STATUS WASPADA GUNUNG GALUNGGUNG

Status Waspada Gunung Galunggung

Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, tempat saya tinggal, setelah sekian lama tertidur yaitu sejak meletus tahun 1982. Sekarang mulai menggeliat lagi memperlihatkan aktifitasnya kembali, faktanya hari ini (13/2) status Galunggung dinaikkan dari normal menjadi WASPADA. Kenaikan status ini disebabkan karena adanya peningkatan aktivitas kegempaan, suhu, serta air danau di puncak gunung.

"Dari tanggal 12 Januari 2012, pukul 15.00 WIB, dari aktif normal menjadi Waspada," kata Ketua Pos Pemantau Gunung Galunggung, Heri Supartono, di Tasikmalaya.

Peningkatan ini pun ditandai dengan makin meluasnya bualan air dan perubahan warna air danau kawah dari hijau muda menjadi hijau kekuningan ditambah lagi terjadinya 11 kali gempa vulkanik dalam yang terjadi sejak 1 hingga 11 Februari 2012. Jumlah ini meningkat jika dibanding gempa vulkanik dalam periode 1 hingga 31 Januari 2012 yang sebanyak 16 kali. 

Meski begitu, masyarakat diminta untuk tetap tenang, tidak terpicu isu-isu letusan gunung Galunggung. Bagi masyarakat yang berada di sekitar Gunung Galunggung harus cukup waspada tapi jangan panik. Perhatikan perkembangan yang disampaikan aparat setempat.

8 Responses to "STATUS WASPADA GUNUNG GALUNGGUNG"

  1. semoga semuanya aman kang tidak terjadi apa-apa

    ReplyDelete
  2. Moga aja kejadian tahun 1982 tidak terulang Kang..

    ReplyDelete
  3. semoga aktifitas gunung galunggung menurun lagi,kejadian tahun 1982 yang meninggalkan duka begitu dalam tidak terulang

    ReplyDelete
  4. wahhhh,,,,
    ngerii dengernya jg,,,
    waspadalah waspadalah,,,
    treingat cerita orang tua dulu,,,

    ReplyDelete
  5. mudahan tidak meletus yg boleh mengakibatkan kemalangan jiwa

    ReplyDelete
  6. @Denaihati
    semoga saja bro, namun saya baca peningkatan ini terjadi sejak Oktober 2011 yang terus meningkat sampai sekarang...

    ReplyDelete