Twitter Saya Disalahgunakan

Twitter Saya Disalahgunakan
Bersamaan dengan berakhirnya ajang Euro 2012 dan juaranya adalah Spanyol, saya dikejutkan oleh sebuah email yang dikirim Tim Twitter, mereka mengatakan bahwa akun saya diduga telah disalahgunakan oleh situs web atau layanan lain yang tidak ada hubungannya dengan Twitter.

Membaca hal tersebut, saya jadi teringat beberapa waktu ke belakang sempat menerima banyak pesan langsung  di Twitter yang mengatakan “Hey someone is saying terrible rumors about you...” Dua diantaranya adalah dari Kaki Wayang (@kindaichi84) dan Trii Pamungkas (@ipunghe).

Twitter Saya Disalahgunakan

Twitter Saya Disalahgunakan

Jujur saja, karena tidak begitu paham apa maksudnya maka pesan-pesan tersebut tidak saya hiraukan. Namun setelah menerima email dari Tim Twitter tadi barulah sadar akan hal yang sedang terjadi terhadap akun Twitter saya @duniainfo8tips.

Selanjutnya saya pun segera menelusuri apa yang terjadi, ternyata kejadian ini hampir sama dengan ketika akun twitter saya ditangguhkan namun berbeda penyebabnya. Sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Tim Twitter saya pun segera bertindak dan alhamdulillah akun twitter pun kembali pulih.

Untuk menghindari kejadian seperti yang dialami akun twitter saya, berikut adalah tips yang diberikan oleh Tim Twitter :
  • Selalu periksa address bar browser Anda berada pada situs https://twitter.com sebelum memasukkan password Anda. Situs phishing sering terlihat seperti Twitter, jadi periksa URL sebelum memasukkan informasi login anda!
  • Hindari situs atau layanan yang berjanji untuk meningkatkan jumlah pengikut Anda. Situs seperti ini dikenal sering mengirimkan spam dan merusak akun.
  • Tinjau koneksi yang Anda setujui pada halaman Aplikasi Anda di https://twitter.com/settings/applications. Jika Anda melihat aplikasi yang tidak Anda kenal, klik tombol Cabut Akses.
Semoga sahabat semua tidak mengalaminya….

17 Responses to "Twitter Saya Disalahgunakan"

  1. Sebuah pengalaman yang berharga Kang... Makasih banyak.

    ReplyDelete
  2. kakiwayang apa hal yang diperbuat pada twitter anda kemana pula dia tak pernah nampak lagi di Denaihati

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak tahu saya Bang, namun yang terpenting akun saya telah pulih lagi...

      Delete
  3. mudahan takde perkara yg lebih buruk berlaku.

    ReplyDelete
  4. wah.. pengalaman yg berharga bagi saya, tapi saya jarang twitteran..
    menurut saya lebih mudah fb dari pada twitter

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga jarang, twitter saya gunakan untuk share postingan saja...

      Delete
  5. kena berhati2 dengan pelbagai jenis site yg kelihatan agak sama dengan site yang sebenar. thank sbab sudi share info

    ReplyDelete
  6. maksudnya periksa address bar tu gimana? dilihat URL-nya gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya jika kita menerima pesan yang meminta login ke twitter, nah sebelum menuliskan username dan password lihat dulu address barnya, apakah berada di https://twitter.com atau tidak. Kalau bukan https://twitter.com, bisa dipastikan itu adalah phishing

      Delete
  7. jarang sekali saya mengunakan twiter, apa pun terimakasih atas infonya

    ReplyDelete
  8. waah, gitu ya.kalo misal ada banyak DM ga jelas (berbahasa inggris) itu gimana ya? apa termasuk virus, kak? aku belakangan sering dapet Dm aneh2 gitu, berisi link. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut pengalaman saya tersebut di atas, lihat saja dulu di address barnya dik Ila, apakah berada di https://twitter.com atau tidak. Itu yang jadi tolak ukurnya

      Delete
  9. wahh..bahaya juga gini. Terima kasih untuk TIPS

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Bang, terima kasih juga atas backlinknya...

      Delete
  10. saya pernah mengalaminya dan mengalami nya sekarang .. Kakiwayang juga berkata sedemikian ..saya tidak tahu jadi saya hiraukan sahaja ..

    ReplyDelete