Latihan Soal CAT CPNS di bkn.go.id

Latihan Soal CAT CPNS di Situs www.bkn.go.id. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tengah menyelenggarakan Simulasi CAT CPNS 2014 di beberapa kota besar. Karena berbagai keterbatasan dan kendala simulasi penggunaan Computer Assisted Test (CAT) tersebut tidak terjangkau oleh para peminat kursi CPNS 2014 yang tinggal di daerah-daerah. Namun para calon pelamar CPNS 2014 di daerah tak perlu berkecil hati, sebab simulasi atau aplikasi latihan CAT CPNS 2014 kini bisa diunduh di website resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Aplikasi CAT CPNS di www.bkn.go.id

Download Aplikasi CAT CPNS

Simulasi CAT CPNS 2014 bisa dilakukan dengan duduk manis di rumah ataupun di warnet. Calon pelamar CPNS bisa melakukan latihan menggunakan CAT secara online, yakni dengan membuka dan download aplikasi CAT CPNS di situs resmi www.bkn.go.id.

Dalam tampilan simulasi CAT di www.bkn.go.id ini, soal-soal ujian yang disodorkan juga standar tes CPNS yang sesungguhnya. Terdapat 30 soal pilihan, dengan waktu yang dibatasi. Begitu selesai, skor atau nilai, bisa langsung diketahui.

Kepala Biro Hukum dan Informasi Komunikasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman menjelaskan, simulasi CAT yang bisa diakses secara online ini bertujuan agar sebanyak mungkin calon peserta tes bisa tahu model soal CAT lebih awal. Jika simulasi hanya dilakukan di beberapa kota saja dan jumlah pesertanya terbatas, maka itu dirasa tidak adil.

Latihan soal CAT CPNS ini penting agar calon peserta tes CPNS bisa lebih siap. Terlebih lagi, dari simulasi di beberapa kota, diketahui nilai peserta mayoritas masih jeblok. MenPAN-RB Azwar Abubakar menyebut, dari pengalaman simulasi yang sudah digelar sebelumnya, banyak peserta yang tidak bisa memenuhi passing grade, padahal secara kumulatif nilainya  tinggi. Umumnya, mereka unggul di salah satu kelompok soal, tetapi jatuh di kelompok soal lainnya.

“Memang hasil dari simulasi CAT itu rendah, tetapi belum kami analisis,” ujar Herman menambahkan. Dia menjelaskan simulasi CAT ini merupakan rangkaian dari sosialiasi tes CPNS 2014. Sekaligus menegaskan bahwa tes model LJK (lembar jawaban komputer) sudah ditinggalkan.

Pendaftaran CPNS 2014 akan dialaksanakan pada Juli ini dan TKD mulai Agustus 2014. Pendaftaran dilakukan secara online, dengan sistem single entry. Pelamar dapat memilih tiga pilihan jabatan pada satu instansi.

Adanya Latihan Soal CAT CPNS 2014 di www.bkn.go.id ini, diharapkan bisa digunakan semaksimal mungkin oleh para calon pelamar CPNS 2014 di seluruh Indonesia sehingga mereka sedikit banyak bisa mengetahui tes model CAT dan telah siap pada waktu seleksi CPNS.

1 Response to "Latihan Soal CAT CPNS di bkn.go.id"

  1. Lebih mudah ada latihan dari rumah saja dengan downloas saja. tak perlu keluar mungkin banyak masa dihabiskan.

    ReplyDelete