Menyusul Waspada Galunggung, Posko Pengungsi Disiapkan

Waspada Galunggung

Menyusul Status Waspada Gunung Galunggung, untuk antisipasi dan proses evakuasi warga, sudah disiapkan Posko Pengungsian oleh aparat kepolisian serta instansi terkait di daerah Singaparna dan Cisayong jika gunung tersebut meletus.

"Posko pengungsian itu disiapkan di wilayah Singaparna. Jarak wilayah itu sekitar 7 kilometer dari Gunung Galunggung. Selain itu ada juga posko di daerah Cisayong," kata Kapolresta Tasikmalaya AKBP Gupuh Setiyono kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (14/2/2012).

Ia menjelaskan, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Polres Tasikmalaya (kabupaten) untuk persiapan posko tersebut. "Ada empat posko lebih yang disiapkan di wilayah Singaparna. Tim tanggap bencana dari unsur kepolisian disiagakan dua pleton," ucap Gupuh.

Kerjasama antarpihak terkait dilakukan saat nanti proses evakuasi warga yang daerahnya berdekatan dengan Gunung Galunggung. Menurut Gupuh, koordinasi memonitor atau memantau aktivitas terkini Gunung Galunggung melibatkan fungsi muspika setempat dan pihak berkompeten bidang ahli gunung.

"Update terbaru, saat ini bualan atau letupan air masih terjadi di sekitar danau gunung. Tapi semua pihak tetap berharap, semoga tidak terjadi hal-hal tak diinginkan," tutup Gupuh.

2 Responses to "Menyusul Waspada Galunggung, Posko Pengungsi Disiapkan"

  1. semoga gak terjadi apa-apa sama galunggung,,jangan sampai insiden tahun 82 terulang kembali,,

    #abuna galunggung dugi ka rorompok

    ReplyDelete
  2. @Cara Ampuh Mengobati Glukoma
    amin...menurut kabar gempa vulkanik dalam disekitar kawah mengalami peningkatan..

    ReplyDelete