Kartu Putih Dalam Sepakbola

Selama ini di dunia sepakbola dikenal adanya kartu merah dan kartu kuning. Dua kartu ini diberikan oleh pemimpin pertandingan yaitu wasit, sebagai bentuk hukuman maupun peringatan bagi pemain yang melakukan sebuah pelanggaran. Namun, kini dikabarkan sepakbola akan menerapkan kartu putih.

Kartu Putih Sepakbola

Kartu putih sepakbola adalah gagasan dari UEFA (Union of European Football Associations) yang menilai dua kartu yang ada, yaitu kuning dan merah dirasa kurang.  Presiden UEFA Michel Platini di markas besar UEFA pada Sabtu (18/10), menyatakan sedang menggodok aturan baru mengenai penerapan kartu putih dalam sebuah pertandingan sepakbola.

Fungsi kartu putih dalam sepakbola untuk menghukum pemain yang melancarkan protes keras kepada wasit. Pemain yang mendapat kartu putih ini harus keluar dari lapangan menuju bangku cadangan dan tidak diperbolehkan main dalam waktu 10 menit.

Adapun alasan akan diterapkan kartu putih di sepakbola ini, karena sikap pemain yang cenderung keras atau sangat kasar dalam melakukan protes terhadap wasit. Bahkan sampai ada pemain yang berani memukul wasit. Karena itu hal tersebut harus ada yang mengatasi, salah satunya dengan cara menerapkan kartu putih.

Kendati demikian, belum ada kepastian kapan penggunaan kartu putih pada sepakbola akan diterapkan. Karena pihak UEFA sendiri  belum menyampaikan ide ini kepada FIFA selaku badan sepak bola tertinggi dunia.

Nah, bagaimana menurut pendapat Anda mengenai gagasan Penerapan Kartu Putih Dalam Sepakbola ini?

6 Responses to "Kartu Putih Dalam Sepakbola"

  1. Kalo gitu caranya jangan sampe bawel dan protes sama wasit deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima dulu keputusan wasit, soal protes ntar sudah bubaran... :)

      Delete
  2. bagus dicuba, jarang sekali protes diterima wasit....2x kartu putih = 1x kartu kuning...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika peraturan ini diberlakukan, bisa jadi aturannya seperti itu ...2x kartu putih = 1 kartu kuning

      Delete
  3. ijin menyimak dan terimakasih atas pencerahannya semoga kita selalu ada dalam kelancaran ,thank admin

    ReplyDelete
  4. salam perkenalan.. saya bloger dari malaysia menjemput anda menyertai contest SEO anjuran www.akmaomar.com dan hadia yg lumayan menanti anda. jemput jalan2 di blog saya.

    ReplyDelete