3 Modal Utama Meraih Kebahagiaan Dunia Akhirat


Setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan, salah satu buktinya yaitu ketika founder Denaihati bertanya pada semua sahabat blogger dan pembacanya “Apa yang kita ingin dalam hidup ini?” , hampir semua jawabannya “ingin hidup bahagia”.

Namun yang jadi masalah adalah dimana kebahagiaan itu berada? Sebab ketika kita mencari kesana-sini kadang kebahagiaan itu tidak kita jumpai. Ternyata kebahagiaan itu tempatnya di dalam HATI dan perasaan kita sendiri. Oleh karena itu meskipun banyak harta, berpangkat tinggi, kalau hati belum merasa puas, kalau perasaan masih merasa kurang, maka selama itu kebahagiaan yang diinginkan tidak akan dimiliki.

Agama Islam telah memberi petunjuk dan pedoman supaya umatnya bisa meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Berikut ini 3 Modal Utama Meraih Kebahagiaan Dunia Akhirat :

1. Iman, orang yang beriman hidupnya tidak akan terlalu diperbudak oleh harta dan anak sehingga lupa untuk mengingat Allah SWT.
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi”. (Q.S. Al-Munafiqun : 9)

2. Ilmu, selain iman yang kuat diperlukan juga adanya ilmu. Sebab iman tidak dibarengi ilmu akan pincang, begitu juga ilmu tidak dibarengi iman akan buta. Allah SWT menjanjikan untuk orang yang beriman dan berilmu akan mendapat derajat yang tinggi.
 “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”. (Q.S. Al-Mujaadilah : 11)

3. Amal ibadah, melaksanakan apa yang kita ketahui dan miliki sesuai dengan aturan yang ada dengan tidak menyimpang dari petunjuk dan pedoman yang diberikan Allah SWT dan Rasul-Nya.
“Sesungguhnya Allah akan memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh  ke dalam syurga-syurga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki”. (Q.S. Al-Hajj : 14)

Insya Allah dimana kita beriman, memiliki ilmu, terus melaksanakan apa yang kita ketahui dan miliki sesuai dengan aturan, maka kita akan sampai kepada ketentraman hati sehingga kebahagiaan dunia akhirat dapat diraih.

Share This Article
Komentar Anda

4 komentar

Alhamdulillah Berkunjung Subuh dan dapat pencerahan dari blog ini

Subhanallah.... makasih banyak atas pencerahannya Kang..

kebahagian akhirat cukup penting, ianya kekal. mudahan kita mendapatkanya, terlalu banyak lagi yg kita perlu lakukan.

Artikel yg bermanfaat sob, makasih infonya .