3 Rancangan untuk 3 Impian dalam 3 Tahun

Seperti kata seorang sahabat bahwa menjadi seorang blogger merupakan sebuah pilihan dan tidak semua orang bisa menjalaninya, maka tidaklah berlebihan jika kita mempunyai impian dalam berblogging di masa yang akan datang.

Namun impian tersebut tidaklah bisa diraih begitu saja dalam waktu yang singkat atau instant, sebagaimana yang berlaku pada Tujuan Pertama Ngeblog saya. Akan tetapi, semuanya membutuhkan perencanaan yang matang dan proses yang bertahap. Sebagai contoh, kita bisa melihat blog hebat semacam Denaihati, Eizil.com, Fatamorgana, dan BlogCamp. Mereka bisa seperti sekarang ini karena dari awal telah memiliki perencanaan yang matang dan telah berhasil melalui tahapan proses yang cukup panjang, selama kurang lebih 3-5 tahun.

Beranjak dari semua itu, meskipun masih sedikit ilmu dan pengalaman dalam menjalani blogging, namun saya merasa optimis dan tidak mustahil bisa mengelola Dunia Info dan Tips menjadi seperti mereka di kemudian hari.

3 rancangan untuk 3 impian dalam 3 tahun

Karena itulah, maka saya kembali mencoba merajut asa merenda impian dengan membuat 3 rancangan sederhana sebagai perahu layar yang diharapkan mampu mengarungi lautan blogging 3 tahun ke depan sehingga bisa menghantarkan ke pantai 3 impian. 

3 rancangan sederhana tersebut adalah :
  1. Fokus pada satu blog saja, karena telah mencoba membuat blog lain namun akhirnya semua terbengkalai.
  2. Update content paling lambat 2 hari sekali, dengan tetap menjaga unsur kualitas, manfaat dan pembelajaran serta tetap mengacu pada topik utama blog.
  3. Membangun network yang luas dan kuat disertai branding blog, dengan tetap aktif melakukan silaturahmi (blogwalking) dan berkomunikasi di sosial media secara berkala serta mungkin juga dengan memiliki domain dan hosting sendiri.
Dari 3 rancangan sederhana tersebut, baru rancangan 1 dan 2 saja yang sudah mulai konsisten dilakukan. Namun untuk rancangan 3 masih agak kesulitan, karena terbentur masalah pembagian waktu dan biaya tambahan. Insya Allah semoga di tahun kedua ngeblog rancangan tersebut akan bisa dimaksimalkan.

Dengan berbekal 3 rancangan sederhana di atas, diharapkan pada 3 tahun mendatang Dunia Info dan Tips bisa mencapai 3 impian, yaitu :
  1. Menjadi salah satu blog yang dikenal dan banyak dikunjungi karena contentnya yang bagus, bermanfaat dan up to date. Sehingga jumlah traffiknya terus meningkat dan stabil serta memiliki rangking yang cukup bagus.
  2. Menjadi blog yang bisa mendatangkan penghasilan memadai setiap bulannya untuk membantu ekonomi keluarga dan sedikit banyak bisa berbagi untuk yang lain.
  3. Mulai menjadi blog yang profesional.
Itulah 3 rancangan untuk 3 impian dalam 3 tahun, mungkin ada yang menganggapnya sederhana atau terlalu berlebihan. Namun semoga saja semuanya berjalan dengan lancar disertai izin Allah SWT.


17 Responses to "3 Rancangan untuk 3 Impian dalam 3 Tahun"

  1. Saya jadi malu Kang,... terus terang saya tidak pernah punya rancangan yang mantap seperti Kang Dadan punya. Dan saya rasa terlalu berlebihan kalau saya disandingkan dengan 3 blog diatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang Iwan suka merendah, bagi saya Fatamorgana merupakan contoh yang baik, banyak inspirasi yang saya dapatkan dari blog Bang Iwan tersebut

      Delete
  2. Aku banyak punya blog,,, semuanya jadi gak keurus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun begitu sebelumnya, namun sekarang semuanya sudah dilepaskan dan fokus pada blog ini

      Delete
    2. Sama seperti saya Kang... malah yang WP self hosting nggak keurus. Contohnya http://metrotik.com untunglah ada dik Munir yang mau mengurus http://metrolisa.info

      Delete
  3. insyaAllah bisa jadi kenyataan inpian bang dadan. mudahan semunya berjalan lancar juga

    ReplyDelete
  4. bagus sekali rancangannya mas.. saya nyontek ya hehe..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas perkongsian perancangan yang ingin dicapai, rasa segan pula bila disenaraikan sebaris dengan blog-blog lain tu, blog eizil.com masih mempunyai perjalanan yang jauh untuk mencapai tahap seperti blog-blog berikut. Sama-sama kita berusaha meningkatkan kualiti blog kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, blog yang telah maju memang selalu merendah....hehehe

      Delete
  6. Impian yang sangat bagus bang.

    Saya menyarankan jika bang Dadan akan serius menekuni blog sebaiknya segera beralih ke self hosted blogspot atau Wordpress agar kiprahnya lebih mantap ( dan lebih keren tentunya)

    NgeBlog memang harus menghindari 3 M yaitu mengeluh, mengadu dan menyerah.
    Orang2 yang berhasil dalam dunia blog ( dan yang menjadikan blognya sebagai lahan penghasilan tambahan) adalah orang yang sabar,tekun, pernah gagal tapi bangkit lagi, dan tak mudah menyerah). Uang Rp.2 $ pun tak datang sekejap, perlu kerja keras.

    Jangan percaya dengan iklan yang katanya bisa menghasilkan uang Rp30 juta sebulan. Itu hanyalah khayalan tanpa kerja keras.

    Maju terus semoga sukses

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas segala saran, masukan dan dukungannya. Semoga saya bisa mencapainya...insya Allah

      Salam hangat juga dari Tasikmalaya

      Delete
  7. Good Luck Dadan Darmawan! Azie masih belum punyai idea almaklumlah tiada bakat menulis.

    ReplyDelete
  8. wah informasi yang membantu banget bang, jadi makin termotivasi saya dan makin tahu kekurangan di blog saya apa, jujur saya terkendala masalah topik nih, bingung mo ke arah mana

    ReplyDelete
  9. Insya Allah semuanya akan tercapai
    semoga berjaya :-)

    ReplyDelete