Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2016

Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun 2016Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) yang dulu bernama STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh PKN STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli-tenaga ahli di bidang keuangan negara dengan spesialisasi tertentu seperti Akuntansi, Perpajakan, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, dan Kepiutanglelangan.

Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2016

Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra-putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Politeknik Keuangan Negara STAN dengan pilihan program studi sebagai berikut :
  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  3. Program Studi Diploma I Pajak;
  4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
  5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  8. Program Studi Diploma III Pajak;
  9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai.

Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru PKN STAN 2016
  • Lulusan SMA/sederajat tahun 2015 dan sebelumnya atau calon lulusan tahun 2016.
  • Persyaratan Nilai (bukan hasil pembulatan):
  1. Untuk lulusan 2015 dan sebelumnya, nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00;
  2. Untuk calon lulusan 2016, nilai rata-rata rapor komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  • Usia tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2016.
  • Berbadan sehat dan bebas dari napza.
  • Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  • Khusus Prodi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat:
  1. Program Studi Diploma I: Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm dan perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
  2. Program Studi Diploma III: Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
  3. Tidak cacat badan;
  4. Tidak buta warna;
  5. Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus, plus dan/atau silindris dapat diberikan toleransi sampai ukuran 2 dioptri.
  • Menyetor biaya pendaftaran Ujian Saringan Masuk (USM) sebesar Rp 250.000 dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.

Tata Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru PKN STAN 2016
  • Calon peserta melakukan pendaftaran (registrasi) online melalui portal Kementerian PAN-RB (panseldikdin.menpan.go.id).
  • Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui http://www.usm.stan.ac.id, pada tanggal 21 Maret s.d 3 April 2016. Setelah itu peserta akan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account).
  • Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Periode pembayaran adalah 21 Maret s.d 3 April 2016;
  2. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri dengan cara setoran tunai, m-banking, atau internet banking dengan menggunakan MVA;
  3. Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya memenuhi persyaratan pendaftaran sebagaimana tercantum diatas, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali;
  4. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran dan melakukan pembayaran di bank berhak mengikuti verifikasi berkas dan pengambilan BPU.
  • Pengumuman jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU bagi calon peserta ujian dapat dilihat melalui situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id dan http://www.stan.ac.id pada tanggal 6 April 2016.
  • Calon peserta melakukan verifikasi berkas dan pengambilan BPU di lokasi dan jadwal yang telah ditentukan, dengan ketentuan:
  1. Calon peserta datang sendiri/tidak dapat diwakilkan;
  2. Menyerahkan hasil cetak Bukti Pendaftaran Online (BPO);
  3. Menunjukan ijazah asli (untuk lulusan 2015 dan sebelumnya) atau rapor asli (untuk calon lulusan 2016);
  4. Untuk calon lulusan 2016 menyerahkan satu set fotokopi rapor lima semester (sebagaimana tercantum diatas) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang. Untuk lulusan 2015 dan sebelumnya menyerahkan fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang;
  5. Menyerahkan bukti pembayaran dari bank;
  6. Menyerahkanpas foto studio berwarna terbaru ukuran 4x6 cm (berlatar belakang merah dan mengenakan kemeja putih) sebanyak 3 lembar;
  7. Menunjukkan bukti diri asli berfoto (Rapor/Ijazah/KTP/SIM/Paspor/SKCK) yang masih berlaku;
  8. Calon peserta tidak dapat mengajukan perubahan lokasi verifikasi berkas, pengambilan BPU, dan pelaksanaan ujian.
  • Pendaftar yang tidak memenuhi ketentuan di atas tidak akan dilayani dan dianggap gugur.

Catatan :
  • Semua biaya yang dikeluarkan dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian menjadi tanggungan peserta.
  • Dalam proses penerimaan mahasiswa baru PKN STAN 2016 ini, tidak diadakan surat-menyurat dan tidak ada dispensasi dalam bentuk apapun.
  • Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan diluar tanggung jawab panitia.
  • Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai lokasi dan waktu ujian dan yang lainnya bisa dilihat di Sumber.

Demikianlah informasi Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun 2016. Semoga bermanfaat dan selamat mendaftar!

0 Response to "Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN 2016"

Post a Comment