang ada di sistem CAT merupakan hasil kerja Konsorsium Perguruan Tinggi ditambah tim ahli. Soalnya tidak sedikit tapi ada ribuan,”katanya.

1 Response to "Kisi-kisi Materi Ujian CPNS 2013 Untuk Honorer K2 dan Umum"