Kelom Geulis Khas Tasikmalaya

Selain Nasi Tutug Oncom, produk tradisional dan bersejarah lainnya yang berasal dari Tasikmalaya adalah kerajinan tangan. Banyak kerajinan tangan tradisional yang dibuat oleh masyarakat Tasikmalaya dari dulu hingga kini, seperti anyaman bambu, anyaman mendong, payung geulis, tikar dan Kelom Geulis.

Produk kerajinan tersebut harus bersaing ketat dengan berbagai produk modern. Misalnya saja Kelom Geulis yang sekarang terus dikembangkan, baik dari segi desain maupun kualitasnya tanpa menghilangkan ciri khasnya sehingga dapat bersaing dengan sandal-sandal modern.

Apa itu Kelom Geulis?

Kelom Geulis Khas Tasikmalaya
Kata kelom menurut sebagian masyarakat berasal dari bahasa Belanda yaitu kelompen yang berarti sandal kayu. Sedangkan istilah Kelom Geulis berasal dari bahasa Sunda yang berarti sandal kayu cantik. Kelom Geulis biasanya dipakai pada acara tertentu atau resmi.

Keunikan bentuk Kelom Geulis yang hingga kini tetap terjaga ciri khasnya sudah dikenal dunia sejak dulu. Bahkan telah menjadi alas kaki legendaris juga sebagai saksi sejarah Indonesia.

Menurut situs wisata sejarah, aleut.wordpress.com sebuah peristiwa unik terjadi pada peringatan 10 tahun Kemerdekaan Indonesia di Kedutan Besar RI di London. Peristiwa unik tersebut yaitu terpampangnya gambar tumit Suharmi Sentanu (Putri Soepomo, Duta Besar RI di Inggris kala itu) yang tengah mengenakan Kelom Geulis di halaman muka harian “Evening Standard” tanggal 17/8/1955 yang terbit di London. Rupanya bentuk Kelom Geulis ini begitu menarik perhatian para wartawan Inggris.

Kelom Geulis Khas Tasikmalaya
Kelom Geulis sendiri dibuat dari bahan dasar kayu mahoni atau albasia yang diproses sedemikian rupa, dikeringkan dengan cukup lama, didesain dan dibentuk. Semua proses tersebut 90% dilakukan secara manual menggunakan tangan (hand made) dengan keahlian khusus disertai cita rasa seni tinggi. 

Selanjutnya supaya tampak menarik, kelom diberikan hiasan. Hiasan Kelom Geulis umumnya adalah hiasan ukiran dengan motif bunga. Namun sekarang ini, pembuatan Kelom Geulis mulai berkembang, diantaranya dengan penggunaan teknik air brush dalam membuat hiasannya.  Sedangkan bahan dasar untuk talinya menggunakan bahan kain yang diproses secara bordir komputer.

Kelom Geulis banyak diproduksi sebagai Home Industri. Sentra produksi kerajinan Kelom Geulis di Tasikmalaya terdapat di Desa Setiamulya, Mulyasari, Kersanegara, Sukahurip, Sumelap, Linggajaya Mangkubumi dan Gobras.

Kelom Geulis Khas Tasikmalaya
Dengan adanya media internet sekarang ini, pemasaran Kelom Geulis bisa mencapai wilayah Asia Tenggara, Korea, Jepang, Afrika, Panama, Timur Tengah dan sebagian wilayah Eropa. Kita pun tak perlu lagi datang ke Tasikmalaya jika ingin membelinya, cukup dengan mengakses toko online yang menampilkan sekaligus menjual Kelom Geulis.  

Nah, bagi sahabat yang ingin mengetahui berbagai bentuk dan model Kelom Geulis Khas Tasikmalaya, silahkan kunjungi Handicraft Tasikmalaya sebagai salah satu toko online Kelom Geulis

Semoga keberadaan Kelom Geulis bisa terus dikenal dan bertahan dengan ciri khasnya yang unik di tengah dunia mode yang semakin berkembang.

12 Responses to "Kelom Geulis Khas Tasikmalaya"

  1. Menarik reka bentuk kelom geulis ni, berapa ya harganya bang dadan?


    p/s: masuk blog bang dadan nampak kelainan sket kali ni, semua elemen rapat ke kanan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya disesuaikan dengan bentuknya bro, mulai dari Rp 75.000 ke atas...


      oh ya, maksud kelainan sket, semua elemen rapat ke kanan tu apa bro?

      Delete
    2. atau bisa dilihat langsung di situsnya http://handicrafttasikmalaya.blogspot.com

      Delete
    3. terima kasih atas info itu, ada kesempatan nak cuba jugalah kelom geulis ni...

      berkenaan elemen rapat ke kanan tu, nanti saya kirimkan screenshot.

      Delete
    4. terima kasih sebelumnya, saya tunggu screenshootnya...

      Delete
  2. wah,,,cakep ya pak...sendalnya...itu hanya khas daerah tasik ya?

    ReplyDelete
  3. kalau lama dahulu, dimalaysia ada kasut kayu yg dinamakan terompah, rekabentuk yg sangat asas. sekarang tak pernah lihat lagi.
    kelom dgn rekabentuk menarik yg cantik, nampak tapaknya lebih baik tak licin.

    ReplyDelete
  4. oleh-oleh khas nih kang asal Tasikmalaya menarik sekali

    ReplyDelete
  5. kelom geulis khas tasik,, emang bener" geulis ,,,

    ReplyDelete
  6. wah pak dadan hebat ya..blognya sudah banyak pengunjung...
    :-)

    ReplyDelete
  7. cantik-cantik, pengen beli ne...
    kalau di jawa kya' tekle' itu yaa..?!

    ReplyDelete