Tujuan Pertama Ngeblog

Tujuan Utama Ngeblog
Di pertengahan bulan Desember 2011 lalu saya mendengar seorang teman satu desa, mendapat penghasilan yang cukup besar dari internet. Dalam keheranan muncul pertanyaan, kok bisa ya? Padahal setahu saya, yang bisa menghasilkan uang dari internet hanyalah dengan cara membuka usaha warnet (cyber cafe) saja. Oleh karena itu, dengan penuh penasaran saya pun mulai mengobrak-ngabrik dunia maya untuk mencari tahu, apakah benar internet dapat menghasilkan uang? 

Setelah berselancar di dunia maya selama hampir tiga hari berturut-turut, barulah saya tahu dengan jelas bahwa dari internet dapat menghasilkan uang itu, benar adanya. Banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet, salah satunya yaitu dengan memiliki sebuah blog yang dihiasi dengan berbagai “mesin” penghasil uang. (itu yang pernah saya baca)

Berdasarkan itulah, dengan membaca panduan saya mulai kasak-kusuk membuat akun di google (gmail) untuk bisa membuat dan memiliki sebuah blog gratis (blogspot). Dan dengan segala keterbatasan terutama dalam hal ilmu, maka jadilah sebuah blog yang saya beri nama Dunia Info dan Tips. Kenapa nama tersebut dipilih? Karena menurut pikiran saya setiap orang pasti membutuhkan informasi dan tips, meski saya sendiri belum tahu mau diisi dengan informasi dan tips seperti apa blog ini.

Selanjutnya sambil mencari-cari bahan untuk postingan, yang paling utama saya lakukan adalah mencari mesin penghasil uang yang menjadi tujuan pertama ngeblog. Tak berapa lama saya pun mendapatkan banyak mesin penghasil uang untuk blog (tak tahu itu scam atau tak cocok dengan topik blog, yang penting dapat!). Mulailah mesin-mesin tersebut ditempel di blog. Kalau tidak salah lebih dari 7 iklan banner dan teks saya tempel, seperti PPC, PTC dan Affiliate. Pasti sahabat bisa membayangkan bagaimana tampilan blog saya saat itu. Ya betul! Blog saya sangat semarak dengan bertaburannya banner dan teks iklan yang semrawut (jangan ketawa ya….saya pun geli kalau ingat akan hal itu).

Meski agak lama, akhirnya bahan untuk postingan pertama berhasil ditemukan. Postingan pertama terinspirasi oleh seorang guru yang meminta saya untuk mencari daftar calon peserta sertifikasi guru tahun 2012 di internet. Singkat cerita, postingan pertama berhasil dipublish dengan judul  Calon Peserta Sertifikasi Guru 2012.

Beranjak dari postingan pertama, postingan kedua pun tercipta di hari yang sama, dan selang satu hari kemudian postingan ketiga dan keempat segera dipublish dengan tetap mempertahankan kesemarakan banner. Begitu sampai di postingan kedua belas, saya merasa ada yang ganjil, apa itu? Setiap kali (hampir setiap hari) saya cek penghasilan dari iklan banner dan teks, ternyata hasilnya NOL BESAR! Kenapa bisa begitu?!

Saat itu saya belum tahu bahwa untuk menghasilkan uang dari iklan banner atau teks, sebuah blog haruslah punya banyak pengunjung dan jika ingin banyak pengunjung, haruslah bisa mengoptimasi blog secara maksimal. Inilah mungkin yang disebut hukum SEBAB AKIBAT.

Berawal dari sanalah saya mulai berpikir, apa yang salah dengan blog ini? Untuk mencari jawabannya, maka  saya pun melanglang buana, menjelajah dunia maya. Mulai dari mengunjungi blog-blog dalam negeri sampai blog luar negeri, dengan tetap memegang teguh tujuan pertama ngeblog.

Dalam masa pencarian inilah saya mendapat pencerahan tentang pengelolaan sebuah blog, yang pada akhirnya sedikit demi sedikit melunturkan satu-satunya tujuan ngeblog (mencari income). Hingga saya terdampar di Denaihati.com Blog Bersahaja Negeri Jiran.

Di denaihati saya banyak mendapatkan ilmu blogging, sahabat dan yang paling utama wawasan tentang ngeblog yang lebih luas. Dari sanalah saya tahu bahwa menghasilkan uang bukanlah satu-satunya tujuan utama  ngeblog, namun seiring dengan ketekunan dan eksistensi kita dalam mengelola blog dengan baik maka income pun akan datang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, tumbuh keinginan dalam hati untuk lebih banyak belajar lagi tentang pengelolaan blog dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Namun namanya juga pemula, semangatnya lebih banyak surut ketimbang pasang. Itulah yang terjadi pada saya, sehingga suatu ketika pernah diterjang rasa bosan yang sangat kuat, sampai sempat berpikir Haruskah Dunia Blogging Saya Akhiri?

Tujuan Utama Ngeblog

Akan tetapi berkat motivasi dan dukungan yang diberikan oleh sahabat blogger, akhirnya saya pun kembali bangkit bersemangat untuk membangun dan mengelola blog ke arah yang lebih baik, berkembang dan tentunya berkualitas. Sehingga sejak saat itu hingga kini sedikit banyak saya bisa merasakan asyiknya ngeblog.

Oh ya, tentang banner iklan dan teks secara bertahap dan mantap saya lepaskan satu persatu. Meskipun mungkin suatu saat nanti hal itu saya akan lakukan lagi, namun dalam skenario dan versi yang berbeda tentunya.

Akhir kata, mohon maaf atas segala kesalahan terutama dalam penulisan dan tata bahasanya. Semoga saja pengalaman saya ini bisa dijadikan motivasi terutama bagi sahabat blogger yang masih pemula. Terima kasih.

20 Responses to "Tujuan Pertama Ngeblog"

  1. Saya juga dulu awal mengenal ngeblog lewat Facebook hanya karena tertarik dengan tampailan dan isi sebuah blog.
    Setelah beberapa lama ngeblog sahabat-sahabat blogger yang seringkali singgah dan berkomentar memberikan semangat untuk membuat adsense dan sejenisnya dan itu malahan sekarang hobi ngeblog. Terlebih setelah mengenal sahabat Denai Hati, Munir Ardi Blog, Fatamorgana jadi lebih semangat, karena mereka senior dan senang berbagi pengetahuan danilmu tentang dunia website.
    Senang bisa mengenal Kang dadan dan mereka serta sahabat-sahabat blogger lainnya.
    Maaf komentarnya kepanjangan nih Kang Dadan, terlalu bersemangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sebagai blogger tentu punya pengalaman masing-masing yang mungkin tak jauh berbeda (ada suka dan dukanya).
      Sama-sama saya pun senang bisa mengenal sahabat...

      Delete
  2. Menjadi Blogger adalah sebuah pilihan, dan tidak semua orang bisa menjalaninya. Jangan pernah berhenti Kang.

    Moga menang Kontes.... Saya dukung Kang Dadan

    ReplyDelete
  3. Menarik kisah permulaan bergiat dalam bidang blog ini, semoga bang dadan terus aktif dalam bidang penulisan blog ini, dengan usaha yang berterusan, pasti suatu hati nanti blog ini akan boleh menjadi sumber pendapatan utama bang dadan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bro, insya Allah saya tetap semangat untuk belajar dan berbagi...

      Delete
  4. menginspirasi banget bwt saya pribadi bang artikel nya, & semoga artikel ini bermanfaat bwt semua nya...thank's

    ReplyDelete
  5. artikel telah dipublish selamat kang saya baru mengira dan menyusun entry untuk ini, mudah-mudahan bisa selesai

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, baru tadi siang dipublishnya Bang, owh Bang Munir mau ikutan juga? Bagus kalau begitu, jadi ada temen nih saya....

      Delete
  6. semasa "Haruskah Dunia Blogging Saya Akhiri?", memang sangat risau hilang sahabat. good luck bang dadan untuk contest terbesar dr eizil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa tersebut merupakan masa terberat yang pernah saya alami dalam ngeblog

      Delete
  7. All d best Kang Dadan..
    pengalaman yang menarik tuh..

    ReplyDelete
  8. cukup menarik entri ini ..sehinggakan saya rasa bersemangat :D

    ReplyDelete
  9. Panjang lebar sekali entrinya,
    Cerita permulaan blogger dihasilkan,
    Moga ada harapan boleh memenanginya,
    Sama-sama kita menghasilkan yang baik sekelian.

    ReplyDelete
  10. thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

    ReplyDelete
  11. biasanya da sesuatu yang power menyebabkan kita menulis blog, cerita ini bagus ada matlamat mau nambahin pedapata, semoga sukses.

    ReplyDelete
  12. Kalau tiba-tiba rasa nak berhenti blogging. Saya bagi dua tips. Satu cuba jelajah blog lain, tak kira blog lama atau blog baru. Mungkin kita akan nampak kesoronokan blogging. Kedua, cuba tanya pendapat orang yang dah berjaya dalam dunia blogging dan ada yang blogging sampai bertahun masih tak berhenti. Biasanya dorang takkan suruh berhenti tapi bagi semangat lagi. Harap tips ni membantu.

    ReplyDelete
  13. terimakasih gan atas semangat yang luar biasa ini... ceritanya betis...(beda-beda tipis) hahaha

    ReplyDelete