Info Pendaftaran SNMPTN 2015

SNMPTN 2015 – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SNMPTN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, selain seleksi mandiri dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi Negeri (SBMPTN).

Diadakannya SNMPTN tentunya tak lepas dari maksud dan tujuan. Adapun tujuan SNMPTN adalah:
  • Memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), termasuk Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri untuk memperoleh pendidikan tinggi;
  • Memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

SNMPTN 2015

Syarat, Ketentuan dan Pendaftaran SNMPTN 2015

Bagi siswa SMA dan sederajat yang ingin mengikuti SNMPTN 2015 harus memahami serta memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan sebelum dan pada saat melakukan pendaftaran.

Ketentuan Umum SNMPTN 2015
  1. Seleksi dilaksanakan melalui hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik.
  2. Sekolah harus mengirimkan data prestasi siswa (nilai rapor) kelas terakhir ke pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).
  3. Siswa yang berhak ikut seleksi adalah siswa yang miliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  4. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman (website) PTN yang dipilih.

Persyaratan Siswa Pelamar SNMPTN 2015
  1. Calon peserta SNMPTN harus sudah berada di kelas terakhir pada pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK) dan akan ikut UN 2015.
  2. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS.
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  4. Memenuhi syarat yang ditentukan masing-masing PTN.

Cara Pendaftaran SNMPTN 2015
  1. Siswa pendaftar harus melakukan pendaftaran dengan cara login ke http://snmptn.ac.id dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS.
  2. Siswa Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://snmptn.ac.id.
  4. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi
  1. Setiap Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  2. Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Siswa SMK/MAK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  5. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2015 dapat dilihat pada laman http://snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Jadwal SNMPTN 2015
  1. Pengisian dan Verifikasi PDSS : 22 Januari – 8 Maret 2015
  2. Pendaftaran SNMPTN : 13 Februari – 15 Maret 2015
  3. Proses Seleksi : 16 Maret – 8 Mei 2015
  4. Pengumuman Hasil Seleksi : 9 Mei 2015
  5. Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi : 9 Juni 2015 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2015)
Catatan :

Bagi sekolah dan/atau siswa pendaftar yang mengalami kesulitan akses internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di Plasa Telkom di seluruh Indonesia.

Demikianlah info Pendaftaran SNMPTN 2015. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi website http://snmptn.ac.id.

1 Response to "Info Pendaftaran SNMPTN 2015"