Kebahagiaan Hidup

Kebahagiaan Hidup

Sebagaimana telah dibahas sebelumya bahwa agama Islam memberi petunjuk dan pedoman agar umatnya menemukan kebahagiaan yang dicarinya yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat dengan 3 Modal Utama Meraih Kebahagiaan Dunia Akhirat.

Namun pada kenyataannya, dalam mencari Kebahagiaan Hidup itu manusia dibagi dua golongan :

Golongan pertama, yaitu manusia yang mencari kebahagiaan di dunia saja, tidak mengharapkan dapat kebahagiaan untuk di akhirat. Untuk golongan ini Allah berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah : 200

“Di antara manusia ada orang yang berdoa, Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia, dan tiadalah baginya kebahagiaan yang menyenangkan di akhirat”.

Dan dalam Q.S. Hud : 15-16

“Barapsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan di dunia mereka tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka. Di akhirat lenyaplah segala yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan”.

Biasanya orang yang hanya mengharapkan kesenangan dan kebahagiaan dunia, hanya mengurus empat perkara saja, yaitu asala perut kenyang, rumah mewah, pakaian serba baru, peralatan rumah tangga lengkap. Biasanya manusia seperti ini tidak pernah menemukan kebahagiaan hidup. Sebab, yang dicarinya hanya kepentingan dunia saja padahal segala yang ada di dunia ini tidak ada yang kekal atau bertahan lama.

Golongan kedua, yaitu golongan yang mencari kebahagiaan dunia dan akhirat. Untuk golongan ini Allah berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah : 201-202

“Di antara mereka ada orang yang berdoa, Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat kebahagiaan dari segala yang mereka usahakan dan Allah sangat cepat menghitungnya”.

Golongan ini mempunyai keyakinan hidup serta sadar akan perlunya rencana jangka pendek yaitu mengusahakan segala keperluan dunia tetapi tidak lupa terhadap rencana jangka panjang yaitu segala keperluan untuk bekal nanti di akhirat. Golongan ini berusaha supaya kebahagiaan dunia dapat dibawa ke akhirat, sedangkan keakhiratannya dipakai untuk mengontrol keduniawiannya agar tidak menyimpang dari aturan Allah SWT.

Dengan uraian di atas kita bisa meraba diri sendiri, termasuk pada golongan yang mana diri kita ini ?

3 Responses to "Kebahagiaan Hidup"

  1. mudahan kita tergolong dalam golongan yg kedua, mencari kebahagiaan dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  2. kebahagiaan dunia boleh diperolehi dengan sentiasa beribadat kepda Allah

    ReplyDelete