Pendaftaran Taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) TA 2014/2015

PENGUMUMAN
No. 074/DL.004/II/AMG-2014
TENTANG
PENERIMAAN TARUNA BARU
AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Pendaftaran Taruna AMG

Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Pada Tahun Akademik 2014/2015, AMG kembali memanggil putra putri terbaik dari seluruh Wilayah Republik Indonesia yang berminat untuk dididik menjadi ahli di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika atau instrumentasi.

Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), pada Tahun Akademik 2014/2015 menerima para pemuda/pemudi Warga Negara Indonesia untuk dididik menjadi Taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika dengan ketentuan sebagai berikut :

A. PROGRAM / JURUSAN

1. Program Diploma III, setara dengan tingkat ahli madya, dengan gelar Ahli Madya (A.Md)
  • Jurusan Meteorologi
  • Jurusan Klimatologi 
  • Jurusan Geofisika 
  • Jurusan Instrumentasi 
2. Program Diploma IV, setara dengan tingkat sarjana, dengan gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T)
  • Merupakan program lanjutan yang diperuntukkan bagi mereka yang telah menyelesaikan program Diploma III dengan indeks prestasi yang dipersyaratkan. 

B. PERSYARATAN CALON TARUNA

  1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak berkacamata. 
  2. Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2014 ( lahir setelah tanggal 31 Agustus 1991 sebelum tanggal 31 Agustus 1997). 
  3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan. 
  4. Bebas narkoba. 
  5. Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak atau Teknik Komputer dan Jaringan. 
  6. Lulusan SMK dengan kompetensi keahlian pada No. 5 tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi. Kompetensi keahlian selain tersebut pada no. 5 tidak akan diterima. 
  7. Nilai Kognitif untuk Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris di Klas XI semester 2 dan Klas XII semester 1 masing-masing minimal 70 (bukan hasil pembulatan atau hasil rata-rata). 
  8. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain. 
  9. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 156 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang. 
  10. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia 
  11. Syarat seorang calon dinyatakan diterima sebagai Taruna : 
  • Memenuhi seluruh persyaratan tersebut pada butir (A), 
  • Lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK, 
  • Mempunyai ijazah SMA/MA/SMK, 
  • Memenuhi Nilai Ambang Batas Test Kemampuan Dasar (TKD), 
  • Lulus Test Kemampuan Akademik (TKA), dan 
  • Lulus Test Kesehatan dan Wawancara. 

C. TATACARA PENDAFTARAN 

Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 5 Maret 2014 sampai dengan tanggal 20 April 2014 jam 15.00 wib melalui website Panitia PTB-AMG-2014 dengan prosedur sebagai berikut :
  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website Panitia PTB-AMG-2014 dengan alamat http://www.stmkg.ac.id
  2. Pendaftaran dapat dilakukan antara tanggal 5 Maret 2014 sampai dengan tanggal 20 April 2014. 
  3. Calon harus terlebih dahulu yakin memenuhi seluruh syarat butir (A). Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka calon tidak akan diterima sebagai taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun. 
  4. Sebelum melakukan pendaftaran secara online, persiapkan lebih dahulu alamat email yang masih berlaku dan file pasfoto berwarna dalam format jpg, dengan ukuran maksimum 500 KB. 
  5. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran secara on-line pada website tersebut diatas. Setelah mengisi seluruh data pendaftaran, calon akan menerima email. Selanjutnya bukalah email tersebut, dan klik pada link yang disediakan untuk memvalidasi pendaftaran anda. 
  6. Download Bukti Validasi dari web tersebut diatas. Nomor Pembayaran yang tercantum pada Bukti Validasi ini selanjutnya akan digunakan untuk pembayaran di Bank BNI. 
  7. Gunakan Nomor Pembayaran ini untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah). Pembayaran harus dilakukan melalui Teller di kantor Bank BNI dimanapun. (lihat menu Panduan Pembayaran). Biaya administrasi bank sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) ditanggung peserta yang bersangkutan.
  8. Setelah melakukan pembayaran di kantor Bank BNI, calon akan mendapatkan bukti setoran dari Bank BNI yang mencantumkan No. PIN. 
  9. Calon kembali membuka website Panitia PTB-AMG-2014. Pilih menu Cetak Kartu Tanda Peserta. Masukkan No. Pembayaran ( lihat no. 2 diatas) dan No. PIN yang tercantum pada bukti setoran Bank BNI, kemudian klik download. 
  10. Download Kartu Tanda Peserta ini harus dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 4 x 24 jam sejak pendaftaran, kecuali pengisian formulir pendaftaran dilakukan pada hari terakhir pendaftaran, maka download Kartu Tanda Peserta paling lambat dilakukan satu hari setelah pendaftaran. Apabila proses ini tidak dilakukan maka calon harus mengulang pengisian formulir dan uang pendaftaran yang sudah disetorkan tidak dapat diambil kembali. 
  11. Simpan dan cetaklah Kartu Tanda Peserta PTB-AMG-2014. Kartu Tanda Peserta ini harus dapat ditunjukkan pada waktu Test Kemampuan Dasar, Test Kemampuan Akademik dan pada waktu Pendaftaran Ulang apabila calon dinyatakan diterima sebagai Taruna.   

D. JENIS SELEKSI DAN WAKTU TEST
  • Test dibagi dalam tiga tahap : 
  1. Tahap I : Test Kemampuan Dasar (TKD)
  2. Tahap II : Test Kemampuan Akademik (TKA)
  3. Tahap III : Test Kesehatan dan Wawancara
  • Test Kemampuan Dasar (TKD) dilaksanakan di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara dengan sistim CAT (Computerized Assisted Test ). Calon diberikan kesempatan untuk memilih lokasi TKD di salah satu dari 12 (dua belas ) Kantor Regional BKN (http://www.bkn.go.id). Calon dapat memilih lokasi Test Kemampuan Dasar (TKD) pada waktu melakukan pendaftaran secara online. Kedua belas kota tersebut adalah : 
  1. Jogjakarta 
  2. Surabaya 
  3. Bandung 
  4. Makasar 
  5. Jakarta 
  6. Medan 
  7. Palembang 
  8. Banjarmasin 
  9. Jayapura 
  10. Denpasar 
  11. Manado 
  12. Pekanbaru 
  • Test Kemampuan Dasar (TKD) diselenggarakan satu kali untuk seorang calon sesuai jadwal yang ditentukan. Apabila calon tidak hadir pada tempat dan waktu yang ditentukan sesuai jadwal, maka calon yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri. Jadwal detil lokasi dan waktu Test Kemampuan Dasar (TKD) dapat dilihat pada tanggal 23 April 2014 melalui website Panitia PTB-AMG-2014. 
  • Test Kemampuan Akademik (TKA) terdiri atas Test Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris. Test Kemampuan Akademik hanya dapat diikuti oleh calon yang memenuhi nilai ambang batas TKD, sesuai Peraturan Menteri PAN-RB No. 35 Tahun 2013 (http://www.menpan.go.id). Calon diberikan kesempatan untuk memilih lokasi Test Kemampuan Akademik (TKA) di salah satu dari 19 (sembilan belas) Kantor Unit Pelaksanan Teknis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (UPT-BMKG, http://www.bmkg.go.id). Calon dapat memilih lokasi Test Kemampuan Akademik (TKA) pada waktu melakukan pendaftaran secara online. Kesembilan belas lokasi UPT-BMKG tersebut adalah:
  1. Stasiun Meteorologi Aceh
  2. Balai Besar MKG Wilayah I Medan 
  3. Stasiun Meteorologi Pekanbaru
  4. Stasiun Meteorologi Palembang 
  5. Akademi Meteorologi dan Geofisika, AMG, Tangerang 
  6. Stasiun Klimatologi Semarang 
  7. Stasiun Geofisika Jogjakarta 
  8. Stasiun Meteorologi Surabaya
  9. Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar 
  10. Stasiun Geofisika Kupang 
  11. Stasiun Meteorologi Pontianak
  12. Stasiun Meteorologi Banjarmasin 
  13. Stasiun Meteorologi Samarinda 
  14. Stasiun Meteorologi Palu
  15. Stasiun Geofisika Manado
  16. Balai Besar MKG Wilayah IV Makasar 
  17. Stasiun Geofisika Ambon
  18. Stasiun Meteorologi Sorong
  19. Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura

E. LAIN – LAIN
  1. Tidak diadakan surat menyurat antara calon taruna dengan Panitia PTB-AMG-2014. 
  2. Informasi pendaftaran, pengumuman kelulusan tiap tahap test, atau pengumuman lain berkaitan dengan proses penerimaan taruna baru dapat diakses melalui website PTB-AMG-2014 (http://www.stmkg.ac.id
  3. Biaya pendaftaran yang sudah disetorkan tidak dapat ditarik kembali untuk alasan apapun. 
  4. Keputusan Panitia PTB-AMG-2014 pada setiap tahapan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.  

Demikianlah informasi Pendaftaran Taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) TA 2014/2015. Semoga bermanfaat.

Pengumuman Hasil Tes TKD AMG 2014 Lihat Disini

Sudah dibuka : PENERIMAAN PENDAFTARAN TARUNA BARU STMKG TA 2015/2016 

15 Responses to "Pendaftaran Taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) TA 2014/2015"

  1. Terimakasih Infonya mas, sangat bermanfaat bagi yang ingin mendaftar taruna Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG)

    ReplyDelete
  2. yang stasiun meteorologi surabaya itu yang di juanda atau yang diperak?

    ReplyDelete
  3. sistem penerimaannya itu stiap tahun atau gimana ya?

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. AMG merupakan sekolah Ikatan Dinas, jadi biaya kuliahnya gratis 100% bahkan akan mendapatkan uang saku tunjangan ikatan dinas tiap bulan

      Delete
    2. kalau sajyakan dari jurusan ips, dan di atas persyaratannya memiliki nilai fisika lalu bagaimana dengan saya , apakah say masih dapat mendaftar

      Delete
  5. ass.
    mas kalau mencantumkan piagam, mislnya piagam osn dll ada pengaruhnya nggak?

    ReplyDelete
  6. untuk pendaftaran tahun sekarang 2015, pendaftaran tepatnya tanggal berapa? mohon di update selalu agar tidak ketinggalan informasi. terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Kenapa ada pembeda bedaan terhadap orang berkacamata?

    ReplyDelete
  8. kalau sajyakan dari jurusan ips, dan di atas persyaratannya memiliki nilai fisika lalu bagaimana dengan saya , apakah say masih dapat mendaftar

    ReplyDelete
  9. Aduhh, kelewatan pndaftarannya, hehe, thanks infonya gan. 2016 Release Date Car

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira tidak kelewatan, karena untuk tahun akademik 2015/2016 sudah dibuka pendaftarannya. Silahkan lihat disini : http://duniainfodantips.blogspot.com/2015/09/penerimaan-taruna-baru-stmkg-ta-20152016.html

      Delete
    2. Kalo nilai shun ngaruh gak min

      Delete