Indonesia vs Belanda Laga Bersejarah dan Spektakuler

Indonesia vs Belanda – Timnas Merah Putih Indonesia akan menghadapi Timnas Oranje Belanda dalam laga persahabatan internasional resmi FIFA yang bersejarah dan spektakuler. Laga kedua negara yang penuh dengan ikatan histori ini memang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Indonesia vs Belanda

Berbeda dengan materi pemain Tim Merah Putih yang hanya berasal dari liga lokal, tim Oranje datang dengan bermaterikan pemain yang berlaga di berbagai liga Eropa. Selain pemain dari Eredivisie, juga ada pemain yang berlaga di kancah Premier League, Turkish Super Lig, Bundesliga, dan Primeira Liga Portugal.

Melihat kondisi seperti itu, jelas tim Indonesia yang dilatih Jacksen F Tiago kalah kelas dari tim Belanda asuhan Louis van Gaal. Namun dibalik itu, laga ini merupakan momen yang baik bagi tim tuan rumah. Skuad Garuda bisa menimba ilmu cara bermain sepakbola modern dengan skill individu dan kerjasama tim yang baik dan apik dari skuad Negeri Kincir Angin tersebut.

Selain itu, bagi publik sepakbola di tanah air khususnya fans berat pemain-pemain top dunia asal Belanda, mereka bisa berjumpa langsung dengan idolanya. Juga, laga nanti akan menjadi ajang reuni bagi Sergio van Dijk dan Raphael Maitimo. Kedua pemain naturalisasi timnas Indonesia ini memiliki darah Belanda.

Sergio van Dijk akan bereuni dengan winger Bayern Munich, Arjen Robben. Striker Persib Bandung ini sempat menimba ilmu di Akademi Groningen. Selama enam tahun Van Dijk mengeyam dan menyerap ilmu bermain sepakbola dengan Robben.

Sedangkan Raphael Maitimo, pada awal kariernya gelandang Mitra Kukar ini sempat bermain bersama Wesley Sneijder dan Robin van Persie di timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17. Di akademi Feyenoord, Maitimo sempat satu tim dengan Robin van Persie.

Begitu pun bagi beberapa pemain Belanda, laga ini mempunyai arti tersendiri bagi mereka. Karena diantara mereka ada yang memiliki garis keturunan dari Indonesia, sebut saja John Heitinga yang kakeknya berasal dari pulau Belitung dan Robin van Persie yang neneknya asli Surabaya.

Yang tak kalah menariknya dari laga Indonesia vs Belanda ini, selain laga bersejarah karena baru pertama kalinya digelar juga laga ini disebut sebagai laga spektakuler karena akan disiarkan langsung di lebih 12 negara, seperti Indonesia (RCTI), Belanda (SBS), Negara-negara Timur Tengah (Al-Jazeera), Perancis (Be In Sport), Amerika Serikat (Be In Sport), Thailand (Cineplex), Singapura (Starhub), Inggris Raya (ESPN), Israel (Charlton), Negara-negara Afrika (Supersport), dan Negara-negara Ex Yugoslavia (SportKlub).

Laga Indonesia vs Belanda akan digelar pada hari Jumat 7 Juni 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pukul 19.00 WIB dan live di RCTI. Pertandingan ini akan dipimpin oleh :
Wasit : Nagor Amir Bin Noor Mohamed (Malaysia)
Asistem Wasit 1 : Mohd. Sabri Bin Mat Daud (Malaysia)
Asistem Wasit 2 : Azman Bin Ismail (Malaysia)
Wasit Cadangan : Retu Slamet Wijaya (Indonesia)

Head To Head Indonesia vs Belanda
Kedua tim belum pernah bertemu

Lima Pertandingan Terakhir Indonesia
23 Mar 2013 : Indonesia 1 - 2 Arab Saudi (ACQ)
06 Feb 2013 : Irak 1 - 0 Indonesia (ACQ)
31 Jan 2013 : Yordania 5 - 0 Indonesia (UJI)
01 Des 2012 : Malaysia 2 - 0 Indonesia (AFF)
28 Nov 2012 : Indonesia 1 - 0 Singapura (AFF)

Lima Pertandingan Terakhir Belanda
27 Mar 2013 : Belanda 4 - 0 Romania (WCQ)
23 Mar 2013 : Belanda 3 - 0 Estonia (WCQ)
07 Feb 2013 : Belanda 1 - 1 Italia (UJI)
15 Nov 2012 : Belanda 0 - 0 Jerman (UJI)
17 Okt 2012 : Romania 1 - 4 Belanda (WCQ)

Pemain Timnas Indonesia :
Kiper: Kurnia Meiga (Arema), Andritany Ardiyasa (Persija), I Made Wirawan (Persib)
Bek: Hengki Ardiles (Semen Padang), Zulkifli Sukur (Mitra Kukar), Ricardo Salampesy (Persipura), M. Roby (Persisam), Victor Igbonefo (Arema), Raphael Maitimo (Mitra Kukar), Toni Sucipto (Persib), Ruben Sanadi (Persipura)
Gelandang: Imanuel Wanggai (Persipura), Hendro Siswanto (Arema), Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Vendri Mofu (Semen Padang), Ahmad Jupriyanto (Sriwijaya FC), Greg Nwokolo (Arema)
Penyerang: Boaz Solossa (Persipura), Ian Louis Kabes (Persipura), Andik Vermansyah (Persebaya 1927), Sergio van Dijk (Persib)

Pemain Timnas Belanda :
Kiper: Michel Vorm (Swansea), Kenneth Vermeer (Ajax), Jasper Cillessen (Ajax).
Bek: John Heitinga (Everton), Erik Pieters, Dwight Tiendalli (Swansea), Ron Vlaar (Aston Villa), Daryl Janmaat (Feyenoord), Miquel Nelom (Feyenoord).
Gelandang: Lerin Duarte (Heracles Almelo), Jonathan de Guzman (Swansea), Jens Toornstra (Utrecht), Ruben Schaken (Feyenoord), Wesley Sneijder (Galatasaray), Rafael van der Vaart (Hamburg)*.
Penyerang: Siem de Jong (Ajax), Dirk Kuyt (Fenerbahce), Jeremain Lens, Robin van Persie (Manchester United), Arjen Robben (Bayern Munich), Ricky van Wolfswinkel (Sporting Lisbon).

Skor Akhir Indonesia vs Belanda : 0 – 3  (57', 67' Siem de Jong, 90' Arjen Robben)

Live Streaming Indonesia vs Belanda : @Goal.com

Indonesia vs Belanda, meski kalah kelas, namun sebagai anak bangsa yang mencintai sepakbola negerinya, kita tetap harus dukung skuad Merah Putih…Bravo Timnas Indonesia!

7 Responses to "Indonesia vs Belanda Laga Bersejarah dan Spektakuler"

  1. Yang penting bermain disiplin ,,pasti Indonesia bisa

    ReplyDelete
  2. semoga team indonesia sukses dengan perlawanan persahabatan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...terimakasih atas dukungannya tuan

      Delete
  3. tugas yang berat buat indonesia, saya harap indonesia bisa mengatasinya...

    ReplyDelete