Pendaftaran CPNS Online Formasi Umum 2013


Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa pemerintah pada tahun 2013 ini akan melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui 5 jalur, yakni jalur pelamar umum, honorer kategori 2, formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi calon siswa ikatan dinas.

Sementara itu untuk Pendaftaran CPNS Online Formasi Umum 2013 bisa dilakukan di salah satu situs resmi pendaftaran CPNS 2013 yaitu SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional). Beberapa instansi pusat dan daerah telah bergabung dan difasilitasi oleh situs SSCN tersebut.

Pendaftaran CPNS Online Formasi Umum 2013

Di dalam situs SSCN ini terdapat  menu utama yang terkait dengan pendaftaran CPNS, antara lain :

Informasi Umum : menu yang menyajikan informasi terkait pendaftaran CPNS 2013, seperti persyaratan pendaftaran, panduan pendaftaran online, pelaksanaan ujian dan materi ujian.

Pengumuman : menu ini untuk melihat dan download berbagai pengumuman penerimaan CPNS di lingkungan Instansi Pemerintah (Kementerian/Lembaga/Daerah/Instasi lain).

Peraturan : menu ini menyajikan berbagai peraturan mengenai seleksi CPNS tahun 2013.

Jadwal Pelaksanaan : didalam menu ini terdapat jadwal pelaksanaan kegiatan rekrutmen CPNS 2013, mulai dari penetapan persetujuan rincian formasi instansi, pengumuman dan pendaftaran penerimaan CPNS, pelaksanaan ujian TKD dan TKB termasuk ujian menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) sampai jadwal pemberkasan dan penetapan NIP.

Alur Pendaftaran : menu yang menerangkan bagaimana prosedur seleksi CPNS nasional atau mekanisme pendaftaran CPNS tahun 2013 yang benar.

Petunjuk Pendaftaran CPNS : berisikan mengenai petunjuk isian pendaftaran. Apa dan bagaimana cara mengisinya.

Pendaftaran CPNS : menu ini berisikan Form Pendaftaran CPNS yang harus diisi oleh pelamar dengan lengkap dan benar sesuai petunjuk isian pendaftaran.

Hasil Seleksi : menu ini untuk melihat pengumuman hasil seleksi atau kelulusan CPNS dengan cara memasukan nomor registrasi.

Demikian info mengenai Pendaftaran CPNS Online Formasi Umum 2013 pada situs SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional). Anda bisa langsung mengunjungi situs SSCN, siapa tahu instansi pusat atau daerah yang anda minati telah bergabung didalamnya.

Sebelum mendaftar, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa Data dan Dokumen Pendukung Tes CPNS. Semoga bermanfaat dan selamat mendaftar!

9 Responses to "Pendaftaran CPNS Online Formasi Umum 2013 "

  1. Halo Kang Dadan, saya mau menanyakan hal yang simple. Cpns 2013 ini kita diwajibkan hanya memilih satu instansi aja ya? misalnya jika saya ingin daftar di Pemda DKI , jadi saya gak boleh memilih di instansi lain dong? atau gimana sih? mohon penjelasannya. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah daftar sih boleh lebih dari satu instansi, cuman nanti kalau semuanya diterima harus tetap memilih salah satunya. Karena kalau melihat jadwal tes cpns 2013 semua instansi melaksanakan tes cpns secara serentak pada waktu yang sama.

      Delete
  2. kalau sudah begini lebih efisien dari segi masalah waktu nggak mesti tanya-tanya lagi ke kantor

    ReplyDelete
  3. Kang Dadang keenapa pendaftaran cpns u/ kemensos gak ada?? trus knp kok klo langsung daftar di cpns.kesos.go.id gak terkirim keluar "server error 500" tolong solusinya. makasih.

    ReplyDelete
  4. Kang Dadang keenapa pendaftaran cpns u/ kemensos gak ada?? trus knp kok klo langsung daftar di cpns.kesos.go.id gak terkirim keluar "server error 500" tolong solusinya. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba ke alamat ini : https://cpns.kemsos.go.id/index.php/signup

      Delete
  5. tapi skg tesnya berbeda tanggal misal untuk esdm dan bappenas, dan pengumuman di esdm menyebutkan bahwa kita tidak boleh daftar lebih dari satu instansi, karena databasenya ngelink dan bisa dianggap gugur..itu bagaimana ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu, berarti kita tidak boleh daftar lebih dari satu. Pilihlah yang cocok buat kita

      Delete
  6. Assalammualaikum. Sya sudah melamar cpnsd jatiim apakah masih bisa mendaftar kemenkes pusat? Say dgr dari teman katanya kena diskualifikasi, apakah itu benar?

    ReplyDelete