Nasi Tutug Oncom Kuliner Khas Tasikmalaya

Tasikmalaya - Jawa Barat, selain terkenal dengan Gunung Galunggung, kawah dan pemandian air panasnya terkenal juga dengan kulinernya yang khas. Salah satu kuliner khas Tasikmalaya adalah Nasi Tutug Oncom.

Nasi Tutug Oncom Kuliner Khas Tasikmalaya

Nasi Tutug Oncom atau sering disebut dengan nama Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini diutamakan dalam keadaan hangat.

Secara bahasa, kata tutug dalam bahasa Sunda artinya menumbuk. Sedangkan oncom adalah makanan yang terbuat dari ampas tahu yaitu kedelai atau dari bungkil kacang tanah yang kemudian difermentasi mirip dengan pengolahan tempe. Oncom memiliki kandungan gizi yang relatif baik dengan kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Oncom sendiri merupakan salah satu makanan warisan nenek moyang bangsa Indonesia di Jawa Barat. Jadi proses aduk tumbuk nasi dengan oncom menjadikan sebuah makanan khas yang dikenal dengan nama tutug oncom.

Nasi Tutug Oncom sebenarnya produk kuliner khas Tasikmalaya yang sudah ada sejak jaman revolusi kemerdekaan dan orde lama, dimana saat itu bangsa Indonesia sedang kesusahan terutama dalam segi pangan. Saat itu beras mahal dan sulit didapat, sehingga makan nasi menjadi satu kemewahan. Satu cara untuk menghemat dan supaya semuanya bisa kebagian maka dibuatlah Nasi Tutug Oncom.

Sekarang, Nasi Tutug Oncom (TO) telah menjadi salah satu kuliner populer bahkan unggulan khas Tasikmalaya. Hampir semua kalangan masyarakat bawah sampai atas menyukai Nasi TO. Jika berkunjung ke daerah Tasikmalaya baik kabupaten maupun kota banyak dijumpai pedagang kakilima, kedai atau rumah makan bahkan restauran yang menyajikan menu Nasi TO ini. Sehingga belum sempurna rasanya jika berkunjung ke Tasikmalaya tidak mencicipi Nasi Tutug Oncom.

Sebelumnya Nasi Tutug Oncom ini hanya bisa dinikmati saat kita berkunjung atau berada di Tasikmalaya saja alias tidak bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, karena mudah hilang cita rasanya dalam jangka waktu yang tidak lama setelah diracik.

Namun seiring dengan bergulirnya waktu dan perkembangan teknologi, sekarang Nasi Tutug Oncom telah bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh tanpa harus khawatir hilang cita rasanya. Karena saat ini telah ada Nasi Tutug Oncom instant yang dikemas tanpa bahan pengawet dalam kemasan kedap udara dan bisa bertahan sampai 6 bulan. Harga Nasi TO instant ini berkisar antara Rp 4.000 – 8.000 sesuai dengan beratnya.

Nasi Tutug Oncom Kuliner Khas Tasikmalaya

Bagi sahabat yang di luar Tasikmalaya dan belum bisa berkunjung ke daerah saya ini untuk mencicipi Nasi Tutug Oncom Kuliner Khas Tasikmalaya, berikut ini saya berikan resep sederhananya untuk dicoba di rumah :

Resep Sederhana Nasi Tutug Oncom Kuliner Khas Tasikmalaya :

Bahan:
  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • Oncom
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa (jika suka)

Cara membuat:
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan kencur. Masukkan oncom, aduk hingga rata.
  2. Panaskan wajan. Tanpa menggunakan minyak, campuran oncom tadi disangrai dalam wajan, hingga oncom matang dan kering. Beri garam dan cicipi rasanya. Campuran ini juga tidak perlu diberi air.
  3. Sajikan bersama nasi hangat. Atau jika ingin dicampur, nasi dimasukkan ke dalam wajan saat oncom telah kering.
  4. Hidangkan dengan sedikit bawang goreng, sambal terasi, lalapan dan ikan asin goreng.
Jangan lupa, bila ada kesempatan mampir ya ke Tasikmalaya....

8 Responses to "Nasi Tutug Oncom Kuliner Khas Tasikmalaya"

  1. Jadi lapar melihatnya Kang... boleh dikirim melalui email nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk...bisa juga Bang, tapi cuman gambarnya doang...

      Delete
    2. YANIE BERAU KALTIMMarch 5, 2013 at 7:51 PM

      duh....kacian amat y?pdhal nasi TO raos pisan eui?????jd inget kmpung halaman suami aq tuh???mo di paket mahalan paketx ketimbang harga oncomx kang......????

      Delete
  2. nasi TO ini sungguh menggoda ...untunglah ada disajikan resepnya, jadi bisa dicoba untuk masak sendiri di rumah :)

    ReplyDelete
  3. wah,,makanan khas indonesia memang mantap sekali,,,,mau coba bikin di rumah akh,,jadi gak perlu pakai minyak ya

    ReplyDelete
  4. Macam menarik nasi tutug oncom ni.. siap ada versi instant lagi, ada kesempatan nanti bolehlah cuba masak nasi t.o ni pula... :D

    ReplyDelete
  5. jika sampai disana akan datang, harus beli dan bawa pulang ke m'sia.

    ReplyDelete