Kesalahan yang Harus Dihindari di Twitter

Kesalahan yang Harus Dihindari di Twitter
Twitter merupakan salah satu jejaring sosial yang paling digemari saat ini. Laki-laki, perempuan, muda maupun tua, pejabat, konglomerat sampai dengan rakyat banyak yang sudah menggunakan situs mikroblogging yang satu ini.

Penggunaan Twitter tidak hanya sekedar untuk kesenangan pribadi penggunanya saja, namun lebih dari itu Twitter pun digunakan untuk keperluan bisnis atau untuk urusan perusahaan dan promosi produk tertentu.

Namun dalam penggunaan Twitter, terkadang tweeps kerap lupa akan beberapa hal saat berkicau, sehingga banyak terjadi kesalahan dilakukan. Termasuk saya, karena belum terlalu memahami Twitter sehingga pernah mengalami Akun Twitter Ditangguhkan.

Berikut Kesalahan yang Harus Dihindari di Twitter, yang dilansir detikNET dari berbagai sumber.

1. Pribadi vs Pekerjaan
Urusan pekerjaan dan personal tidak bisa dicampuradukan dalam satu akun di Twitter. Sebab hal ini akan mengganggu satu sama lain. Jika kita seorang wirausaha, sedianya memiliki satu akun khusus untuk produk yang digeluti. Di sisi lain, tetap menjaga kehidupan pribadi dengan memiliki akun personal.
Dengan cara ini, kita tentu dapat memisahkan mana yang merupakan urusan pekerjaan ataupun keperluan pribadi. Dengan dipisahkan, keduanya tidak akan saling mengganggu.

2. Informasi vs Spam
Mengelola suatu akun produk/perusahaan tidak berarti harus selalu menjejali para follower dengan kicauan seputar produk tersebut. Sebab, bisa jadi para pengikut tersebut akan bosan dan menganggap akun kita adalah spammer (penyebar pesan sampah).
Jika ingin lebih bernilai, ada baiknya akun tersebut juga memberikan informasi lain yang menarik. Bisa juga dengan memberikan tips dan trik sederhana, serta menjaga komunikasi yang baik dengan para follower.

3. Topik Kontroversial
Jika kita mengelola akun suatu produk/perusahaan, sebaiknya menghindari berkicau soal topik yang kontroversial. Sebab isu panas ini bisa menyulut tweet war dari follower.
Isu kontroversial yang dimaksud mulai dari urusan politik, agama, hingga rasisme. Fokuslah kepada bidang Anda!

4. Usaha 'Satu Malam'
Twitter saat ini menjadi salah satu corong dalam menyampaikan pesan marketing komunikasi. Bisa juga merintis basis komunitas lewat layanan mikroblogging ini.
Hanya saja itu tidak bisa dilakukan dalam 'satu malam'. Butuh keuletan dan usaha agar dapat mencapai hasil maksimal dari Twitter. Artinya, bagi mereka yang sifatnya angin-anginan silakan memupuk lagi semangat yang ada.

5. Bukan Robot
Di balik akun Twitter itu terdapat seorang admin sebagai pengelolanya. Namun admin di sini bukanlah seorang robot yang tidak memiliki sifat manusiawi.
Artinya sikap yang ditonjolkan pun tidak bisa datar-datar saja, harus bisa melakukan interaksi dengan follower. Termasuk ketika menyampaikan informasi, jangan menggelontorkan informasi yang terlalu banyak bak sebuah mesin.

Nah, bagaimana dengan pengalaman atau pendapat sahabat blogger dan pembaca sekalian?

5 Responses to "Kesalahan yang Harus Dihindari di Twitter"

  1. aku biasanya guna twitter cuma untuk promosi url semoga tidak dianggap spam

    ReplyDelete
  2. Kalo saya pribadi akun twitter saya kombinasikan atau saya hubungkan dengan akun facebook saya spya setiap kali buat status difacebook, langsung di share juga ke twitter begitupun juga sebaiknya. Dan ada sebagian dari teman2 blogger yg lain menjadikan akun twitternya sebagai media untuk mempromosikan artikel2 blognya padahal beberapa waktu yg lalu saya coba2 cek2 link yg mengarah ke blog saya, kaget juga saya lihat link blog saya yg tertaut dengan akun twitter saya cuman 2 link aja padahal sdh banyak artikel yg saya share ke twitter. Gmn pandangan sob tentang hal ini..?? Saya tunggu jawban dn kunjungannya ya sob di blog saya....

    ReplyDelete
  3. betul bgt tuw, kalau bsa antara pribadi dan pekerjaan di pisah..
    biar kepentingan pribadi tdk campur aduk dgn pekerjaan..

    ReplyDelete