Hindari Lari Pagi Usai Sahur

Hindari Lari Pagi Usai Sahur
Ketika sebelum masuk bulan Ramadhan kita sebaiknya melakukan berbagai persiapan, diantaranya persiapan jasadiyah (persiapan kondisi badan) yang baik. Begitu pun ketika sudah berada dalam bulan Ramadhan, kita harus senantiasa menjaga kondisi badan agar tetap bugar dan stabil sehingga dapat melalui ibadah puasa Ramadhan dengan lancar.

Untuk menjaga kondisi badan agar tetap bugar, sehat dan stabil di bulan Ramadhan ini, salah satunya dengan tetap berolahraga. Namun menurut pakar gizi dari Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), Dr. dr. Fiastuti Witjaksono SpGK., MSc bahwa olahraga lari pagi seusai sahur harus dihindari.

Menurut beliau, aktifitas fisik seperti ini sebaiknya dihindari seusai sahur, karena dapat memicu dehidrasi saat menjalani ibadah puasa. Resiko dehidrasi terjadi karena jarak waktu kegiatan makan dan minum sejak sahur hingga buka puasa cukup lama.

Selain itu tulang yang berbenturan serta napas yang terengah-engah, memicu pengeluaran keringat lebih banyak. Sedangkan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak ada sampai waktu berbuka, inilah pemicu dehidrasi.

Sebaiknya olahraga lari atau jogging dilakukan pada saat menjelang waktu berbuka puasa atau seusai berbuka. Namun jika ingin melakukannya di pagi hari, sebaiknya diganti dengan olahraga jalan pagi saja. Selain bagus untuk kebugaran tubuh, jalan pagi juga baik untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

Semoga bermanfaat, dan tetap semangat menjalankan puasa Ramadhan.

Sumber : antaranews.com

4 Responses to "Hindari Lari Pagi Usai Sahur"

  1. mending jalan - jalan santai mungkin ya kang, kalau lari mungkin agak berat karena kita akan berpuasa seharian bisa dehidrasi

    ReplyDelete
  2. iia kang jalan jalan padi sambil menghirup udara segar kayannya pas banget tuh gan ..

    ReplyDelete
  3. ternyata apa yang sering kita lakukan salah yah gan ,,
    :(

    ReplyDelete
  4. Artikel ini sangat bermanfaat.
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi ya jualan saya kaos kaki murah klo ada yang mau silakan berkunjung :) moga makin banyak penunjung blognya

    ReplyDelete