Pesantren Ramadhan Membentuk Karakter Siswa

Dengan tibanya bulan suci Ramadhan, maka dimulailah sebuah kegiatan rutin tahunan yang dinamakan Pesantren Ramadhan. Pada bulan Ramadhan sebagian besar sekolah tidak meliburkan siswanya, namun memindahkan siswa belajar dari sekolah ke masjid, surau, mushala, madrasah diniyah dan pesantren. Pesantren Ramadhan adalah salah satu bentuk pendidikan non formal yang tepat untuk menambah wawasan siswa dibidang keagamaan.

Hampir seluruh siswa SD, SMP dan SMU yang beragama Islam diwajibkan mengikuti Pesantren Ramadhan di daerahnya masing-masing dengan tak lepas monitoring dari pihak sekolah.

Pesantren Ramadhan Membentuk Karakter Siswa
Peserta Pesantren Ramadhan Tingkat SD
Pesantren Ramadhan Membentuk Karakter Siswa
Peserta Pesantren Ramadhan Tingkat SMP
Pesantren Ramadhan yang berlangsung kurang lebih 1 – 2 minggu tersebut, diharapkan mampu menjadi ajang pembinaan mental spiritual dan ketakwaan siswa. Selain itu kegiatan tersebut merupakan upaya untuk pembentukan karakter siswa.

Dalam Pesantren Ramadhan siswa tidak hanya diberikan pelajaran hafalan tentang teori-teori ibadah, namun tujuannya lebih kepada pembentukan akhlak.  Semua yang dipelajari diarahkan untuk peningkatan prakteknya sehingga bermuara kepada pembentukan karakter.

Kegiatan Pesantren Ramadhan setiap harinya dimulai selepas subuh dengan kuliah subuhnya, setelah itu para peserta masuk lagi nanti untuk melaksanakan shalat Dhuha dan tadarus al-Quran. Selanjutnya diteruskan dengan kegiatan belajar mengajar sesuai jadwal yang telah ditentukan. Biasanya peserta  siswa SD hanya sampai waktu dzuhur, selepas shalat Dzuhur mereka pulang. Sedangkan untuk siswa SMP dan SMU terus dilanjutkan sekitar satu jam lagi.

Kegiatan Pesantren Ramadhan pun bisa menjalin persatuan dan kesatuan diantara siswa sekolah, karena pada pelaksanaannya siswa dari sekolah yang satu berbaur dengan siswa dari sekolah yang lainnya.

Semoga kegiatan Pesantren Ramadhan bukan sekedar sebagai kegiatan rutin tahunan saja namun hasil dari kegiatan tersebut bisa sedikit banyak membantu membentuk akhlak dan karakter siswa menjadi  lebih baik.

5 Responses to "Pesantren Ramadhan Membentuk Karakter Siswa"

  1. Salam Ramadan & Selamat berpuasa semoga kita kalian mendapat keberkatan dalam Ramadan kali ini...InsyaAllah

    ReplyDelete
  2. SEkolah saya juga sedang melaksanakan amaliyah ramadhan pesantren kilat ini kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah Bang, saya pun ambil bagian pada kegiatan ini di tempat saya...

      Delete
  3. aktiviti yang sangat2 baik...
    selamat berpuasa dan beramal..

    ReplyDelete
  4. Bagus sekali aktiviti sebegini dan harus dicontohi.

    ReplyDelete