Tips Jamur Tak Layu Sebelum Dimasak


 Jamur (bukan jenis penyakit) saat sekarang merupakan salah satu yang bisa dijadikan bahan masakan. Ada beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi atau dijadikan bahan masakan, diantaranya: jamur tiram, jamur merang, jamur kuping, jamur kancing, jamur hioko (shitake).  Jamur mempunyai nilai gizi tinggi terutama kandungan proteinnya (15-20 persen berat keringnya). Daya cernanya pun tinggi (34-89 persen). Sifat nutrisi (kelengkapan asam amino) yang dimiliki oleh jamur lebih menentukan mutu gizinya. Jamur segar umumnya mengandung 85-89 persen air. Kandungan lemak cukup rendah antara 1,08-9,4 persen (berat kering) terdiri dari asam lemak bebas mono ditriglieserida, sterol, dan phoshpolipida.

Namun ada kendala dalam mengolah jamur, yaitu salah satunya jamur cepat layu sebelum dimasak. Nah.... disini saya akan memberikan tips supaya jamur tak layu sebelum dimasak.

Caranya: Iris jamur menurut yang dikehendaki. Lalu masak air sampai mendidih. Kemudian masukkan jamur yang telah diiris tadi. Setelah mendidih beberapa saat angkat dan dinginkan selama lebih kurang 15 menit. Setelah itu rendam dengan air dingin, bersih dan matang.Beresss!

Meskipun anda memasaknya esok hari sudah tidak jadi masalah lagi, jamur anda akan tetap segar. Apabila besoknya anda belum siap memasaknya, Jamur tinggal dicuci dan ganti air rendamannya dengan air bersih, dingin dan matang lagi.

Semoga bermanfaat.....



0 Response to "Tips Jamur Tak Layu Sebelum Dimasak"

Post a Comment